Contoh Pidato HUT Polwan ke 71 Tahun 2019 yang Singkat

Contoh Pidato HUT Polwan ke 71 Tahun 2019 yang Singkat

Contoh Pidato HUT Polwan ke 71 Tahun 2019 yang Singkat

Hari Polwan atau Polisi Wanita yang jatuh pada tanggal 1 September setiap tahunnya, sebentar lagi akan kita peringati. Lahirnya Polwan tidak terlepas dari sejarahnya dahulu saat Indonesia masih dalam kondisi perang. Saat itu banyak peristiwa pengungsian masyarakat, laki-laki, wanita, dan anak-anak. Semuanya ingin mendapatkan tempat yang aman dan terhindar dari peperangan. Namun untuk menghindari penyusupan oleh pihak lain, dilakukan pemeriksaan terhadap para pengungsi. Namun para pengungsi perempuan menolak untuk diperiksa apalagi digeledah fisik oleh polisi laki-laki. Sehingga saat itu pemerintah akhirnya memerintahkan kepada Sekolah Polisi Negara (SPN) untuk mengadakan pendidikan polisi Wanita, saat itu disebut dengan Pendidikan Inspektur Polisi bagi Wanita. Dan akhirnya munculah generasi pertama dari Polwan yaitu Nelly Pauna Situmorang, Dahniar Pramono, Rosmalina Pramono, Mariana Saanin Mufti, Rosnalia Taher, dan Djasmainar Husen. Sejak 1 September 1948 sampai dengan saat ini, diperingati sebagai HUT Polwan Republik Indonesia.

Baca juga : 7 Wallpaper Polwan Cantik Memperingati HUT Polwan ke 71 Tahun 2019 Terbaru

Dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Polwan ke 71 Tahun 2019, beberapa kegiatan rutin selalu dilaksanakan oleh Kepolisian Republik Indonesia. Kegiatan tersebut diantaranya Upacara HUT Polwan, Kegiatan Polwan di Masyarakat, Bakti Sosial dan lain sebagainya. Pada beberapa kegiatan tersebut, biasanya terdapat sesi untuk memberikan sambutan pidato memperingati Hari Polwan ke-71 Tahun 2019. Sambutan pidato ini diberikan untuk memberikan gambaran Polwan secara umum dan hal-hal yang berkaitan dengan Polwan. Untuk memberikan sambutan pidato yang baik, disarankan untuk mengkonsepnya terlebih dahulu agar sambutan yang dibawakan dapat fokus dan dipahami oleh pendengar. Terkecuali apabila anda sudah terbiasa berpidato tanpa konsep atau tulisan bisa disampaikan secara langsung.

Baca juga : Kumpulan 50 Ucapan selamat HUT Polwan Indonesia Ke-71 Yang Baru dan Lucu

Untuk membantu mereka yang kesulitan dalam menyampaikan sambutan pidato memperingati Hari Polwan maka kami berikan contoh sambutan pidato Polwan di bawah ini. Pidato pendek Polwan ini hanya memberikan gambaran Polwan secara singkat, untuk memperluas cakupan materi sambutan dapat anda tambahkan dengan materi yang lebih lengkap.

Berikut contoh sambutan pidato memperingati hari Polwan ke 71 Tahun 2019

---------------------------------------------------------------

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh..

Yang terhormat bapak ...............
yang terhormat .....................
dan para hadirin yang saya muliakan


Pertama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat dan anugerah-Nya kepada kita semua, sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul dan bertemu dalam keadaan sehat wal afiat, tak kurang suatu apapun, dalam rangka memperingati HUT (Hari Ulang Tahun) Polwan atau Polisi Wanita yang Ke 71 yakni pada tanggal 1 september 2019.

Polisi merupakan pengayom dan pelayan masyarakat untuk sebuah pengaduan, sekaligus penegakan Hukum di sebuah Negara, sehingga memiliki peranan yang penting dalam menjaga stabilitas Keamanan Negara. Mengingat pentingnya peran Polisi dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat, sehingga perannya senantiasa perlu di tingkatkan, banyak hal yang meski kita ketahui bersama bahua polisi bukan hanya pengayom, dan tempat pengaduan akan tetapi juga tempat bagi masyarakat untuk berteduh dalam rangka mencari keamanan serta kenyamanan dalam bemasyarakat, maka itu kita perlu meluruskan makna sosial dalam memaknai hakikat polisi.

Berkaitan dengan peran polisi secara umum, di dalam lembaga kepolisian juga terdapat unsur Polisi Wanita atau Polwan. Berdasarkan sejarah, Polwan lahir pada tanggal 1 September 1948. Lahirnya Polwan dilatarbelakangi oleh peristiwa pengungsian besar-besaran wanita, anak-anak, pria, untuk menjauhi peperangan yang terjadi saat itu. Untuk menghindari penyusupan orang ke dalam wilayah negara maka dilakukan pemeriksaan, namun para wanita menolak untuk diperiksa oleh polisi laki-laki apalagi diperiksa secara fisik, sehingga pemerintah saat itu menunjuk Sekolah Polisi Polisi  berbicara mengenai Polis Negara (SPN) Bukittinggi untuk membuka pendidikan Inspektur Polisi untuk kaum wanita sehingga pada tanggal 1 September 1948 lahirlah Polisi Wanita. 

Pada saat ini, dimana zaman sudah berubah, Polwan tetap harus memiliki peranan yang penting bagi masyarakat. Peran Polwan diharapkan tidak hanya menjadi pelengkap saja, karena Polwan juga dapat berkarya dan berkarir lebih tinggi seperti polisi laki-laki. Untuk mencapai karir yang dicita-citakan hendaknya setiap personel Polwan berusaha sekuat tenaga untuk terus meningkatkan kapabilitasnya.
Peran Polwan memang tidak hanya sebatas pada bidang pekerjaan saja, Polwan yang pada dasarnya adalah seorang wanita juga memiliki peran di rumah tangga sebagai seorang istri dan ibu bagi anak-anaknya. Meskipun tugas dan tanggung jawab di tempat kerja menuntut seorang Polwan untuk fokus, namun diharapkan tidak juga melupakan tugasnya di rumah dalam melayani suami dan mendidik anak. Memang tidak mudah untuk menjalankan peran keduanya secara seimbang. Namun dengan doa, kerja keras dan keikhlasan, Insya Allah Polwan dapat menjalankannya.   

Demikian sambutan dari saya, saya mewakili institusi mengucapkan Selamat Hari Jadi Polisi Wanita (Polwan) Republik Indonesia yang ke-71, Semoga Maju, Berjaya, dan Sukses untuk Polwan Indonesia, Hidup Polwan..!!!

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh.

Demikian contoh sambutan pidato memperingati Hari Polwan ke 71 Tahun 2019. Semoga dapat bermanfaat. Keep learning and sharing.   
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments