Tips Ebay Setelah Berhasil Membuat Akun Seller Ebay

Masdinko.com- Keberhasilan membuat akun seller Ebay merupakan suatu kebahagiaan tersendiri, karena dengan suksesnya membuat akun seller Ebay artinya kita sudah bisa berjualan di marketplace dan bisa mendapatkan penghasilan.  

Langkah selanjutnya setelah berhasil membuat akun seller Ebay yaitu mempersiapkan produk atau barang yang akan dijual di Ebay, Apabila anda memiliki modal yang cukup anda bisa membeli stok barangnya terlebih dahulu, apabila anda seorang reseller dari produk pihak lain. Apabila anda seorang produsen produk handmade maka anda memproduksi dahulu barang tersebut, setelah jadi baru dijual di marketplace Ebay. 

Apabila anda tidak memiliki modal uang untuk membeli stok barang dan anda juga bukan seorang produsen produk handmade, anda bisa tetap berjualan dengan sistem dropshipping. Dropshipping memungkinkan seller menjual produk orang lain di toko online nya sendiri. Untuk membeli produk dengan menggunakan dana dari pembeli atau kalau dananya dihold dulu oleh marketplace maka menggunakan modal sendiri.

Tips Ebay Setelah Berhasil Membuat Akun Seller Ebay

Sebagai gambaran di marketplace Ebay, setelah menjadi seller di Ebay kemudian anda membuat listing produk. Pada proses membuat listing anda upload foto-foto produknya atau bahkan video produknya. Kemudian buat juga judul dari listingan anda. Isikan kategori produk, spesifikasi produk secara lengkap, isi juga harganya, kuantitas atau stoknya, cara menjualnya dengan cara lelang atau beli biasa, dan isikan informasi lainnya sesuai dengan formulir yang ditampilkan Ebay.

Setelah selesai membuat listing maka listing produk anda akan muncul di Ebay, namun untuk muncul di mesin pencarian Ebay tergantung dari algoritma ebay, pemberian judul produk, kelengkapan mengisi informasi produk dan lainnya. Intinya lebih detail listingan anda akan berpengaruh pada ketertarikan calon buyer terhadap produk anda.

Misal produk anda laku dan ada yang membeli, maka proses selanjutnya yaitu mempersiapkan pengiriman produk tersebut. Dimulai dengan mencatat data pembeli secara lengkap, packaging produk dengan aman karena pengirimannya antar negara yang resiko rusak di perjalanan juga tinggi, dan terakhir mengirimkan ke ekspedisi luar negeri yang anda pilih. Setelah membayar biaya pengiriman di perusahaan ekspedisi luar negeri, kemudian anda akan menerima tracking number yang harus dimasukan di orderan buyer di Ebay.

Kemudian bagaimana dengan dana dari pembeli atau buyer ? di Ebay untuk seller baru dana dari buyer akan diproses oleh ebay di sistem Ebay Managed Payment. Berhubung masih termasuk seller baru di ebay, maka dana akan dihold oleh Ebay. Dana akan dilepaskan oleh Ebay ke akun payoneer seller setelah 10 hari sejak kita memasukan tracking number. Jadi semakin cepat memasukan tracking number maka akan semakin cepat juga dana yang dihold dilepaskan oleh Ebay. Namun tetap 10 hari sejak input tracking number.

Setelah masuk di Payoneer seller, apabila jumlah yang dipayout oleh Ebay ke payoneer di bawah 50 usd maka akan ada pungutan atau fee payoneer sebesar 1 usd. Namun apabila dana yang dipayout oleh ebay lebih dari 50 usd maka tidak ada fee oleh payoneer. Setelah dana masuk di akun payoneer, dana dapat dicairkan ke rekening bank namun dengan syarat minimal 50 usd yang dicairkannya, apabila kurang dari 50 usd maka tidak bisa dicairkan.

Lalu apakah dana yang di payoneer bisa dikirim ke akun payoneer lainnya ? untuk akun baru payoneer ada syaratnya, yaitu harus sudah bertransaksi atau menerima pembayaran sebanyak 500 usd. Kalau belum mencapai 500 usd maka tidak bisa mengirim saldo payoneer ke akun payoneer lainnya. Jadi solusinya cuma satu yaitu withdraw atau mencairkan ke rekening bank sendiri dengan syarat withdraw minimal 50 USD.

Nah lumayan ribet kan ebay dan payoneer hehehe, mmemang ribet namun alhamdulillah setelah beberapa tahun menjalani, akhirnya terbiasa. Solusinya yaitu dengan menjual produk-produk dengan harga di atas 60 usd agar dana bisa langsung dicairkan payoneer.

Seperti inilah gambaran menjalani jualan di marketplace Ebay, ini murni dari pengalaman sendiri yang saya bagikan kepada semuanya agar tetap semangat mencari peluang penghasilan tambahan. Kuncinya yaitu kesabaran dan konsistensi serta terus riset mengenai produk apa yang disenangi oleh para buyer di luar negeri. 

Demikian artikel tentang Tips Ebay Setelah Berhasil Membuat Akun Seller Ebay, semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.

Post a Comment for "Tips Ebay Setelah Berhasil Membuat Akun Seller Ebay"