Tahapan Cara membuka dan memasang keyboard Asus eepc 1215B

cara membuka dan memasang keyboard Asus eepc 1215B
Cara membuka dan memasang keyboard Asus eepc 1215B perlu diketahui dulu sebelum mempraktekannya pada netbook Asus eepc 1215B. Apabila informasi cara membuka dan memasang keyboard Asus eepc 1215b sudah diketahui sebelumnya, maka akan lebih mudah dalam mengerjakannya.

Asus eepc 1215B merupakan netbook yang dirilis oleh Asus dan menjadi favorit pengguna netbook. Dengan spesifikasi ditenagai oleh procesor AMD APU, RAM 2GB/4GB, dan Graphic AMD RAdeon, menjadikan asus eepc 1215B cukup handal untuk digunakan menunjang pekerjaan kantor dan juga game ringan sampai medium.


Artikel cara memasang keyboard pada asus 1215B ini merupakan pengalaman sendiri saat mengganti keyboard laptop asus 1215B milik teman. Berikut tahapan cara membongkar keyboard asus eepc 1215B

1. Membuka baterai asus eepc 1215B


cara membuka dan memasang keyboard Asus eepc 1215B
image from youtube

Asus eepc 1215b masih menggunakan baterai luar sehingga copot dahulu baterainya sebelum membuka keyboard, agar tidak terjadi konslet/short. Cara melepas baterai asus eepc 1215b yaitu menggeser 2 kunci yang terletak di belakang laptop atau di cover bawah.   

2. Membuka semua baut

cara membuka dan memasang keyboard Asus eepc 1215B
image from youtube
Membuka baut yang ada di bagian bawah laptop. Total baut ada 6 baut yang harus dibuka. Dimulai dari baut penutup tempat RAM. Baut ini ditutupi oleh karet, congkel dahulu karetnya, lalu buka bautnya.

Buka juga 2 baut kecil yang berada di tempat baterai. Baut lainnya terdapat di tempat RAM/memory. Buka dahulu RAMnya, total ada 3 baut di tempat RAM. Jadi keseluruhan baut ada 6 buah baut.

3. Membuka bagian touchpad

cara membuka dan memasang keyboard Asus eepc 1215B
image from youtube
Membuka bagian touch dilakukan dengan menggunakan klip gitar atau benda yang pipih, bisa kartu SIM Card atau lainnya, yang penting bentuknya pipih. Congkel bagian pinggir touchpad dan geser dengan alat pipih tadi. Setelah terbuka, lepas dahulu kabel touchpad dengan cara menggeser kuncinya yang menjepit kabel touchpad ke depan.

cara membuka dan memasang keyboard Asus eepc 1215B
image from youtube

4. Membuka keyboard dan framenya

cara membuka dan memasang keyboard Asus eepc 1215B
image from youtube
Setelah membuka bagian touchpad, terlihat 4 baut yang mengunci keyboard. Lepaskan semua baut tersebut. Kemudian buka bagian pinggir dengan alat pipih atau klip gitar. Hati-hati dalam mencabut keyboard karena kabel keyboard belum dilepas.

cara membuka dan memasang keyboard Asus eepc 1215B
image from youtube

Lepas dulu kabel keyboard dengan cara menggeser pengunci nya ke arah atas/belakang pada bagian kiri dan kanannya.

5. Membuka keyboard dari Framenya


Untuk keyboard yang sudah pernah diganti, keyboard langsung bisa dilepas. Untuk keyboard yang masih orisinil, bukalah dengan memotong kunci plastik kecil pada tiap lubang keyboard. Bisa menggunakan silet dan obeng. Kunci plastik lumayan banyak jadi mesti sabar membukanya satu per satu

6. Memasang keyboard pada Framenya


Setelah keyboard dapat dicopot, pasang keyboard baru asus eepc 1215B ke framenya. Untuk memasangnya ada yang langsung saja memasangnya, ada juga yang merekatkan dulu frame dengan keyboardnya seperti keyboard bawaannya yang orisinil.


Untuk merekatkannya bisa menggunakan lem plastik atau lem tembak pada lubang-lubang keyboard. Yang saya praktekan, hanya beberapa lubang saja yang penting keyboard bisa menempel pada framenya. Lembak tembak/lem plastik tadi harus kita iris permukaannya agar tidak menonjol menggunakan silet/cutter sehingga rata dengan permukaan. Kalau sudah menempel pada keyboardnya akan lebih mudah memasang frame tersebut pada netbook.

7. Pasang kabel keyboard, Frame dan tempat touchpad


Pasang kabel keyboard sesuai dengan sebelumnya dan pasangkan bagian keyboard serta baut-bautnya. Pasang kembali baut-baut keyboard (4 baut) dan tekan bagian keyboard sampai terkunci/terdengar suara terkunci pada tempatnya. Pasang kabel touchpad dan bagian touchpad pad dengan cara ditekan sampai mengunci

8. Pasang baut di body bawah netbook 


Pasang baut-baut di tempat RAM/memory, pasang baut di tempat baterai, dan pasang kembali baterai. Akhirnya selesai sudah cara membuka dan memasang keyboard asus eepc 1215B

Demikian cara membuka dan memasang keyboard asus eepc 1215B, semoga bermanfaat.

Untuk mengecek apakah keyboard yang kita pasang dalam kondisi normal, dapat dilakukan menggunakan software keyboard checker. Dengan software ini dapat dilihat tombol keyboard mana yang tidak aktif atau tombol keyboard yang aktif sendiri tanpa kita tekan. Silahkan download disini  

Post a Comment for "Tahapan Cara membuka dan memasang keyboard Asus eepc 1215B"