5 Software Desain Grafis Pilihan Buat Designer Pemula

5 Software Desain Grafis Pilihan Buat Designer Pemula

5 Software Desain Grafis Pilihan Buat Designer Pemula

Saat sedang berjalan-jalan di sekitar mall atau tempat keramaian seringkali kita temui berbagai spanduk, baligo, pamflet, brosur dan lainnya. Dari tampilannya terlihat menarik, kreatif dan terkadang membuat kita tersenyum karena kontennya yang lucu. Barangkali ada sebagian kita yang bertanya-tanya, bagaimana caranya membuat berbagai desain grafis dari media pemasaran tersebut sehingga terlihat menarik mata semua yang lewat disana.

Bagi anda yang sudah mengenal dunia desain grafis, tentunya sudah mengetahui alat bantu yang digunakan untuk menghasilkan produk desain grafis yang menarik dan unik. Salah satu alat bantu untuk menghasilkan produk desain grafis yaitu software atau perangkat lunak. Software pengolah desain grafis membantu dalam proses pembuatan produk desain grafis, dengan tools yang tersedia, karya desain grafis yang dihasilkan menjadi unik, kreatif dan lebih cepat.

Salah satu software mumpuni yang sudah tidak asing dan banyak digunakan yaitu software Adobe Photoshop. Adobe Photoshop merupakan software yang fokus pada pengolahan data image maupun foto. Photoshop banyak digunakan oleh kalangan pemula maupun profesional. Fungsi, tools, dan plugins yang lengkap serta penggunaan yang mudah bahkan bagi anda yang baru menggunakan Photoshop ini, menjadikan Photosop populer di kalangan editor foto dan profesi lainnya seperti fotografer, usaha studio foto, dan lainnya.      

Namun tahukah anda, selain Adobe Photoshop ada beberapa software lainnya yang juga menjadi andalan bagi pengusaha bidang desain grafis. Apabila anda belum menentukan pilihan software apa yang akan dipakai untuk menghasilkan karya desain grafis, yuk kita simak uraiannya di bawah ini.

1. Adobe Photoshop 

 


Software Adobe Photoshop lebih fokus pada pengeditan gambar (image) dan foto. Bagi pemula, Photoshop menyediakan fungsi dasar seperti croping gambar, rotate gambar, resize foto, coloring image, dan menambahkan variasi pada gambar dengan lebih mudah.

Simbol tools yang mudah dikenali, dan mudah dijangkau posisinya, serta menu pool down yang simple, sangat cocok bagi anda yang ingin membuka usaha seperti editing foto atau foto studio.

Jadi jika anda ingin mulai menekuni dunia desain grafis khusunya untuk editing foto dan gambar, Photoshop dapat anda jadikan pilihan utama software editing foto.

2. Coreldraw 

 


Coreldraw merupakan software yang berfungsi untuk melakukan pembuatan dan pengolahan vector. Perangkat lunak Coreldraw banyak digunakan oleh kalangan yang berkecimpung di bisnis desain grafis seperti jasa setting, percetakan, konveksi kaos dan pakaian, dan sebagainya. Interfacenya mudah dipahami serta fitur dan fungsi yang lengkap untuk membuat berbagai produk desain grafis seperti kartu undangan, kalender, spanduk, baligo dan produk desain grafis lainnya.

Enterpreneur digital juga banyak memanfaatkan kelebihan dari Coreldraw, untuk pembuatan produk pendukung digital seperti pembuatan logo website, berbagai banner blog dan website, dan juga pembuatan icon dan clipart yang biasa dijual di pasar digital.

Apabila anda memang memiliki minat yang tinggi dalam pembuatan produk desain grafis, Coreldraw bisa menjadi pilihan. Rekam jejak / historis Coreldraw yang sudah lama, hingga muncul puluhan versi sejak awal dirilis, merupakan bukti keberhasilan Coreldraw dalam menciptakan perangkat lunak yang mumpuni. Oh ya sebelum membeli produk Coreldraw, terlebih dahulu periksa spesifikasi perangkat komputer anda dan sesuaikan dengan versi Coreldraw, agar kinerjanya lebih optimal.

3. Adobe Ilustrator 

 


Adobe Ilustrator atau AI saat ini cukup populer di kalangan designer. Awalnya memang relatif kurang dikenal karena kebanyakan designer lebih suka menggunakan Coreldraw. Penyebabnya karena Coreldraw dianggap lebih mudah pengoperasiannya. 

Tuntutan dalam bisnis kreatif untuk menciptakan produk yang inovatif seperti animasi serta vector yang lebih rumah, menjadikan Adobe Ilustrator sebagai pilihan bagi para designer profesional yang berpengalaman untuk menghasilkan produk kreatif yang inovatif. 

Adobe Ilustrator dapat digunakan untuk pembuatan dan pengolahan vector dan dapat juga untuk pembuatan dan pengolahan animasi. Untuk menghasilkan karya bernilai tinggi bisa dipadukan dengan pengolahan image di Software Adobe Photoshop. 

4. Autocad


Bagi para profesional bidang teknik sipil dan properti, autocad merupakan senjata utama dalam bekerja. Autocad sejak dari versi dulu sampai versi terbaru selalu menampilkan kemajuan dan perkembangan. Bermula dari versi awal yang menghasilkan produk 2 dimensi sampai dengan 3 dimensi. Autocad memiliki fitur yang lengkap untuk pembuatan gambar bangunan, jalan, jembatan, gedung, waduk, senderan, dan bangunan lainnya.

Awalnya kita hanya dapat melihat hasil akhirnya berbentuk 2 dimensi, namun saat ini, dengan versi yang terbaru, Autocad bisa menghasilkan gambar dengan bentuk 3 dimensi. Jadi apabila anda akan membangun rumah, kemudian digambar dengan Autocad, dan bisa melihat tampilan akhirnya berbentuk 3 dimensi. Dibutuhkan skill dan pengalaman untuk dapat menggunakan Autocad secara maksimal.

Perangkat lunak Autocad banyak digunakan oleh instansi bidang infrastruktur, perusahaan konstruksi dan properti, ataupun freelancer yang membuka jasa gambar rumah atau bangunan. Bagi yang berminat dalam bidang sipil, belajar secara maksimal mengoperasikan Autocad, setelah mahir mengoperasikan akan lebih mudah dalam melamar kerja, karena keahliannya banyak dibutuhkan.

5. Adobe InDesign 

 


Adobe Indesign merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk pembuatan layout untuk desktop dan mobile. Adobe Indesign banyak digunakan untuk menseting layout produk majalah online, brosur dan majalah digital. Fiturnya memang masih simpel dan sederhana, cocol untuk pengguna pemula yang masih belajar dalam seting layout.

Meskipun simpel namun fitur-fitur Adone Indesign lumayan beragam dan keren. Salah satu fiturnya yang mempermudah pengguna yaitu mudahnya menggabungkan teks dan gambar. Memang masih ada beberapa kekurangan dalam software ini yaitu terbatasnya tools dan fitur untuk desain grafis. Namun hal ini bisa disiasati dengan mendesain dulu di Adobe Ilustrator baru dilanjutkan di Adobe InDesign.

Itulah 5 Software keren untuk desain grafis yang anda harus punya, apabila anda berminat berkecimpung di dunia grafis. Untuk lebih fokus pilih satu software dulu, apabila sudah dirasa expert boleh mencoba ke software desain grafis lainnya. Semoga informasi ini membantu dan bermanfaat untuk anda. Keep learning and sharing.       
       
 
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments