Inilah 9 Website yang Membayar Penulis Artikel Lepas

Masdinko.com-Menyalurkan hobi menulis di media online sudah menjadi tren beberapa tahun terakhir ini. Apalagi setelah maraknya penggunaan smartphone dan koneksi internet yang sudah merata dan mencapai pelosok desa. Menulis artikel, puisi, opini, kolom dan lainnya bisa dilakukan menggunakan media online berupa blog, note di facebook, catatan di instagram dan twitter, serta di website yang menerima penulis kontributor.

Menulis di blog sendiri juga mudah dilakukan, beberapa platform dapat digunakan untuk membuat blog sendiri seperti blogspot dan wordpress. Biasanya kendala yang muncul dalam membuat blog sendiri yaitu kesulitan dalam mendesain blog, merawat blog dan mendapatkan trafik atau visitor yang banyak.

Agar karya tulisan dapat dinikmati oleh banyak pembaca tentunya pengunjung blog harus banyak barulah tulisan menjadi populer dan viral. Beberapa penulis mengalami kesulitan seperti ini apabila memiliki blog sendiri, karena fokusnya hanya pada menulis saja.

Menulis di media sosial pertemanan seperti twitter, facebook, instagram dan lainnya, berbeda dengan menulis di blog. Pada media sosial jumlah teman yang dimiliki menjadi salah satu faktor penentu, karya tulisan banyak dilihat dan dibaca, bahkan menjadi viral apabila banyak yang menshare/ membagikan karya tulisan yang dibuat.


Menulis di media sosial bisa menjadi evaluasi kemampuan menulis. Biasanya dalam media sosial banyak teman dan juga pembaca yang menulis komentar terhadap tulisan. Ini bisa menjadi evaluasi untuk membuat tulisan lebih baik lagi, meskipun terkadang komentar yang ditulis tidak berkualitas semua karena beragamnya pemikiran pemberi komentar.      

Apabila belum puas hanya sebagai penulis di media sosial pertemanan, cobalah untuk menjadi penulis di website yang menerima kontributor penulis. Website seperti ini ada yang memberi reward berupa uang dan ada juga yang tidak, namun yang pasti jangkauan pembacanya lebih luas. Berbagai topik dan tema tersedia sehingga dapat memilih topik/tema sesuai keahlian dan keinginan.

Namun apabila anda menulis ingin mendapatkan penghasilan uang dan juga meraih banyak pembaca, anda dapat mencoba mendaftar ke 9 website yang membayar penulis artikel berikut ini. 9 website ini menerima karya tulis artikel dan apabila tulisan diterima anda akan mendapatkan juga honor/reward sesuai dengan ketentuan masing-masing website.

Berikut 9 Website yang membayar artikel anda :

1. UC News


UC News merupakan portal berita dan artikel bagian dari AliBaba Group, yang membuka peluang bagi penulis kontributor/penulis lepas untuk mengisi kontennya. UC News menyediakan berbagai topik yang dapat dipilih oleh penulis sesuai keahliannya.

Untuk mendapatkan uang dari UC News, langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu mendaftar dulu. Proses mendaftar lumayan repot karena mengisi data pribadi,  mengupload identitas KTP beserta foto selfie dengan KTP dan memilih topik artikel yang anda kuasai.

Data yang harus disediakan yaitu alamat email, Nama Lengkap, Nomor KTP, Nomor telepon, Link website/blog/akun media sosial, dan 2 foto yang harus diunggah, yaitu KTP dan foto selfie dengan KTP. Data yang dikirimkan akan diperiksa dan diverifikasi oleh tim UC News. Apabila keanggotaan anda sudah disetujui, maka anda bisa mengirimkan karya tulisan.

Untuk menghasilkan uang dari menulis artikel di UC News memang tidak mudah. Setelah verifikasi identitas berhasil, langkah selanjutnya yaitu membuat dan mengirimkan artikel ke tim UC News. Pengiriman pertama artikel, tidak akan mendapat bayaran. Artikel akan direview terlebih dahulu oleh Tim UC News. Apabila berhasil lolos dari review artikel di UC News, untuk penulisan artikel selanjutnya baru akan mendapat penghasilan dari UC News.

Penghasilan dari UC News didapatkan dari pembagian hasil iklan yang tayang di artikel tulisan, separuh untuk penulis dan separuh lagi untuk UC News, namun besaran nilainya penulis tidak berhak mengetahui, hanya diberi tahu nilai akhirnya saja.

Selain bagi hasil, cara mendapat penghasilan di UC News, anda diberikan penawaran untuk menjadi penulis tetap di UC News dengan jumlah bayaran tertentu, dan ditarget dalam satu bulan harus membuat artikel sejumlah tertentu sesuai dengan topik/tema yang dipilih saat pendaftaran.

Jadi untuk menjadi penulis lepas di UC News buatlah artikel yang berkualitas dan menarik. sehingga dapat diterima menjadi penulis lepas di UC News. 

2. Brilio


Brilio merupakan salah satu website yang menerima tulisan dari penulis lepas dan juga membayar artikel yang tampil di websitenya. Brilio membayar penulis kontributor dari jumlah view dari artikel yang dikirimkan. Ketika artikel diterima, penulis lepas tidak akan mendapat penghasilan, namun ktika artikel ditampilkan di website Brilio dan mendapatkan view barulah penulis lepas akan mendapat penghasilan.

Jadi penulis lepas dituntut untuk menulis artikel yang berkualitas agar diterima, namun agar mendapatkan view yang banyak, maka artikel juga harus menarik di mata pembacanya atau pencari artikel. Semakin banyak view yang didapatkan maka semakin banyak pula penghasilan penulis lepas dari Brilio.

3. IDNTimes


IDNTimes merupakan website karya anak bangsa Indonesia yang menerima artikel dari penulis kontributor. Popularitas IDNTimes cukup bagus, beberapa kali mencoba search di Google, website IDNTimes sering nangkring di posisi page one Google.

IDNTimes menawarkan variasi tema artikel yang dapat dipilih penulis lepas, dari tema kesehatan, teknologi, islami, tutorial, tips, hiburan, motivasi dan lainnya. IDNTimes memberikan reward bagi penulis lepas dengan sistem poin, 1 poin bisa ditukar dengan uang sebesar Rp. 100. Apabila artikel mendapat poin 1000, maka penulis mendapatkan uang sebesar Rp. 100.000.

Penghasilan dari menulis artikel di IDNTimes akan ditransfer melalui rekening bank lokal seperti bank BCA, Mandiri, BRI, BNI, BNY Syariah, CMB Niaga, dan bank Indonesia lainnya. Jadi apabila ingin mendapat bayaran dari IDNTimes mulailah dari sekarang membuat artikel yang berkualitas dan menarik dan coba kirimkan ke IDNTimes.

4. Basabasi.co


Basabasi.co bisa menjadi pilihan bagi penulis lepas artikel. Basabasi menerima karya tulis berupa cerita pendek (cerpen), puisi, esai, rehal (resensi buku), dan hibernasi (artikel ringan). Setiap kategori tersebut diberikan fee atau reward dengan nilai berbeda. Fee/reward minimal yang bisa didapatkan minimal Rp. 200.000 dari penulisan artikel ringan, dan reward tertinggi dari kategori cerpen dan esai sebesar Rp. 300.000.

Syarat yang harus dipenuhi sederhana saja, karya tulis yang dikirimkan BELUM PERNAH dipublikasikan dalam bentuk apapun (cetak ataupun digital). Penulis lepas mengirimkan karyanya ke email Basabasi disertai dengan informasi lainnya seperti identitas, foto, rekening bank, akun media sosial penulis, foto dan lainnya.

Artikel akan dievaluasi oleh tim Kurator, apabila dalam jangka waktu 2 bulan tidak dimuat atau tidak mendapatkan informasi akan dimuat berarti artikel penulis tidak lolos seleksi tim Kurator. Melihat dari karya tulis yang tampil di Basabasi, untuk artikel ringan saja, uraiannya sangat dalam, apabila artikel ingin dimuat disini, syarat mutlak artikel harus berkualitas dan orignal, tidak ada ada artikel yang clickbait.  

5. Remotivi


Bagi penulis lepas yang ingin berkontribusi dengan tema atau isu media, Remotivi bisa menjadi salah satu tempat menyalurkan karya tulis. Mengenai syarat dan ketentuan penulisan, dapat dibaca pada menu "Menulis untuk Kami".

Pada menu tersebut dibahasa secara lengkap jenis tulisan yang dapat dimuat di Remotivi, syarat teknis seperti jumlah kata dalam 1 artikel, tiap kategori artikel berbeda, kisaran jumlah kata minimal 800-2000 kata. Remotivi memberikan honor kepada penulis lepas dengan kisaran sebesar 350.000-1,5 juta. 

Agar artikel penulis lepas dapat diterima di Remotivi, coba baca artikel-artikel yang dimuat di Remotivi, anda bisa menggunakan model analisis dan struktur penulisan seperti itu. Namun yang harus diingat juga, Remotivi memilih tulisan tajam dengan tema spesifik dan fokus, tidak terlalu umum.  

6. Geotimes


Anda menyukai penulisan dengan analisa tajam dengan tema kekinian ? Geotimes bisa menjadi salah satu website menyalurkan kemampuan menulis artikel dengan analisa tajam. Beberapa kategori artikel yang ada di Geotimes yaitu kolom, opini, satir, opini pilihan dan lainnya.

Ketentuan dan syarat penulisan di Geotimes, panjang tulisan 750-1000 kata, mengangkat isu kekinian maupun timeless, argumentatif namun tidak mengandung unsur SARA. isi penulisan penulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis, sehingga sebelum mengirim tulisan, cek kembali data-data faktual yang disajikan.

Proses seleksi artikel berlangsung maksimal 2 minggu, apabila layak maka akan langsung diterbitkan. Besaran honor yang diterima penulis lepas sekitar Rp. 350 ribu. Dalam menulis artikel untuk Geotimes hendaknya mempelajari juga kode etik jurnalistik penulisan, karena Geotimes menerapkan kode etik jurnalistik dalam menseleksi tulisan yang masuk.       

7. Voxpop.id


Voxpop merupakan singkatan dari Vox Populi, diambil dari bahasa latin yang berarti suara rakyat. Voxpop Indonesia berisikan konten-konten tulisan yang bersifat pendapat/opini penulis dengan sudut pandang yang menarik dan segar. Sesuai dengan slogan dari voxpop Indonesia sebagai tempat berbagi pandangan, cerita dan kenangan.

Voxpro tempat yang cocok untuk penulis lepas yang menyukai tulisan dengan gaya dan perspektif yang berbeda dengan tulisan lain dengan tema yang sama. Tema yang diusung tema yang kekinian atau yang saat ini sedang viral, namun dengan penyajian yang ringan dan segar. Contoh beberapa tulisan yang dapat dimuat, bisa dilihat pada beberapa artikelnya.

Tema yang dipilih berupa kondisi sosial terkini, isu feminisme, hiburan yang sedang trending dan lain-lain. Kalau melihat dari tulisan-tulisan yang ada, target pembacanya anak muda yang kekinian atau generasi milenial.

Honor atau reward atas tulisan yang dimuat di Voxpop Indonesia sebesar Rp. 250.000 per tulisan. Cukup lumayan untuk menambah uang saku.

8. Gadgetren


Gadgetren seperti namanya, berisikan konten tentang informasi gadget (smartphone, laptop, tablet), aplikasi, game, internet dan berita teknologi. Penulis yang punya passion dalam menulis artikel seputar teknologi, bisa mengirimkan karya tulisnya ke Gadgetren.

Artikel yang dikirimkan dapat berupa review mengenai produk gadget ataupun ulasan mengenai tren terkini di bidang teknologi. Untuk setiap naskah/tulisan yang dimuat diberikan honor/reward sebesar Rp. 250.000 per artikel. Lumayan kan ?

Untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas dan dapat diterima, perluas wawasan dan informasi mengenai produk teknologi yang akan ditulis, seperti spesifikasi, kelebihan, kekurangan, posisi produk, benchmark produk dan lainnya. Semakin lengkap tulisan yang dibuat semakin besar peluang untuk dimuat di gadgetren

9. Klikmania.net


Mendapat penghasilan dari menulis bisa anda dapatkan juga di Klikmania. Klikmania berisikan konten seputar teknologi, blogging, bisnis online, Review gadget dan lainnya. Bagi penulis yang senang dengan dunia teknologi dan bisnis online, bisa mengirimkan karya tulisannya ke website klikmania.

Untuk dapat mengirimkan tulisan, anda tinggal mendaftar saja, mengisi nama dan email, dan kemudian buka email anda untuk mendapatkan password untuk login ke dashboard klikmania. Lengkapi profil di dashboard dan lanjutkan dengan menulis artikel.

Tulisan dibuat dengan kata-kata yang mudah dimengerti dan human friendly sehingga dapat diindex dengan baik oleh mesin pencari. Panduan menulis bisa dengan menggunakan tool Yoast wordpress SEO yang digunakan oleh Klikmania.

Tulisan yang dibuat akan mendapat honor/reward dari Klikmania, namun besaran atau aturan mengenai perhitungan atau berapa besarnya, belum kami ketahui.

Itulah 9 website yang membayar artikel dari penulis lepas/penulis kontributor. Bagi penulis dengan banyaknya pembaca yang melihat dan membaca tulisan yang dibuat, sudah menjadi kepuasan tersendiri apalagi sampai ribuan orang yang membacanya, apalagi ditambah dengan adanya honor atau reward dari pemilik website.

Yang terpenting adalah buatlah tulisan sesuai dengan passion dan minat penulis sehingga dapat menghasilkan tulisan yang berkualitas, menarik dan enak dibaca oleh pembacanya. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.           

Post a Comment for "Inilah 9 Website yang Membayar Penulis Artikel Lepas "