Cara cepat membuat blog dengan template Viomagz Mas Sugeng

Masdinko.com-Membuat blog dan menulis di sebuah blog bisa menjadi pilihan pada saat masyarakat dipaksa untuk tetap di rumah saja akibat pandemi covid-19. Kegiatan menulis blog bisa dilakukan oleh berbagai kalangan, tidak hanya yang memiliki keterampilan dalam komputer atau software saja. Bahkan pekerja informal juga bisa, karena dari berbagai latar belakang bisa menjadi bahan untuk menulis artikel di blog.

Setiap orang pasti memiliki hal-hal unik yang bisa diinformasikan kepada orang lain melalui tulisan di blog, namun memang pasti sebagian besar mengalami kendala dalam membuat dan mendesain sebuah blog yang siap pakai untuk menulis.

Berbagai platform dapat digunakan untuk membuat blog secara gratis, salah satunya membuat blog di blogger.com. Blogger.com dimiliki oleh raksasa digital dunia Google. Untuk bergabung menjadi blogger mudah saja, hanya memerlukan akun google atau akun email google. Tutorial lengkap membuat blog di blogger.com dari awal sampai selesai bisa klik disini

Setiap pengguna smartphone android pasti memiliki akun google, sehingga akan mempermudah dalam membuat blog di blogger. Secara ringkas cara membuat blog di blogger yaitu Sign In di blogger.com, masukan email google lalu akan masuk ke Dashboard Blogger. Bagi yang belum memiliki akun google maka harus membuat akun google baru terlebih dahulu.


Untuk membuat sebuah blog yang sederhana, setting blognya mudah, dan loadingnya cepat, saya sarankan untuk memilih template premium Viomagz yang dibuat oleh Mas Sugeng, seperti yang saya pergunakan di blog ini. Keunggulan dari template viomagz mas sugeng yaitu mudah dalam menseting, cepat loadingnya, minimalis namun tetap elegan.

Untuk mendownload template viomagz buatan mas sugeng ini silahkan download template viomagz mas sugeng. Setelah mendapatkan templatenya, kemudian mengupload melalui blogger. Caranya mudah saja untuk mengupload template blog viomagz mas sugeng di blogger.
  1. Klik Tema/Theme
  2. Klik Cadangan/Backup/Restore
  3. Klik Browse > cari file template viomagz mas sugeng
  4. Klik tombol Upload
  5. Coba lihat hasilnya di Preview
Untuk menseting template viomagz mas sugeng dengan mudah, masuk ke menu Layout. hapus widget yang tidak dibutuhkan sesuai keinginan. Setelah beres, kemudian klik Simpan (kanan atas).
Kemudian setting tampilan, warna, font, dan lainnya ke menu Theme/Tema. Klik Customise

Dari menu yang tampil, klik Background untuk mengubah tampilan warna blog, tersedia berbagai warna, tinggal pilih saja. Kemudian klik menu Advanced. Ada beberapa menu yang bisa dipilih seperti Teks Halaman, Background, Warna Link, Judul Blog, Menu Navigasi, Sub menu navigasi, Judul postingan, judul widget, Label, Footer dan lainnya. Silahkan dicustom, untuk menu JANGAN DIEDIT mohon untuk tidak mengeditnya. Setelah selesai Klik Apply to Blog (kanan atas)

Untuk membuat menu-menu blog seperti yang ada pada blog ini, klik ke menu Pages/Halaman dan kemudian buat nama seperti Tentang Kami, Disclamer, Privacy Policy dan lainnya. Halaman ini nanti akan ditautkan pada template viomagz. Buatlah terlebih dahulu halaman yang akan ditampilkan, bisa lihat contohnya di blog ini.     

Apabila page/halaman sudah dibuat, untuk menautkan Page/Halaman pada template, masuk ke menu Template kemudian Edit HTML lalu cari dengan tombol "Ctrl + F", masukan kata Disclaimer atau Privacy Policy. Kemudian ganti linknya dengan link page/halaman yang sebelumnya sudah dibuat. Klik save/simpan.

Setelah urusan seting template viomagz mas sugeng ini beres, selanjutnya fokus hanya menulis artikel berkualitas saja. Agar pengunjung banyak usahakan setiap hari menulis satu artikel, setelah terposting 10 artikel lebih berkualitas dan visitor juga sudah ada, boleh coba untuk mengajukan blog ke google adsense agar diterima sebagai publisher google adsense dan berpotensi mendapatkan uang dari google adsense.

Apabila blog diterima oleh Google Adsense, perbanyak artikel berkualitas, semakin banyak artikel berkualitas, semakin banyak pengunjung, maka semakin berpotensi mendapatkan penghasilan dari ngeblog dari google adsense.    

Nah bagaimana mudah bukan ? semakin sering menggunakan blogger akan semakin mudah menggunakannya. Demikian cara cepat membuat dan mensetting blog menggunakan template viomagz buatan mas sugeng. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.

Post a Comment for "Cara cepat membuat blog dengan template Viomagz Mas Sugeng"