Logo-logo Kementerian Republik Indonesia Terbaru

Saat mengerjakan suatu dokumen seperti surat, artikel, makalah, skripsi dan karya tulis ilmiah lainnya, tidak jarang kita membutuhkan logo dari lembaga atau perusahaan tertentu untuk melengkapi tulisan tersebut. Logo banyak digunakan oleh perusahaan, instansi, kantor, lembaga, produk, bahkan negara. Logo dijadikan sebagai representasi dari lembaga tersebut.

Sebagai contoh, setiap kantor Kementerian Republik Indonesia juga memiliki logo resmi masing-masing. Logo-logo resmi kementerian tersebut bentuknya sesuai dengan visi,misi,tugas dan fungsi dari kementerian. Namun ada juga lembaga kementerian yang tidak memiliki logo resmi sehingga menggunakan logo Negara Republik Indonesia. Logo-logo kementerian Republik Indonesia terbaru dibutuhkan untuk pembuatan berbagai dokumen seperti surat resmi, proposal, kontrak, media promosi dan iklan serta even lainnya.


Untuk mempermudah dalam mencari logo Kementerian Republik Indonesia beserta profil singkatnya, kami sharekan logo resmi kementerian Republik Indonesia yang pada saat artikel ini ditulis berjumlah 34 Kementerian. Jumlah dan nama kementerian bisa saja berubah sesuai dengan kebutuhan dari Presiden, sebagai pemilik hak preogratif dalam menunjuk para menteri untuk kabinetnya. Kecuali untuk Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Pertahanan tidak dapat diubah atau dibubarkan oleh Presiden.  

34 Logo Kementerian Republik Indonesia


1. Logo Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia


logo kementerian dalam negeri

Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia adalah kementerian yang membidangi urusan dalam negeri. Kementerian ini berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden.

2. Logo Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia

Logo Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia

Dahulu bernama Departemen Luar Negeri, adalah kementerian yang membidangi urusan luar negeri negara. Kementerian Luar Negeri yang dipimpin oleh seorang Menteri Luar Negeri (Menlu).

3. Logo Kementerian Pertahanan Republik Indonesia


Logo Kementerian Pertahanan Republik Indonesia


Kementerian Pertahanan Republik Indonesia atau Kemhan RI, adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan pertahanan. Kementerian Pertahanan dipimpin oleh seorang Menteri Pertahanan (Menhan).

4. Logo Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia

 Logo Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia


Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia adalah kementerian yang membidangi urusan hukum dan hak asasi manusia. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden dan dipimpin seorang menteri.

5. Logo Kementerian Keuangan Republik Indonesia 

Logo Kementerian Keuangan Republik Indonesia

Kementerian Keuangan Republik Indonesia adalah kementerian yang membidangi urusan keuangan dan kekayaan negara. Kementerian Keuangan berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Presiden. Kementerian Keuangan dipimpin oleh seorang Menteri Keuangan (Menkeu).

6. Logo Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia

Logo Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia adalah kementerian yang mengurusi bidang energi, dan sumber daya mineral. Kementerian ESDM dipimpin oleh seorang Menteri.

7. Logo Kementerian Perindustrian Indonesia

Logo Kementerian Perindustrian Indonesia

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia atau Kemenperin RI yaitu kementerian yang membidangi urusan perindustrian. Kementerian Perindustrian berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden, serta dipimpin oleh menteri.

8. Logo Kementerian Perdagangan




Kementerian Perdagangan Republik Indonesia yaitu kementerian yang membidangi urusan perdagangan. Kementerian Perdagangan dipimpin oleh seorang Menteri Perdagangan (Mendag).

9. Logo Kementerian Pertanian Indonesia

Logo Kementerian Pertanian Indonesia

Kementerian Pertanian Republik Indonesia yaitu Kementerian yang membidangi urusan pertanian, perkebunan dan peternakan. Kementerian Pertanian Republik Indonesia dipimpin oleh seorang Menteri Pertanian.

10. Logo Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia

Logo Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia yaitu kementerian yang membidangi urusan lingkungan hidup, dan kehutanan. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dipimpin oleh seorang menteri.

11. Logo Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia



Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yaitu kementerian yang membidangi urusan transportasi. Kemenhub dipimpin oleh seorang Menteri Perhubungan (Menhub).

12.Logo Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia




Kementerian Kelautan, dan Perikanan yaitu kementerian yang membidangi urusan kelautan dan perikanan. Kementerian Kelautan, dan Perikanan dipimpin oleh seorang Menteri Kelautan dan Perikanan.

13.Logo Kementerian Ketenagakerjaan Indonesia

Logo Kementerian Ketenagakerjaan Indonesia


Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia yaitu kementerian yang membidangi urusan ketenagakerjaan. Kementerian Ketenagakerjaan dipimpin oleh seorang Menteri Ketenagakerjaan (Menaker).

14. Logo Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Indonesia

Logo Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Indonesia

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia yaitu kementerian yang membidangi urusan pekerjaan umum dan perumahan rakyat. Kemenpupera dipimpin oleh seorang Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

15. Logo Kementerian Kesehatan Indonesia

Logo Kementerian Kesehatan Indonesia

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yaitu kementerian yang membidangi urusan kesehatan. Kementerian Kesehatan dipimpin oleh seorang Menteri Kesehatan (Menkes).

16. Logo Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia

Logo Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yaitu kementerian yang menyelenggarakan urusan di bidang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan masyarakat, serta pengelolaan kebudayaan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dipimpin oleh seorang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

17. Logo Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Indonesia

Logo Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Indonesia

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia yaitu kementerian yang menyelenggarakan urusan di bidang riset, teknologi, dan pendidikan tinggi. Kemenristekdikti dipimpin oleh seorang Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti)

18. Logo Kementerian Sosial Indonesia


Logo Kementerian Sosial Indonesia


Kementerian Sosial Republik Indonesia yaitu kementerian yang bertugas menyelenggarakan dan membidangi urusan dalam negeri untuk membantu presiden dalam penyelenggaraan pemerintahan negara di bidang sosial. Kementerian Sosial dipimpin oleh seorang Menteri Sosial (Mensos).

19. Logo Kementerian Agama Indonesia

Logo Kementerian Agama Indonesia

Kementerian Agama Republik Indonesia yaitu kementerian yang membidangi urusan agama. Kementerian Agama dipimpin oleh seorang Menteri Agama (Menag).

20. Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia

Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yaitu kementerian yang membidangi urusan komunikasi dan informatika. Kementerian Komunikasi dan Informatika dipimpin oleh seorang Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

21. Logo Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Logo Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonsia yaitu kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan pembangunan desa dan kawasan perdesaan, pemberdayaan masyarakat desa, percepatan pembangunan daerah tertinggal, dan transmigrasi. Kementerian ini dipimpin oleh seorang Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

22. Logo Kementerian Agraria dan Tata Ruang Indonesia

Logo Kementerian Agraria dan Tata Ruang Indonesia

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional yaitu kementerian yang menyelenggarakan urusan di bidang agraria/pertanahan dan tata ruang dalam pemerintahan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Kementerian Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia dijabat oleh seorang menteri yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Pertanah    an Nasional.

23. Logo Kementerian Sekretariat Negara Indonesia

Logo Kementerian Sekretariat Negara Indonesia

Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia yaitu kementerian yang mempunyai tugas menyelenggarakan dukungan teknis dan administrasi serta analisis urusan pemerintahan di bidang kesekretariatan negara untuk membantu Presiden dan Wakil Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Kementerian Sekretariat Negara dipimpin oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg)

24. Logo Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia

Logo Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia



Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia yaitu kementerian yang membidangi urusan koperasi dan usaha kecil dan menengah. Kementerian Koperasi, dan UKM dipimpin oleh seorang Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.

25. Logo Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia

Logo Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yaitu kementerian yang membidangi urusan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Kementerian PP & PA dipimpin oleh seorang Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

26. Logo Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia

 Logo Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia yaitu kementerian yang membidangi urusan pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi. Kementerian PAN dipimpin oleh seorang Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB).

27. Logo Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia

Logo Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional yaitu kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang perencanaan pembangunan nasional untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.

28. Logo Kementerian Badan Usaha Milik Negara Indonesia

Logo Kementerian Badan Usaha Milik Negara Indonesia

Kementerian Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia yaitu kementerian yang membidangi urusan pembinaan badan usaha milik negara (BUMN). Kementerian BUMN dipimpin oleh seorang Menteri Badan Usaha Milik Negara.

29. Logo Kementerian Pemuda dan Olahraga Indonesia 

Logo Kementerian Pemuda dan Olahraga Indonesia


Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia yaitu kementerian yang membidangi urusan pemuda dan olahraga. Kementerian Pemuda dan Olahraga dipimpin oleh seorang Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora)

30. Logo Kementerian Pariwisata Indonesia

Logo Kementerian Pariwisata Indonesia

Kementerian Pariwisata Republik Indonesia atau Kemenpar RI yaitu kementerian yang membidangi urusan kepariwisataan. Kementerian Pariwisata dipimpin oleh seorang Menteri Pariwisata (Menpar).

31. Logo Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia

Logo Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia

Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi koordinasi perencanaan dan penyusunan kebijakan, serta sinkronisasi pelaksanaan kebijakan di bidang politik, hukum, dan keamanan. Kemenkopolhukam dipimpin oleh seorang Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

32. Logo Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia

logo burung garuda indonesia


Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian adalah kementerian yang membidangi koordinasi dan sinkronisasi penyiapan dan penyusunan kebijakan serta pelaksanaannya di bidang perekonomian. Kemenko Perekonomian dipimpin oleh seorang Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

33. Logo Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan

Logo Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan

Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, disingkat Kemenko PMK RI, yaitu kementerian yang membidangi koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian urusan Kementerian dalam penyelenggaraan pemerintahan di bidang pembangunan manusia dan kebudayaan. Kemenko PMK dipimpin oleh seorang Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia.

34. Logo Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia

Logo Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia yaitu kementerian yang membidangi penyelenggaraan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian urusan Kementerian dalam penyelenggaraan pemerintahan di bidang kemaritiman. Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dipimpin oleh seorang Menteri.

Demikian 34 Logo Kementerian Republik Indonesia yang terbaru beserta profil singkatnya. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing. 

Post a Comment for "Logo-logo Kementerian Republik Indonesia Terbaru"