Yang perlu anda ketahui sebelum jadi Seller di Ebay

Masdinko.com- Banyak teman-teman baik di media sosial facebook, yang berkomentar di youtube Masdinko, dan juga yang mengontak secara langsung via whatsapp mengenai Bagaimana cara berjualan di Ebay atau bagaimana menjadi seller di Ebay ?

Sangat wajar banyak yang berminat menjadi seller di Ebay karena biasanya untuk pasar luar negeri harga akan lebih tinggi dibanding apabila dijual di pasar lokal, sehingga profit juga makin besar. Bagi Usaha Kecil Menengah (UMKM), berjualan di Ebay bisa menjadi perluasan pasar yang sebelumnya hanya pembeli dari Indonesia saja yang dilayani, namun berjualan di Ebay maka buyernya bisa dari berbagai negara.

Ketika minat dan keinginan kuat untuk berjualan di ebay, langkah selanjutnya yaitu mencari tahu mengenai bagaimana sih berjualan di Ebay itu ? kesulitannya apa saja ? kemudahannya apa saja ? apakah memerlukan modal besar atau tidak ? tentunya banyak yang bertanya seperti itu saat akan menjadi seller di Ebay.

Yang perlu anda ketahui sebelum jadi Seller di Ebay

 

Untuk mengetahuinya tentu saja harus bertanya kepada orang yang sudah berpengalaman dan terjun secara langsung sebagai seller di Ebay. Masdinko melalui postingan kali ini dengan judul "Hal yang perlu anda ketahui sebelum jadi seller di Ebay" akan mengupas hal-hal yang sering ditanyakan oleh teman-teman di facebook atau para komentator di Youtube Masdinko.

1. Apa sih Ebay itu ? 

Ebay merupakan website yang berfungsi sebagai marketplace atau tempat bertemunya pembeli dan penjual dari berbagai negara (lebih dari 100 negara), dimana mereka dapat melakukan transaksi jual beli baik secara jual beli langsung maupun melalui metode lelang (auction). 

Untuk dapat melakukan transaksi jual beli di ebay, sebelumnya harus melakukan pendaftaran (register) di website ebay, dengan mengisi formulir pendaftaran. Data yang diisikan yaitu Data diri, email dan nomor handphone. Untuk bisa melakukan transaksi pembelian, ebay menyediakan beberapa alat pembayaran (payment) yaitu Credit Card, Paypal, Paypal Credit, dan Google Pay. 

Bagi penjual ebay di Indonesia alat pembayaran untuk menampung hasil penjualan menggunakan Payoneer. Payoneer hanya digunakan oleh penjual (seller) ebay untuk menerima pembayaran dari ebay hasil dari penjualan produk. Seller dapat mencairkan dananya di akun Payoneernya. Jadi untuk seller ebay di Indonesia harus memiliki akun payoneer juga.

2. Apa Syarat menjadi Seller (Penjual) di Ebay ?

Khusus untuk anda yang ingin menjadi seller atau penjual di Ebay terdapat syarat-syarat yang harus dipersiapkan sebelum anda mendaftar menjadi seller di Ebay. Syarat di Ebay dan di Payoneer sebagai alat bayarnya, memiliki perbedaan, berikut syarat-syarat tersebut.

Syarat seller di Ebay  

1. National ID (KTP/SIM/Paspor) 

Pada saat mendaftar akun Ebay anda akan diminta mengisi formulir dengan isian berupa data diri.

2. Memiliki email yang masih aktif 

Ebay akan melakukan verifikasi dengan mengirimkan kode verifikasi ke email anda, jadi harus memiliki email yang masih aktif.

3. Nomor handphone 

Nomor handphone diperlukan untuk mengirimkan kode verifikasi dari Ebay, terkadang ebay pada waktu tertentu terkait dengan keamanan akun akan memverifikasi akun anda dengan mengirimkan kode verifikasi melalui nomor handphone

4. Memiliki Credit Card/Debit Card (Jenius atau Bank Jago)/VCC (Virtual Credit Card)

Pada saat mendaftar menjadi seller di Ebay, ebay akan meminta anda memasukan informasi credit card, seperti nama, alamat, nomor credit card, expire credit card dan 3 digit CVC atau kode yang ada di belakang credit card. 

Kalau anda tidak memiliki Credit Card bisa menggunakan Debit Card melalui aplikasi Jenius atau Bank Jago. Apabila tidak juga memiliki Debit Card, opsi terakhir yaitu dengan membeli VCC (Virtual Credit Card), silahkan menghubungi saya apabila membutuhkannya. 

Lalu apa maksud ebay meminta data credit card ini ? Ebay mewajibkan calon seller memasukan data ini untuk cadangan pembayaran (Reimbursement) apabila saldo uang seller di Ebay minus, maka bisa menambahkan melalui credit card/debit card ini. Misal seller harus merefund dana buyer dimana saldo di ebay nya nol, maka bisa melalui fasilitas reimbursement ini. 

Syarat Seller Ebay di akun Payoneer

1. National ID (KTP/SIM/Paspor)

Sama seperti Ebay, pada saat mendaftar di Payoneer anda akan diminta untuk mengisikan data diri berdasarkan KTP/SIM/Paspor. Data yang diisikan harus sama dengan yang diisikan di Ebay, karena nantinya ada proses sinkronisasi antara akun ebay dan payoneer, dan datanya harus sama. Apabila berbeda maka proses pendaftaran seller tidak akan bisa dilanjutkan. 

2. Rekening Bank 

Payoneer mewajibkan mengisikan data rekening bank pada saat membuka akun Payoneer. Rekening bank ini nantinya akan diverifikasi melalui file dokumen bank yang harus diupload oleh user agar akun payoneernya di Approved atau disetujui. Berbagai bank di Indonesia sudah support dengan Payoneer. Rekening bank ini juga akan disimpan sebagai rekening untuk menampung pencairan (withdraw) dana anda di Payoneer.

3. Memiliki Email dan nomor handphone 

Sama dengan ebay, Payoneer juga mewajibkan pendaftar untuk mengisikan alamat email dan nomor handphone yang masih aktif, nantinya apabila Payoneer membutuhkan verifikasi dari anda, maka akan dikirim ke nomor handphone tersebut. 

4. Dokumen lain untuk Verifikasi Akun Payoneer agar Approved (disetujui)

Pada tahap akhir pendaftaran seller di Ebay, ebay akan menunggu akun payoneer anda diapproved terlebih dahulu. Agar status akun payoneer anda Approved biasanya anda akan diminta mengupload dokumen-dokumen berikut :

a. Dokumen National ID (KTP/SIM/Paspor) 

Upload National ID anda dan perhatikan masa expirenya. Apabila melewati masa expire permintaan anda akan ditolak oleh Payoneer, jadi kalau KTP anda sudah kadaluwarsa coba anda update dulu ke Kantor Disdukcapil atau Kecamatan untuk diupdate, sehingga KTP anda akan berlaku seumur Hidup. Untuk SIM bisa ke Polres dan untuk Paspos ke kantor Imigrasi. 

b. Dokumen Bank 

Dokumen bank yang diminta yaitu berbentuk bank statement, dimana terdapat nama, alamat, dan mutasi (transaksi debit credit) pada rekening anda selama 3 bulan terakhir. Apabila lewat dari 3 bulan terakhir maka akan ditolak oleh Payoneer. Bisa juga menggunakan E-statement yang bisa didapatkan dari Mobile banking anda.

c. Utility Bill 

Utility bill atau dokumen tagihan seperti tagihan listrik dan tagihan air (PDAM). Di struk tagihan tersebut harus tercantum nama, alamat, yang sama dengan data yang telah dimasukan pada saat mendaftar di Payoneer. 

d. Rental Agreement 

Rental agreement yaitu berbentuk dokumen kontrak sewa rumah, apartement atau properti lainnya. Di dalamnya harus tercantum nama, alamat anda sesuai dengan data pada saat mendaftar di payoneer. Dilengkapi dengan tanda tangan pemilik properti dan penyewa. Contohnya bisa anda cari di google dengan menggunakan bahasa Inggris.

 

3. Setelah diterima menjadi seller ebay 

Setelah melalui proses sinkronisasi Ebay dan payoneer, dan kemudian Payoneer sudah berstatus Approved, maka anda sudah bisa berjualan di Ebay, dengan membuat listing produk yang akan dijual. Berikut hal-hal yang harus anda ketahui setelah menjadi seller di Ebay 

a. Ebay Menerapkan Selling Limit pada seller Ebay  

Ebay membuat aturan yang membatasi seller baru berjualan secara masif yaitu dengan menerapkan Selling Limit. Setiap seller yang diterima oleh Ebay akan diberikan Selling Limit yaitu membatasi jumlah unit barang yang bisa dijual di ebay , dan juga membatasi dari sisi nilai barangnya (dollar). Contohnya untuk akun baru seller ebay diberi selling limit yaitu 50/700 per bulan.

50 yaitu jumlah quantitiy barang yang bisa dilisting (dijual)
700 yaitu nilai/harga barang dalam dollar yang bisa dilisting (dijual) 

Apabila sudah tercapai 2 angka tersebut maka tidak akan bisa menambah listing lagi, terkecuali anda hapus listing kemudian tambahkan listing yang baru. Listing ini akan dinaikan oleh Ebay apabila performa jualan anda bagus, artinya barang yang anda jual banyak yang laku, maka ebay akan menambah selling limit anda.

Sebenarnya anda juga bisa meminta atau Request ke ebay untuk menambah selling limit, namun saya sarankan lebih baik anda fokus dulu ke jualan anda, bagaimana caranya produk anda bisa terjual, karena hal ini lumayan tidak mudah, karena kompetitor kita juga dari seluruh negara di dunia. 

b. Dana Hasil penjualan Dihold oleh Ebay

Bagi seller baru di ebay, apabila produk anda ada yang laku dan dibeli oleh buyer, kemudian buyer sudah membayar, maka dana dari Buyer akan dihold dulu oleh Ebay. Dana akan dihold selama 2 minggu terhitung dari anda mengisikan Tracking Number. Apabila anda tidak mengirimkan barang yang dibeli buyer maka akan seterusnya dana akan dihold oleh Ebay.

Lalu bagaimana dengan barang yang sudah laku ? karena dana dari pembeli dihold otomatis agar barang dapat dikirim maka kita harus mengirimkan barang tersebut dengan biaya sendiri. Apabila barang anda tidak ready stock, maka anda beli dahulu barangnya, kemudian kirim barang tersebut, hingga anda mendapatkan Tracking number untuk diisikan di ebay. 

Ini artinya sebagai seller baru Ebay anda harus memiliki Modal Sendiri dulu agar paket pesanan pembeli bisa dikirim. Dana hold akan dikirimkan kepada seller meskipun status barang masih dalam perjalanan atau belum status Delivered. Jadi artinya yang terpenting Tracking number secepatnya dimasukan agar dana hold dapat segera cair. 

Apabila performa bagus dari sisi penjualan dan dari sisi paket yang dikirim cepat diterima pembeli, lama-lama Ebay akan mencabut status Hold terhadap seller baru, sehingga dana buyer akan langsung masuk ke seller, dan masuk ke payoneer. Dana dihold berlaku juga terhadap produk yang laku yang harganya dianggap besar, misal biasanya kita jualan dengan harga 100 usd, namun kita listing produk tertentu dengan harga 300 usd, apabila laku biasanya akan dihold dulu, karena harganya dianggap tinggi dari yang biasanya. 

c. Pencairan Dana di Payoneer Minimal 50 USD

Setelah di sisi Ebay, sekarang beralih ke sisi Payoneer. Setelah masa hold tercapai, kemudian ebay akan mempayout dana dari pembeli (setelah dikurangi fee, pajak dan lain-lain) ke akun payoneer Seller. Apabila dana yang dikirim ebay tersebut di bawah 50 USD maka akan dikenakan fee di Payoneer sebesar 1 USD. 

Setelah masuk di payoneer dan seller ingin mencairkan dana tersebut ke rekening bank, maka syarat yang bisa dicairkan yaitu Minimal 50 USD. Ini juga berlaku apabila anda ingin kirim saldo ke akun payoneer lainnya misal anda ingin jual saldo ke orang lain, maka minimal yang bisa dikirim yaitu 50 USD. Jadi kalau mau bisa anda cairkan secara langsung, anda jual produk di ebay dengan harga lebih dari $65, sehingga nett yang diterima di payoneer akan lebih besar dari 50 USD, sehingga langsung bisa anda cairkan ke rekening bank. 

Cara lainnya yaitu dengan mengumpulkan dana di payoneer sampai terpenuhi nilai 50 USD untuk bisa dicairkan ke rekening bank. 

d. Syarat berkirim saldo akun Payoneer baru     

Seller baru juga akan dihadapkan pada aturan payoneer dimana pemilik akun payoneer akan bisa mengirimkan saldo payoneer kepada akun yang lain apabila sudah melewati akumulasi transaksi di marketplace sebesar 500 USD (Total akumulasi). Jadi untuk seller baru apabila mau kirim saldo payoneer syaratnya akun sudah bertransaksi akumulatif 500 USD, kemudian minimal yang bisa dikirim yaitu 50 USD. Lumayan ribet ya ? 

e. Withdraw / Pencairan Dana Payoneer 

Apabila syarat untuk pencairan dana payoneer terpenuhi, yaitu minimal 50 USD, maka anda tinggal masuk ke menu Withdraw, dan pilih rekening banknya. Isikan minimal 50 USD, kemudian klik Withdraw. Lamanya pencairan relatif cepat, bisa masuk rekening dalam 1 hari, asal anda Request Withdrawnya pada pagi hari, sehingga sore hari dana sudah masuk ke rekening bank. 

 

4. Seller Baru tidak bisa Dropship dari Negara Lain

Banyak yang berminat menjadi seller di Ebay karena ingin melakukan penjualan secara Dropship dari negara lain ke negara USA. Saya sendiri sudah mempraktekan dan mengalami aktivitas dropship ini sejak tahun 2012, namun sayangnya bagi seller baru Ebay Dropship dari negara lain sudah tidak bisa dilakukan lagi. 

Dropship memang mempermudah seller karena seller tidak perlu menstock barang, apabila ada yang laku langsung order ke Dropshipper dan dropshipper yang mengirimkan produk tersebut ke buyer. Seller mendapatkan profit dari selisih harga buyer dan harga dropshipper. Sehingga tanpa keluar rumah seller bisa mendapatkan cuan dollar. 

Namun saat ini praktek dropship ini sudah tidak bisa dilakukan lagi khususnya buat seller baru ebay, karena saat kita mengisikan lokasi barang yang dikirim selain dari negara Indonesia, listing tidak bisa dibuat, pilihannya harus diisi dengan negara Indonesia saja. Namun bisa saja sih dengan menambahkan deskripsi di listingan bahwa barang akan dikirim dari China misalkan. Namun dari sisi buyer akan terlihat barang dikirim dari Indonesia.  

5. Seller Harus mentaati aturan Ebay 

Agar akun seller baru ebay anda awet dan terhindar dari Banned atau suspend permanen, maka baca dahulu aturan ebay tentang barang-barang yang dilarang oleh Ebay, misal barang KW atau tiruan, bajakan, bukan original, produk obat yang dilarang karena harus pakai resep dokter, produk copyright baik dari sisi nama brand maupun dari logo dan lain-lainnya. 

Apabila akun kena suspend permanen maka akan sulit untuk membuat lagi akun seller ebay kecuali anda menggunakan data orang lain, karena apabila dibuat lagi yang baru atas nama sendiri dan pernah kena suspend maka akan langsung ditolak oleh Ebay. 

Demikianlah, serba-serbi berjualan di Ebay menurut pengalaman saya sendiri, yang sejak tahun 2012 berjualan di Ebay sampai saat ini. Apabila anda mendapat kesulitan menjadi seller di Ebay bisa kontak saya dan saya menyediakan jasa untuk membuat akun seller ebay baru. Silahkan kontak saya di 089647333683. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.

Post a Comment for "Yang perlu anda ketahui sebelum jadi Seller di Ebay"