3 Contoh Naskah Pidato Hari Bumi 2019 yang singkat dan jelas

3 Contoh Naskah Pidato Hari Bumi 2019 yang singkat dan jelas

3 Contoh Naskah Pidato Hari Bumi 2019 yang singkat dan jelas

Hari Bumi Sedunia atau dikenal juga dengan Earth Day rutin diperingati setiap tanggal 22 April setiap tahunnya oleh seluruh warga Indonesia dan warga dunia. Hari Bumi 2019 atau Earth Day 2019 sebentar lagi juga akan diperingati oleh kita semua. Peringatan Hari Bumi 2019 merupakan salah satu bentuk kepedulian warga dunia kepada kondisi lingkungan hidup di planet bumi dan juga menyelamatkan bumi yang umurnya semakin tua.

Tentunya kita semua seringkali melihat bencana-bencana di negara sendiri maupun di negara lain, serta kondisi alam secara keseluruhan yang semakin menurun akibat modernisasi, serta munculnya fenomena alam baru yang salah satu sebabnya karena kesalahan perilaku manusia dalam memperlakukan alam dan bumi ini. Percepatan global warming yang terjadi di bumi memberi efek pada laut dan lingkungan hidup lainnya.

baca juga : Contoh Pidato Hari Kartini 2019

Untuk menggugah rasa kepedulian manusia terhadap kondisi lingkungan bumi saat ini diperlukan upaya yang masif dan intensif baik itu berupa sosialisasi informasi lingkungan hidup kepada generasi muda maupun tindakan nyata berupa diterbitkannya aturan-aturan pemerintah untuk mengatur kelestarian alam dan lingkungan hidup.

Sosialisasi informasi tentang bumi dan kondisi lingkungan hidup saat ini difokuskan juga pada generasi muda dari mulai anak-anak, remaja dan dewasa. Dimulai dari kebiasan-kebiasan baik dalam melestarikan lingkungan hidup sampai dengan tindakan nyata dalam melestarikan lingkungan.

baca juga : Pidato Hari Pramuka 2019 Terbaru

Bagi remaja khususnya siswa sekolah dasar, menengah pertama dan menengah atas, kepedulian tentang bumi dan lingkungan salah satunya dapat dikerjakan melalui karya tulis tentang bumi dan lingkungan hidup. Dengan tulisan maka akan dapat membuka wawasan yang lebih luas bagi pembaca dan pendengarnya. Salah satu karya tulis yang dapat menjadi corong informasi yaitu dengan menuliskan pidato peringatan hari bumi sedunia 2019 atau pidato earth day 2019.

Pidato peringatan hari bumi dibacakan saat peringatan hari bumi atau saat ada even-even perlombaan yang diadakan oleh lembaga yang peduli tentang bumi dan lingkungan hidup. Setiap tahunnya tema hari bumi berbeda-beda. Pada tahun 2018 tema hari bumi yaitu End Plastic Pollution. Tema hari bumi tahun 2019 yaitu.

baca juga : Pidato Hari Kemerdekaan RI Tahun 2019

Agar mempermudah dalam membuat naskah pidato peringatan hari bumi, dalam posting pidato hari bumi 2019, kami memberikan beberapa contoh naskah pidato hari bumi yang singkat dan jelas. Selanjutnya pidato hari bumi ini dapat dimodifikasi dan dilengkapi sesuai dengan kebutuhan pembuat pidato peringatan hari bumi. Contoh pidato hari bumi ini juga dapat digunakan untuk memenuhi tugas sekolah dari bapak/ibu guru siswa dan dapat dibentuk lagi menjadi pidato yang baru yang lebih baik.

------------------------------------

Contoh pidato peringatan hari bumi tahun 2019 dengan tema selamatkan bumi kita (sumber : pidatodotnet)

Assalamualaikum warohmatullahiwabarokatuh.

Yang terhormat Bapak Kepala SMP Negeri 1 Majalengka,
Bapak dan ibu guru yang saya hormati,
Serta teman-teman yang berbahagia,
Selamat pagi! Salam sejahtera bagi kita semua.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Subhanahuwata'ala atas karunia-Nya sehingga kita dapat berkumpul disini untuk memperingati Hari Bumi Sedunia Tahun 2019 dalam keadaan sehat wal afiat.

Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan pidato yang bertema Selamatkan Bumi Kita.

Hadirin yang berbahagia

Seperti yang telah kita ketahui, Hari Bumi adalah hari yang dikhususkan bagi kita untuk mengurangi kerusakan lingkungan yang ada di bumi kita ini, baik dengan melakukan kegiatan penanaman pohon maupun membersihkan lingkungan yang kotor.

Hari Bumi diperingati setiap tanggal 22 April sejak tahun 1970. Mengapa demikian? Karena dahulu, pada tanggal 22 April 1970, jutaan masyarakat New York turun ke jalan untuk berdemonstrasi mengecam para perusak bumi. Sejarah mencatat, Hari Bumi merupakan kampanye untuk mengajak orang peduli terhadap lingkungan hidup.

Hadirin yang saya hormati

Pada kesempatan ini, saya ingin mengajak bapak, ibu, dan teman-teman semua untuk mulai merubah pikiran dan kebiasaan yang dapat menghancurkan bumi kita, salah satunya dengan cara penanaman pohon yang dilakukan setiap orang yang hadir disini yang akan membawa perubahan besar di kemudian hari.

Mungkin kegiatan itu hanya terlihat sebagai hal kecil yang melelahkan. Namun, cobalah kita berpikir seberapa hijaunya tempat ini dalam 10 hingga 20 tahun kedepan. Dengan perubahan itu, kita diharapkan mampu mengajak orang lain untuk ikut melakukannya sehingga bumi kita dapat terselamatkan walau secara perlahan-lahan.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan. Mudah-mudahan dengan adanya peringatan Hari Bumi Sedunia Tahun 2019 ini kita dapat mengambil hikmahnya dan mampu menerapkannya. Terima kasih atas perhatiannya. Mohon maaf apabila ada salah kata dan perbuatan. Akhir kata Wabillahitaufik wal hidayah.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
       
------------------------------------

Contoh Naskah Pidato Hari Bumi Tahun 2019 dengan tema Global Warming (Pemanasan Global)

Assalamualaikum warohmatullahiwabarokatuh.

Hadirin yang saya hormati,

Pada kesempatan yang baik ini, pada peringatan hari bumi tahun 2019 ini, saya akan mengangkat tema tentang masalah global warming yang sedang melanda bumi kita tercinta ini,hari-hari yang dilalui dirasa sangat panas. Ini dikarenakan oleh perbuatan manusia itu sendiri, illegal loging,polusi yang terus menerus mencemari udara bersih yang selama ini kita hirup,musim hujan dan musim panas sudah tidak teratur lagi,mungkin karena bumi kita ini memang sudah tua.Banyak orang-orang menyerukan untuk mengurangi polusi tapi ini dimulai dari kesadaran kita sendiri juga,ada yang sudah membuat terobosan dengan mencat atap rumah menjadi putih,melakukan penghijauan,dan masih banyak lagi.

Para illegal loging yang sampai sekarang belum sadar akan perbuatan mereka yang memberikan dampak yang sangat besar bagi anak-anaknya di masa mendatang,dimana sungai-sungai tidak lagi sejernih yang sekarang,dan tercemar oleh limbah yang mematikan, banjir terjadi dimana-mana,dan mungkin akan lebih suram lagi dari pada yang saya sebutkan tersebut, tapi mereka masih pada belum sadar juga akan perbuatan mereka di masa kini akan berdampak meskipun baru terasa berpuluh-puluh tahun kedepan.

Oleh karena itu kita harus berusaha sedini mungkin untuk meminimalkan dampak dari global warming tersebut, dimulai dari menanam pohon,dan ingat,semua yang kita lakukan walaupun kecil itu sangat berarti bagi bumi kita tercinta ini.Jadi buat teman-teman yang masih suka membuang sampah sembarangan, usahakan membuang pada tempatnya,jangan di sembarang tempat,ini juga demi kebaikan anak-anak kita di masa depan, jadi pedulilah pada bumi kita yang telah kita diami ini.

Terima kasih, Wabillahitaufiqwalhidayah
Wassalamu'alaikum warohmatullahiwabarokatuh


------------------------------------

Contoh Naskah Pidato Hari Bumi Tahun 2019 dengan tema Kesadaran melestarikan lingkungan hidup (sumber : galeripidatoblogspot)


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Hadirin sekalian, hari ini, tanggal 22 April 2019 adalah sebuah hari yang bersejarah bagi ummat manusia di dunia yang menghuni sebuah planet yang bernama BUMI ini, yaitu Hari Bumi.

Hadirin sekalian...

Hari Bumi adalah hari pengamatan tentang bumi yang dicanangkan setiap tahun pada tanggal 22 April dan diperingati secara internasional. Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi.

hari BUMI dicanangkan pertama kali oleh seorang Senator Amerika Serikat bernama Gaylord Nelson pada tahun 1970. Selain sebagai senator, ia juga seorang guru yang mengajar tentang lingkungan hidup. Tanggal ini  (22 April) juga bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere (belahan Bumi utara) dan musim gugur di belahan Bumi selatan.

Sedangkan PBB sendiri merayakan hari Bumi pada 20 Maret sebuah tradisi yang dicanangkan aktivis perdamaian John McConnell pada tahun 1969, adalah hari di mana matahari tepat di atas khatulistiwa yang sering disebut Ekuinoks Maret.

Kini hari bumi diperingati di lebih dari 175 negara dan dikoordinasi secara global oleh Jaringan Hari Bumi (Earth Day Network)

Hadirin Sekalian....

Apakah ada perbedaan antara Hari Bumi dan hari Lingkungan Hidup yang diperingati setiap tanggal 5 Juni setiap tahunnya itu? Pada dasarnya memang tidak terdapat perbedaan antara Hari Bumi Sedunia dengan Hari Lingkungan Sedunia. Hal yang membedakan antara dua hari besar itu adalah sejarahnya saja.

Hari Lingkungan Sedunia diperingati berdasarkan Konferensi UN tentang Lingkungan hidup yang berlangsung pada 5 Juni 1972 di Stockholm.  Tanggal konferensi tersebut kemudian ditetapkan menjadi Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Indonesia berpartisipasi dalam konferensi tersebut dan diwakili oleh Prof. Emil Salim yang menjabat sebagai Kepala Bappenas. Hari Lingkungan Hidup Sedunia dianggap lebih resmi dan sering diperingati oleh masyarakat maupun pemerintah di sejumlah negara di dunia. Tujuan dasar dari kedua peringatan hari besar tersebut adalah untuk merangsang kepedulian masyarakat terhadap lingkungan hidup yang semakin hari semakin rusak.

Hadirin yang saya hormati...

Hari bumi kebanyakan hanya diketahui dan diperingati para aktifis peduli lingkungan saja di seluruh dunia. Di sisi lain, peringatan hari Bumi sedunia sering dianggap sebagai ajang berkumpulnya para aktivis namun minim tindak lanjut secara nyata di lapangan. Berbagai kerusakan lingkungan hidup di bumi telah menyebabkan penurunan kualitas lingkungan hidup serta mengakibatkan terjadinya berbagai bencana alam seperti longsor, banjir, angin topan, kekeringan, krisis air bersih dan kebakaran hutan. Kerusakan lingkungan disebabkan oleh perbuatan manusia sendiri dan dampak negatifnya pun akan dirasakan oleh manusia juga. Kesadaran masyarakat cenderung menurun untuk menjaga, merawat, serta melestarikan lingkungan hidup. Upaya untuk melestarikan lingkungan hidup tidak hanya tanggung jawab perorangan saja, akan tetapi tanggung jawab dari semua pihak yang hidup di bumi ini.

Kesadaran untuk melestarikan lingkungan hidup seharusnya ditanamkan sedini mungkin dan harus berkesinambungan atau tak lekang oleh waktu. Hal ini tidak terlepas dari kesadaran sosial yang dapat ditumbuhkan melalui penyuluhan atau pemberian informasi yang lengkap tentang pelestarian lingkungan kepada masayarakat umum. Selain itu, perubahan iklim di bumi sangat sulit untuk dicegah meskipun berbagai upaya antisipasi dan pencegahan telah banyak dilakukan. Keadaan ini memaksa manusia untuk dapat beradaptasi dengan perubahan iklim tersebut. Salah satu caranya  adalah dengan mengubah perilaku yang merusak alam menjadi perilaku yang selalu cinta dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya.

Selamat hari Bumi 22 April 2019

------------------------------------

Demikian contoh naskah pidato Hari Bumi Sedunia Tahun 2019. Peringatan hari bumi akan selalu terus dikumandangkan oleh kalangan yang peduli akan kelangsungan planet bumi. Dengan umur bumi yang semakin tua ditambah lagi dengan perilaku manusia yang cenderung merusak lingkungan hidup, maka diperlukan kesadaran bersama untuk selalu menjaga bumi selamanya. Selamat hari bumi sedunia. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.  
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments