Contoh Naskah Pidato Hari Kartini 2019 yang singkat dan jelas

Contoh Naskah Pidato Hari Kartini 2019 yang singkat dan jelas

Contoh Naskah Pidato Hari Kartini 2019 yang singkat dan jelas

Hari Kartini 2019 sebentar lagi akan diperingati secara nasional oleh seluruh rakyat Indonesia, khususnya kaum perempuan Indonesia. Mungkin masih ada sebagian masyarakat yang bertanya apa itu hari kartini ? RA Kartini atau kepanjangan dari Raden Adjeng Kartini telah menjadi sosok pahlawan perempuan baik saat itu maupun sampai dengan saat ini dengan rutin diperingati sebagai Hari Kartini. Sejarah Kartini diperingati setiap tanggal 21 April, bertepatan dengan tanggal kelahirannya. Pada tanggal 21 April umumnya lembaga pemerintah, lembaga pendidikan dan  lembaga lainnya secara rutin memperingatinya dengan berbagai cara, namun dengan tetap tidak menghilangkan semangat dari RA Kartini dalam memperjuangkan hak dari perempuan Indonesia. 

baca juga : Contoh Pidato Peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2019

Pada lembaga pemerintah biasanya pada hari Kartini selain acara formal dan seremonial, para pegawai perempuan mengenakan pakaian khas perempuan Indonesia, seakan mengingatkan kembali pada masa RA Kartini dulu hidup. Pada lembaga pendidikan anak seperti Sekolah Taman Kanak-kanak, para anak perempuan berbusana kebaya serta disertai dengan acara sungkeman kepada ibunya yang memperlihatkan bahwa meskipun perempuan Indonesia saat ini sudah maju dengan berkiprah di semua bidang namun tetap mereka harus menghormati dan menyayangi kedua orang tuanya khususnya ibunya yang telah mengandung dan melahirkannya.

baca juga : Contoh Sambutan pidato peringatan hari Polwan

Pada lembaga pendidikan sekolah seperti sekolah dasar, menengah pertama dan menengah atas, peringatan hari Kartini umumnya diisi dengan kegiatan yang kreatif, baik itu berupa keterampilan maupun karya kreatif lainnya. Salah satunya yang rutin diadakan yaitu perlombaan membuat /membacakan pidato peringatan Hari Kartini tahun 2019. Dengan pidato perayaan hari Kartini, para siswa siswa akan lebih terbuka wawasannya mengenai kiprah, peran, dan perjuangan RA Kartini dalam mengangkat derajat kaum perempuan Indonesia. Para siswa juga akan diuji daya kreasinya dalam merangkai kata-kata pidato Hari Kartini sehingga pidato dapat dipahami oleh para pendengar.

baca juga : Contoh Pidato Hari Pramuka yang singkat dan jelas

Melalui posting contoh pidato raden ajeng kartini singkat Tahun 2019 ini, kami membagikan beberapa contoh pidato hari kartini singkat dan jelas, yang dapat digunakan untuk perlombaan, upacara di sekolah maupun untuk memenuhi tugas dari sekolah. Materi pidato RA Kartini dapat dengan mudah para siswa tambah atau kurangi atau dikreasikan lagi dengan kata-kata sendiri sehingga menghasilkan karya pidato, khususnya pidato hari pahlawan yang lebih bagus lagi. Dan bagi yang diberi tugas untuk menyampaikan pidato pada upacara sekolah dengan tema RA Kartini, berikut beberapa contoh pidato raden ajeng kartini singkat dan jelas.

-----------------------------------------------

Contoh Naskah Pidato Memperingati Hari Kartini atau Kartini Day khusus buat sambutan di sekolah atau lembaga pendidikan.

Assalamualaikum Wr.Wb.

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMAN 1 Kabupaten  Majalengka, Yang terhormat Bapak Ibu Guru Staf karyawan SMAN 1, Dan teman-teman ku yang saya cintai.

Pada pagi yang cerah ini marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat. Tak lupa shalawat serta salam kita curahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad Sollahualaihiwasallam, para keluarganya, para sahabatnya, para tabi'in dan kita sebagai umatnya agar diberikan safaat di akhirat nanti. 

Pada pagi yang berbahagia ini,saya akan menyampaikan tentang makna apa itu Hari Kartini. Nama Kartini, mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Raden adjeng Kartini lahir di Jepara, Jawa Tengah, pada tanggal 21 April 1879 dan meninggal di Rembang, Jawa Tengah,tanggal 17 September 1904 pada umur 25 tahun. Raden adjeng kartini juga dikenal sebagai pelopor kebangkitan wanita di Indonesia.

Bersyukurlah para kaum wanita Indonesia yang telah pernah memiliki seorang pelopor pejuang nasib kaum wanita sehingga derajat kaum wanita terangkat dari jurang kenistaan.

Sebelum Raden Adjeng Kartini ada, kaum wanita direndahkan derajatnya di bandingkan kaum lelaki. Kaum wanita di larang menuntut ilmu,tidak boleh bekerja, apalagi menjadi pemimpin. Tetapi semua berubah saat Raden Adjeng Kartini berjuang untuk mengeluarkan kaum wanita dari itu semua.

Kepeloporan Raden Ajeng Kartini wajib kita tiru dan kita amalkan, kini wanita Indonesia telah memperoleh hak-haknya sebagai wanita dan memperoleh kebebasan.

Tetapi, perjuangan cita Kartini belum sepenuhnya berhasil. Masih banyak wanita-wanita Indonesia lainnya yang masih perlu di perjuangkan nasibnya. Masih banyak yang membutuhkan uluran tangan kita. Oleh sebab itu marilah kita tingkatkan partisipasi kita terhadap gelora pembangunan sekarang ini sehingga cita-cita Kartini segera dapat terwujud.

Itu saja yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, kurang lebihnya saya minta maaf. Semoga kita semua bisa mengambil hikmah dari peringatan Hari Kartini ini.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

------------------------------------------

Contoh Teks Pidato Peringatan Hari Kartini untuk acara umum di lingkungan sekitar.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang terhormat Bapak Lurah
Yang kami hormati para Bapak Ketua RW 01
Bapak-bapak Ketua RT 04
Rekan-rekan remaja dan pemuda se-wilayah Desa Jatipamor

Hadirin dan hadirat yang mulia,

Selamat sejahtera dan berbahagia juga kami sampaikan kepada hadirin dan hadirat yang beragama selain Islam.

Pada pagi yang berbahagia ini marilah kita bersama sejenak merenung dan berdoa, semoga kita yang hingga pagi ini masih dikaruniai kebahagiaan oleh Tuhan yang Maha Kuasa, diberi kekuatan untuk senantiasa bersyukur, atas rahmat dan hidayah dari Tuhan yang Maha Kuasa. Rasa syukur itu marilah kita buktikan dengan tetap menjalankan kewajiban dan tetap menjauhi larangan Allah Tuhan Yang Maha Adil.

Selanjutnya pada pagi yang berbahagia ini, hendaknya kita juga brsyukur atas kesempatan yang telah diberikan oleh Allah Tuhan yang Maha Penyayang, yang dengan rahmat-Nya pula kita bisa bersama-sama mengadakan upacara memperingati “Hari Kartini”.

Nama Kartini, sudah tidak asing lagi. Bahkan dalam kehidupan sekarang ini telah terpatri suatu sikap, khususnya sikap para Ibu, sikap para remaja dan pemudi putri, yang mencerminkan cita-cita luhur ibu Kita Kartini.

Sebagai wanita yang tentu tidak bisa meninggalkan kodratnya sebagai perempuan, maka sekarang kian tampak bahwa dalam mendudukkan dirinya sebagai sesama pejuang bangsa, telah dapat menempatkan diri wanita Indonesia sebagai pejuang yang tidak ingin dikatakan nomor dua terhadap para kaum laki-laki.

Itulah sikap tegas kaum wanita yang secara langsung mencerminkan keluhuran cita-cita Kartini. Sikap itu juga memperlihatkan betapa hak azasi manusia Indonesia ini sangat diperhatikan. Terlebih hak wanita dalam menempatkan diri ikut serta membangun nusa dan bangsa Indonesia.

Tidaklah berlebihan kiranya jika wanita sekarang ini sudah mampu berbicara sejajar dengan kaum laki-laki. Bahkan di desa kita ini telah banyak wanita yang kedudukannya malah lebih tinggi dari sebagian kaum laki-lakinya. Ini menunjukkan bahwa bangsa kita khususnya kaum wanita benar-benar telah menyadari betapa pentingnya peranan dan kemampuan wanita dalam menegakkan kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.

Hari Kartini senantiasa kita peringati setiap tahun. Namun hendaknya janganlah pada saat-saat peringatan ini saja kita menampilan hasil karya dan cipta kaum wanita. Namun lebih daripada itu, mudah-mudahan setiap hari, setiap masa wanita Indonesia, tetap berjuang dan tetap bercitra, sebagai bangsa yang harum namanya.

Semoga Tuhan senantiasa meridhoi kita, khususnya para wanita Indonesia dalam menegakkan kehidupan berbangsa dan bernegara. Semoga kaum wanita bertambah jaya, bertambah perkasa dalam menjaga nama besar bangsa, negara, masyarakat, dan jangan lupa, semoga tetap jaya dalam menjaga nama baik keluarga. Amin!

Cukuplah sekian sambutan dari kami, billahitaufiq walhidayah, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

------------------------------------------

Demikian beberapa contoh naskah pidato memperingati Hari Kartini 2019, dengan memperingati hari Kartini 2019, semangat dan tekad RA Kartini untuk dapat memajukan perempuan Indonesia dalam berbagai bidang pembangunan akan dapat tercapai. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing. 
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments