Review Membeli Aki Mobil Avanza di Shop and Drive Majalengka

Masdinko.com-Review membeli aki mobil avanza di Shop & Drive Majalengka ini merupakan pengalaman sendiri saat menentukan pilihan dimana membeli aki mobil avanza. Aki mobil sebelumnya mengalami soak atau tidak bisa menyimpan arus, sehingga setelah mobil dinyalakan, kemudian dimatikan, saat mau menghidupkan lagi mobil tidak bisa distarter, seperti tidak cukup pasokan arus ke dinamo starternya.

Aki sebelumnya sudah berumur sekitar 3 tahun, terhitung waktu yang lama untuk komponen aki mobil, jadi sudah sewajarnya untuk diganti dengan yang baru. Sebelum memutuskan diganti aki baru, sebelumnya sudah mencoba di strom aki dulu. Setelah dilakukan strom aki, mobil memang bisa hidup, namun setelah dimatikan, mobil kembali tidak bisa distarter, dan kesimpulannya aki mobil harus diganti.

Beberapa opsi mengganti aki mobil dapat dipilih. Pilihan pertama membeli di penjual khusus aki dengan pilihan bisa tukar tambah atau trade in. Aki bekas dinilai oleh penjual dan mengurangi harga aki. Misal harga aki baru Rp. 650.000, aki bekas dihargai 50.000 maka kita cukup membayar harga aki baru sebesar Rp. 600.000.

Pilihan kedua yaitu membeli di bengkel umum mobil. Di bengkel biasanya tidak ada pilihan untuk tukar tambah/trade in. Pada umumnya bengkel mobil umum hanya menjual produk saja dan tidak melayani tukar tambah sehingga aki bekas yang sudah rusak tetap kita simpan.


Pilihan ketiga yaitu membeli aki mobil dengan opsi tukar tambah/trade in ditambah dengan jasa pengiriman dan pasang di tempat secara gratis. Memilih opsi ini kita tidak akan kerepotan, karena barang akan dikirimkan dan dipasang di tempat. Salah satu yang menyediakan layanan seperti ini yaitu Shop & Drive Majalengka.

Saya mencoba mensurvey dari ketiga opsi untuk membeli aki baru. Harga aki di bengkel umum mobil, bertype aki basah dan bermerk GS, harganya 750.000. Harga aki di penjual khusus aki dengan merk dan type yang sama yaitu Rp. 730.000 dengan opsi tukar tambah, aki bekas dihargai Rp. 50.000. Opsi ketiga yaitu di Shop & Drive harga aki dengan type dan merk yang sama harganya Rp. 792.000 dengan opsi tukar tambah, aki bekas dihargai Rp. 80.000 plus dikirim dan dipasang di tempat secara GRATIS.

Apabila ingin mendapatkan harga yang termurah dari ketiga opsi tersebut, pasti kita akan memilih membeli aki baru di penjual khusus aki. Apabila tukar tambah/trade in kita akan membayar sebesar Rp. 680.000. Pada opsi membeli di bengkel kita tetap membayar Rp. 750.000 dan aki bekas tetap kita simpan. Apabila membeli di shop & drive, dengan tukar tambah/trade in kita akan membayar sebesar Rp. 712.000 dengan pengiriman dan pemasangan gratis, aki sudah siap pakai sudah terisi air aki dan setrum serta Garansi 1 tahun.

Dari berbagai pertimbangan akhirnya saya memutuskan untuk membeli aki baru di shop & drive Majalengka dengan cara tukar tambah/trade in, karena aki bekasnya tidak dibutuhkan lagi. Pertimbangan lainnya saya tidak repot untuk mendatangi bengkel atau penjual aki yang jaraknya lumayan jauh, dan tidak khawatir dengan kesalahan pemasangan, meskipun memasang aki tidaklah sulit, namun setidaknya kalau ahlinya yang memasang tidak akan terjadi kesalahan pemasangan aki.

Mencari nomor kontak dan alamat shop & drive sangat mudah, bisa melalui mesin pencari Google, langsung mendapatkan nomor kontak telepon dan whatsapp nya. Setelah bertanya kesana kemari dengan customer service shop & drive, saya memutuskan untuk order aki baru ke shop and drive dengan tukar tambah aki bekasnya.

Cara order aki baru di shop & drive secara online yaitu melalui WA, setelah sepakat mau order aki ke shop & drive, kita akan diberi formulir yang harus diisi. Data yang harus diisi yaitu Nama, No. telepon, Jenis kendaraan, Tahun kendaraan, Warna, No. Polisi, Alamat dan Tipe Pembayaran. Tipe pembayaran tersedia pilihan pembayaran Cash di tempat, kartu debit dan kartu kredit.

Sekitar 20 menitan, shop and drive mempersiapkan barang dan kemudian langsung mengantar ke alamat yang telah dituliskan sebelumnya. Setelah petugas shop & drive Majalengka tiba, aki bekas yang rusak diukur, dan ternyata memang aki sudah tidak bisa menyimpan arus, biasanya akibat kerusakan di elemennya.

Kemudian langsung diganti dengan aki basah GS baru dengan garansi 1 tahun. Setelah dipasang kemudian dicek voltase dan arus saat mobil dihidupkan. Aki berfungsi dengan baik, voltase normal, angka dari pengisian aki juga normal, berarti dugaan aki mengalami kerusakan sudah  tepat. Garansi 1 tahun shop & drive berlaku apabila dalam waktu 2 bulan ke depan kita memeriksakan aki ke bengkel shop & drive di mana saja.

Selain mendapat layanan gratis pengiriman dan pemasangan aki baru shop & drive, saya juga mendapatkan tips agar aki mobil awet dan tidak cepat soak, yaitu dengan menyalakan/ menghangatkan mobil tiap hari atau setidaknya setiap 3 hari mesin mobil dihidupkan, meskipun tidak digunakan bepergian.

Apabila mobil tidak digunakan atau tidak sempat menghidupkan mobil lebih dari 3 hari, cabutlah Kabel Negatif Aki mobil agar aki tidak soak, karena sebagus apapun aki mobil kalau tidak dihidupkan dalam jangka waktu lama, aki akan mengalami discharge dan akhirnya aki akan soak. Itulah tips yang saya peroleh dari petugas shop & drive Majalengka.

Demikian pengalaman sendiri membeli aki mobil baru di shop & drive Majalengka. Apabila anda tidak ingin repot dan tahu beres dalam mengganti aki, Shop & Drive bisa menjadi pilihan dalam membeli aki baru yang bergaransi. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.      

Post a Comment for "Review Membeli Aki Mobil Avanza di Shop and Drive Majalengka "