CARA MEMBUAT AKUN SELLER EBAY DAN PAYONEER TAHUN 2024 TERBARU

Masdinko.com-Berbagai pertanyaan seputar ebay dan payoneer serta cara membuat akun seller Ebay tahun 2024 dengan sukses masuk ke inbox dan DM whatsapp saya, karena memang saya sering membagikan mengenai tips dan informasi mengenai cara berjualan di marketplace ebay. Jawaban yang saya berikan asli berdasarkan pengalaman sendiri selama berjualan di Ebay sejak tahun 2012.

Flashback ke belakang, awal-awal menjadi seller di Ebay sangatlah mudah, bahkan dengan data-data user yang fake atau palsu juga, sangat mudah untuk membuat akun seller Ebay. Tidak heran, 1 orang bisa memiliki puluhan bahkan ratusan akun seller ebay. Hal ini berbanding terbalik dengan kondisi saat ini di tahun 2023-2024. Membuat akun seller ebay tahun 2024 bisa dikatakan gampang-gampang susah. Gampang apabila data-data untuk pendaftaran seller di ebay itu ada dan lengkap, serta dibarengi dengan kesabaran yang tinggi. Terasa sulit apabila dokumen untuk mendaftar tidak tersedia atau ada yang kurang. Karena untuk pendaftaran seller di ebay dan payoneer sebagai alat pembayaran mitra resmi dari Ebay, harus memiliki dokumen atau data-data yang sesuai dan valid.

Jadi untuk pendaftaran sebagai seller di Eby dan Payoneer siapkan dahulu berbagai dokumen yaitu :

1. KTP/SIM/Passport (pilih salah satu)
2. Alamat email yang valid
3. Nomor handphone yang aktif
4. Dokumen Rekening bank (e-statement)/buku tabungan
5. Struk pembayaran PLN atau PDAM (nama dan alamat harus sama dengan saat mendaftar di ebay)
6. Optional surat kontrak sewa rumah atau properti
6. kartu debit/credit card/VCC untuk syarat di Ebay sebagai seller

Untuk syarat-syarat tersebut bisa didapatkan secara gratis karena biasanya sudah dimiliki sebelumnya. Kecuali untuk kartu debit atau kartu kredit, silahkan buat di bankjago atau jenius.secara gratis, bermodalkan smartphone dan kuota internet saja.

CARA MEMBUAT AKUN SELLER EBAY DAN PAYONEER TAHUN 2024 TERBARU

Ketika semua dokumen sudah siap, anda buat dahulu Akun Payoneer sampai verifikasinya di Approved. Setelah akun payoneer di approved baru kemudian mendaftar membuat akun Ebay, dan kemudian verifikasikan juga email dan nomor handphone nya.

Untuk menjadi perhatian bagi calon seller baru di Ebay, Ebay memang sedikit ketat dalam menerima seller baru sehingga seringkali yang baru daftar kemudian langsung berjualan akunnya banyak terkena suspend oleh Ebay dengan alasan klasiknya, yaitu Anda membahayakan komunitas di Ebay padahal listing barang juga belum, atau barang juga belum muncul dilistingan, namun sudah dibanned oleh Ebay.

Berdasar pengalaman tersebut, dalam membuat akun seller baru di ebay yaitu harus sabar dan jangan terburu-buru menjadikan akun ebay baru anda sebagai seller. Jadi setelah akun ebay sudah diverifikasi email dan verifikasi nomor handphone berhasil, anda diamkan dulu akun ebay nya. Kalau mau coba saja untuk menjadi buyer dahulu yaitu dengan membeli barang di ebay yang harganya 1 dollar an dan free shipping, biasanya banyak seller China di ebay yang jualannya kayak gitu.

Dari hasil melakukan pembelian, seller akan memberikan feedback sebagai pembeli, setidaknya Ebay akan melihat bahwa akun kita berjalan alami, berproses, mengetahui terms Ebay, sehingga apabila nanti mendaftar sebagai seller Ebay akan terhindar dari suspend.

Namun apakah pasti dengan cara begitu akan lolos dari suspend ? dari pengalaman saya Ebay itu tidak bisa diprediksi alias unpredictable. Bisa jadi cara yang saya pakai malah tidak berhasil diterapkan oleh orang lain, soalnya banyak faktor yang mempengaruhinya. Namun selama saya gunakan cara ini, sudah berhasil membuat akun seller ebay baru dan sampai saat ini masih aktif berjualan.

Lalu berapa lama akun yang baru daftar didiamkan sebelum menjadi seller ? tidak ada patokan pastinya, ini pun hipotesa saya saja secara pribadi berdasarkan pengalaman. Biasanya saya diamkan sekitar 1-1,5 bulan sejak mendaftar akun ebay. Sembari menunggu anda bisa membuat akun ebay lainnya buat cadangan dengan meminjam data orang terdekat seperti istri, orang tua, kakak, adik dan lainnya. 

Kemudian apabila anda sukses membuat listing produk pertama kali dan bisa tayang di ebay, saya sarankan listingnya sedikit dahulu, atau tunggu laku dulu 1 item, setelah laku baru listing lagi dan seterusnya. Ini untuk menghindari kecurigaan Ebay terhadap akun baru yang langsung memasang listing banyak barang atau jatah listingnya dihabiskan. Dan sekali lagi ini juga bukan ketentuan dari ebay nya, ini berdasarkan pengalaman pribadi yang pernah listing 1 produk dengan quantity banyak, dan akhinya kena banned dengan alasan membahayakan komunitas Ebay.

Demikian teman-teman, cara saya membuat akun seller Ebay dan Payoneer 2024 ini, semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.

Post a Comment for "CARA MEMBUAT AKUN SELLER EBAY DAN PAYONEER TAHUN 2024 TERBARU"