Contoh Makalah Sejarah Hari Jadi Palang Merah Indonesia (PMI)

Contoh Makalah Sejarah Hari Jadi Palang Merah Indonesia (PMI)

Contoh Makalah Sejarah Hari Jadi Palang Merah Indonesia (PMI)

Hari jadi Palang Merah Indonesia (PMI) diperingati setiap tanggal 17 September. Pada tahun 2019 ini, PMI memperingati HUT PMI ke 74 Tahun 2019. Organisasi kemanusiaan di Indonesia yang memiliki slogan setetes darah anda, nyawa bagi sesama memiliki peran yang signifikan dalam bidang kesehatan di Indonesia.


Berdasarkan sejarah pembentukan PMI yaitu pada tanggal 17 September 1945, PMI berperan dalam membantu dan mensupport pemerintah dalam bidang sosial kemanusiaan terutama mengenai tugas-tugas kepalangmerahan sebagaimana yang diatur dalam konvensi Jenewa 1949 yang sudah diratifikasi dengan dibentuknya Undang-undang No.59 Tahun 1958.

Tugas-tugas kepalangmerahan diwujudkan dalam berbagai bentuk kegiatan diantaranya :
  1. Membantu saat terjadi peperangan atau konflik
  2. Membantu korban bencana alam
  3. Transfusi darah dan kesehatan
  4. Unit menjaga perdamaian dunia berbasis masyarakat
  5. dan lain-lain
Nah banyak juga kan peran serta kegiatan PMI dalam bidang sosial kemanusiaan.

Untuk meneruskan cita-cita dan mencapai tujuan PMI, PMI juga memiliki sarana untuk regenerasi yaitu membentuk tunas-tunas muda yang bisa diandalkan dalam menjalankan misi PMI ke depannya yaitu dengan membentuk Palang Merah Remaja (PMR). PMR dibentuk pada tanggal 1 Maret 1950 pada kongres ke-IV PMI di Jakarta.

Personel Palang Merah Remaja merupakan remaja-remaja usia sekolah yang diberikan pendidikan dan pelatihan dalam bidang kesehatan, sehingga dapat menjadi contoh atau role model bagi teman di sekolahnya untuk menjalani hidup sehat.



Dalam memperingati hari jadi Palang Merah Indonesia (PMI) yang ke-74 tahun 2019, pada posting kali ini akan membagikan contoh makalah sejarah hari lahirnya Palang Merah Indonesia, Palang Merah Remaja dan Palang Merah Internasional secara lengkap. Makalah ini dibuat sebagai persyaratan dalam menjalankan tugas PMR dan juga tugas dari sekolah.

Makalah PMI yang terdiri dari 18 halaman ini membahas mengenai awal mula berdirinya Palang Merah Internasional, berlanjut ke dibentuknya Palang Merah Indonesia dan Palang Merah Remaja (PMR). Makalah tentang PMI ini terdiri dari bagian Cover, Kata Pengantar, Daftar Isi, BAB I Pendahuluan, BAB II Pembahasan, dan BAB III Penutup.

Dibuat dalam bentuk file Dokumen WORD (DOCX) yang dapat diedit dengan mudah, sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Fitur halaman juga sudah diset seperti makalah pada umumnya, sehingga tidak memerlukan setingan lagi.

Untuk download contoh makalah PMI ini, caranya mudah, cukup klink link yang ada pada bagian akhir artikel ini, dan anda tinggak mengklik tombol download yang tersedia. File yang didownload dapat dibuka dengan software di komputer maupun melalui aplikasi smartphone (android atau iOS) yang mendukung file dokumen WORD (DOCX).

Semoga contoh makalah hari jadi PMI yang ke 74 tahun 2019 ini dapat bermanfaat. Keep learning and sharing.
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments