Resep JAMUR CRISPY Masakan Kesukaan Anak-anak

Resep JAMUR CRISPY Masakan Kesukaan Anak-anak

Resep JAMUR CRISPY Masakan Kesukaan Anak-anak


Saat menulis  artikel Resep Masakan Jamur Crispy ini anak-anak sudah libur dari sekolahnya, sehingga kegiatan anak-anak lebih banyak di dalam rumah dan di lingkungan rumah. Biasanya selain kegiatan bermain bersama teman-temannya, 2 anak perempuan saya ini suka membantu ayah ibunya di dapur dalam membuat masakan. Salah satu menu masakan favorit anak-anak yaitu Jamur crispy. Masakan Jamur crispy ini bahan utamanya jamur dibalut dengan tepung terigu dan proses memasaknya digoreng. Rasanya yang kriuk-kriuk seperti kerupuk ini memang cenderung lebih diminati oleh anak-anak. Berbeda kalau jamur tersebut diolah dengan cara di sayur atau ditumis, dijamin tidak ada yang mau memakannya hehehe. Jadi supaya anak-anak senang makan jamur disiasati dengan cara digoreng saja.

Baca Juga : KALENDER 2018 Lengkap Indonesia Arab Jawa FULL 12 BULAN

Sebelum mengupas mengenai bagaimana membuat jamur crispy yang enak untuk anak-anak, baiknya kita tahu dulu jenis jamur yang akan kita masak. Jamur ada yang bisa dikonsumi dan ada pula jamur yang tidak bisa dikonsumsi karena mengandung racun. Di Indonesia, beberapa jamur yang biasa diolah masakan diantaranya : Jamur merang, jamur tiram, jamur kancing, jamur shiitake, dan jamur kuping. Untuk masakan jamur crispy ini saya menggunakan jamur tiram, ciri dari jamur tiram yaitu dari bentuknya memang menyerupai tiram, dan memiliki ukuran yang besar-besar, berwarna putih dan berasa kenyal seperti daging ayam, biasa tumbuh di jerami, ladang tebu atau di kayu-kayu lapuk. Saat ini banyak juga yang membudidayakan jamur ini karena memang peminatnya lumayan banyak. Kalau anda kesulitan dalam mendapatkan jamur tiram ini silahkan kunjungi tukang sayur terdekat hehehe, biasanya dijual bungkusan, di tempat saya dijual Rp. 2000 per plastik dengan berat sekitar 100 gram, cukup lah untuk 1 kali makan anak-anak, kalau ayah ibunya cukup dengan tempe goreng saja hehehe. Oh ya berbicara mengenai makanan untuk anak pasti berkaitan dengan kandungan gizi dari makanan itu. Untuk jamur tiram berdasarkan refrensi dari Wikipedia, berdasarkan salah satu penelitian yang dilakukan oleh Sunan Pongsamart, dari Fakultas Farmasi Universitas Chulangkorn, jamur tiram ini mengandung protein, air, kalori, karbohidrat, zat besi, kalsium, vitamin B1,B2 dan C.Jamur tiram juga kaya akan kandungan protein, vitamin dan mineral namun rendah karbohidrat, lemak dan kalori. Jadi kandungan jamur tiram ini sangat baik untuk anak-anak.



Setelah mendapatkan bahan utamanya, jamur tiram, sediakan juga bahan-bahan lainnya, tapi maaf masakan jamur crispy versi saya ini tidak seperti yang dijual di luar sana, ini khusus konsumsi sendiri jadi resep dan bahannya juga yang ada di dapur saja, target utamanya yang penting anak suka makan hehehe, jadi kalau mau rasa yang lebih uenak silahkan dikreasikan lebih lengkap lagi. Jadi bahan-bahan untuk membuat jamur crispy ini yaitu :

  1. Jamur crispy 1 bungkus (100 gram)
  2. Tepung terigu secukupnya
  3. Merica lada (bacak merknya, silahkan pilih sesuai kesukaan anda)
  4. Garam
  5. Telur (diambil putihnya saja, yang kuningnya digoreng buat dimakan sendiri hehehe)
Sebelum masuk ke proses Pembumbuan, jamur harus kita bersihkan dulu. Caranya cukup mudah, sediakan 1 mangkuk/1 wadah isi dengan air hangat, kemudian rendam jamur tiram tersebut.  Kemudian kita bersihkan dengan air keran/mengalir atau bisa juga air di wadah, setelah dibersihkan dari kotoran kemudian diperas sampai kering/tidak ada airnya. Kemudian kita potong-potong jamurnya, bisa menggunakan tangan saja dengan cara disuwir, jadi kita potong dari bagian atasnya sampai ke bawah, jadi bentuknya memanjang. Setelah semua dipotong-potong, kemudian bumbui dengan merica lada dan garam secukupnya, sesuai selera saja. Kemudian siapkan penggorengan dan minyak goreng, panaskan terlebih dahulu.




Ambil putih telur dari telur dengan cara dilubangi telurnya sedikit saja, supaya dapat diambil putih telurnya saja. kemudian lumuri jamur tersebut dengan putih telur secukupnya, jangan terlalu banyak karena akan membuat jamur terlalu basah dan membuat jamurnya tidak kriuk nantinya. Saya biasanya menggunakan 1/3 putih telur saja. Siapkan terigunya dalam satu wadah/piring. setelah dilumuri dengan putih telur, dan penggorengan serta minyak goreng sudah panas, sebelum memasukan ke penggorengan, lumuri jamur terlebih dahulu dengan terigu, jadi sebelum dimasukan ke penggorengan, lumuri dengan terigu. Lakukan pada semua jamur tadi.
Setelah jamur berwarna kekuning-kuningan dan terlihat garing, baru kita angkat dan tiriskan. Dan akhirnya jamur crispy kesukaan anak-anak telah selesai dimasak. Lebih lezat dinikmati dengan nasi yang masih hangat-hangat, apalagi kalau pas turun hujan, maknyos pokoknya.

Baca Juga : Tayo The Little Bus Film Kartun Anak yang Mendidik

Demikian resep masakan jamur crispy kesukaan anak-anak versi saya yang sederhana, agar rasanya tambah enak bisa dikreasikan dengan bumbu atau bahan lainnya. Sehingga anak-anak akan lebih berselera dalam menikmati jamur crispy ini. Semoga informasi ini bermanfaat. Keep Learning and Sharing.
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments