Cara Mengatasi Windows Explorer Not responding pada Windows 10

Cara Mengatasi Windows Explorer Not responding pada Windows 10

Cara Mengatasi Windows Explorer Not responding pada Windows 10

Windows Explorer Not Responding pada Windows 10 mungkin pernah anda alami saat menggunakan laptop atau komputer dengan system operasi Windows 10. Windows 10 saat ini merupakan system operasi yang populer digunakan oleh pengguna komputer dan laptop. Sebagian besar produk komputer atau laptop baru yang sudah built in system operasinya menggunakan system operasi windows 10, dan sebagian lainnya menggunakan system berbasis open source seperti linux.

baca juga : Cara menyelamatkan data di hardisk 

Fitur-fitur pada Windows 10 memang menarik dan lengkap. Ditambah lagi dengan tampilan visual yang enak dipandang mata. Namun di balik fitur-fitur yang ada, tidak menutup kemungkinan adanya kekurangan atau adanya error yang terjadi yang seringkali membuat pengguna laptop dan komputer bingung untuk mengatasinya.

Salah satu error pada windows 10 terutama pada menu windows explorer yaitu Windows Explorer Not Responding. Windows Explorer Not responding artinya kita tidak dapat mengakses ke dalam hardisk/penyimpanan laptop/komputer. Bahkan ketika saya mengalaminya, windows explorer hanya tampil sebagian, dan kursor seperti sedang sibuk membaca, padahal kapasitas penyimpanan hardisk masih besar yang kosongnya.

baca juga : Merawat catridge printer supaya awet

Kemudian saya mencoba beberapa cara sebagai berikut :

1. Merestart Windows Explorer


Percobaan pertama, saya coba end task dahulu dengan masuk ke task manager melalui kombinasi tombol Ctrl + Alt + Del. Cari Windows Explorer kemudian klik kanan dan End Task. Kemudian klik File > New > explorer.exe kemudian Enter





Pada percobaan dengan cara ini Tidak berhasil. Windows Explorer tetap Not Responding.


2. Menghapus file explorer history di Folder Option 


Setelah saya membaca beberapa informasi baik dari website Microsoft maupun melalui blog yang lain, penyebab dari Windows Explorer Not Responding karena bertumpuknya File explorer history, jadi harus dihapus dengan cara masuk ke menu file explorer option. Untuk menghapusnya bisa melalui 2 cara yaitu :

a. Masuk melalui Quick Access

Pada menu Quick Access ini ada menu Option, dan dari sana bisa mengakses ke menu folder option dan menghapus history file explorer. Namun ternyata untuk masuk ke Quick Acess juga tidak bisa, karena windows explorer not responding.

b. Masuk langsung ke File Explorer Option

Untuk masuk langsung ke Option File Explorer, kita tekan tombol WIndows+S, untuk mencari file explorer option, setelah ada hasilnya, kemudian klik. Lalu akan muncul jendela seperti di bawah


Klik Clear pada menu File Explorer History. Nah setelah itu coba masuk ke Windows Explorer dari desktop atau taskbar apakah sudah berfungsi ?. Menurut pengalaman saya, ini akan terjadi lagi, karena saya sudah mengalaminya ke dua kali, padahal penggunaan laptop dan mengakses Windows explorer tidak begitu sering.


Menurut dugaan saya ini terjadi karena adanya Quick Access di windows explorer Windows 10, dimana pada windows 7 tidak terdapat fitur menu Quick Access. Mungkin bisa dicoba dengan mematikan atau menonaktifkan menu Quick Access pada windows explorer.
baca juga : Trik agar Windows ngebut


Semoga dengan adanya cara mengatasi windows explorer not responding pada Windows 10 dapat bermanfaat dan memperlancar aktivitas dengan menggunakan laptop atau komputer anda. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments