Tips Cara mengubah file PDF ke file WORD dengan mudah

Tips Cara mengubah file PDF ke file WORD dengan mudah

Tips Cara mengubah file PDF ke file WORD dengan mudah

Cara mengubah file PDF ke file WORD Microsoft Word memang tidak mudah dibandingkan apabila mengubah file WORD ke file PDF. PDF singkatan dari Portable Digital Format. File PDF ini bisa dibuat dari berbagai software pembuat dokumen seperti word, excel, power point dan lainnya. Format PDF banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Ciri khas dari file format PDF ini yaitu agak sulit untuk mengubah atau mengeditnya. Meskipun banyak juga software yang mengklaim dapat mengedit file PDF, namun hasilnya tidak sama dengan file originalnya.


Sulitnya mengutak-atik file PDF menjadikan file ini banyak dijadikan sebagai e-book atau e-magazine. Dengan sulitnya mengedit file PDF maka konten pdf akan lebih aman dan terlindung dari pengubahan konten oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Banyak penerbit buku atau publisher e-book memanfaatkan fitur file PDF, dan menjual karyanya dalam bentuk e-book. Dengan e-book, publisher lebih menghemat pengeluaran dan biaya karena tidak memerlukan biaya pencetakan dan distribusi. E-book akan dengan mudah didownload atau dikirim melalui email atau surel.

Meskipun sulit mengedit dan mengubah isi file PDF, namun dengan perkembangan teknologi baru serta hadirnya fitur-fitur baru dalam software, para pengguna akhirnya dapat juga mengedit file PDF namun dengan cara dikonversi dahulu ke file WORD, setelah menjadi file word, kita dapat mengeditnya sesuai kebutuhan dan keinginan, lalu untuk menjadikannya file PDF, kita tinggal mensave atau mengkonversi file WORD ke PDF, dan fitur ini tersedia di versi Microsoft Office 2013 ke atas.

Lalu bagaimana cara mengkonversi file PDF ke WORD dengan mudah ? yuk simak caranya di bawah ini :

1. Menggunakan Software Adobe Acrobat


Dulu waktu awal dikenalkannya file PDF, adobe acrobat memiliki 2 jenis software yaitu adobe acrobat reader dan adobe acrobat. Acrobat reader hanya dipakai untu membaca atau membuka file PDF saja, dan tidak bisa digunakan mengedit atau mengkonversi ke format dokumen lainnya. Namun sepertinya saat ini kedua fungsi baik reader maupun writer sudah disatukan dalam satu software yaitu adobe acrobat.

Mengubah file PDF ke Word menggunakan Adobe Acrobat diyakini merupakan cara yang paling akurat dalam mengubah file PDF ke file WORD, karena hasil konversi yang sama dari bentuk PDF originalnya. Namun sayangnya fitur konversi PDF ke WORD ini hanya dapat digunakan apabila kita membayar atau membeli fiturnya. Harga yang ditawarkan yaitu sebesar $13 per bulan. Bagi anda yang secara rutin membutuhkan konversi PDF ke word, penawaran dari Adobe Acrobat ini bisa menjadi pertimbangan, karena hasil konversi yang akurat dengan file PDF originalnya.


Bagi yang ingin mencoba fitur Adobe Acrobat dalam mengkonversi PDF ke WORD secara gratis, anda dapat mencobanya selama 7 hari. Ini merupakan penawaran gratis dari Adobe Acrobat Document Cloud (DC), namun hanya diijinkan mengkonversi untuk 1 kali saja. Apabila ingin mengkonversi lebih dari 1 kali maka silahkan memilih layanan berbayarnya.

Berikut cara mengubah PDF ke word menggunakan Adoce Acrobat

  • Cari dan buka file PDF yang ingin dikonversi ke WORD
  • Di menu/panel sebelah kanan, temukan menu Export PDF
  • Pilih format file dokumen untuk konversi, pilihan yang ada yaitu Word 97-2003 (.doc) dan Word 2013-2016 (.docx)
  • Kemudian klik Tombol Export
  • Pilih nama file WORD yang anda inginkan dan simpan di drive/folder yang anda inginkan
  • Selesai

Mudah bukan ? itulah cara mudah konversi PDF ke Word menggunakan Adobe Acrobat.

2. Konversi PDF ke WORD menggunakan Microsoft Word


Apabila tidak berminat menggunakan Adobe Acrobat karena berbayar dan tidak gratis, mungkin cara ke-2 ini dapat menjadi pilihan dalam mengkonversi PDF ke Word. Cara ini memang mudah karena hanya menggunakan software Microsoft Word yang pastinya semua pengguna komputer sering menggunakannya. Meskipun mudah dan gratis namun memang hasil konversi PDF ke WORD (pada file PDF yang kompleks)  tidak terlalu akurat seperti konversi menggunakan Adobe Acrobat. Adanya perbedaan antara hasil konversi dengan file PDF aslinya sering terjadi apabila menggunakan cara yang ini.

Meskipun hasil konversi tidak seakurat Adobe Acrobat namun tidak ada salahnya apabila mencobanya. Berikut cara mudah konversi PDF ke WORD menggunakan Microsoft Word :

  • Buka file PDF yang akan dikonversi, arahkan ke drive/folder dimana file PDF disimpan dengan cara klik menu File >> Open >> Open
  • Muncul jendela notifikasi seperti terlihat pada gambar di bawah ini


  • Klik OK dan Kemudian Microsoft Word akan mencoba mengkonversi file PDF anda.

Apabila file PDF berbentuk teks biasa atau tabel sederhana, hasil konversi akan baik dan akurat sesuai aslinya. Namun untuk file PDF yang kontennya berisi file grafik dan tabel yang kompleks mungkin hasilnya ada perbedaan dengan file PDF aslinya. Perlu diketahui untuk mengubah file PDF ke WORD menggunakan Microsoft Word ini harus menggunakan Microsoft versi minimal Microsoft 2013, karena untuk Microsoft Word 2007 tidak bisa langsung mengkonversi PDF ke WORD. Harus menambahkan dahulu addon atau software tambahan ke dalam Office 2007. Demikian cara mengkonversi file PDF ke file WORD dengan mudah, semoga bermanfaat. 
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments