Berapa Biaya Impor saat Membeli Barang di Ebay ?

 Masdinko.com-Marketplace Ebay seperti halnya marketplace lainnya, yaitu tempat berkumpulnya penjual dan pembeli dan melakukan transaksi atas barang atau produk. Apabila anda memiliki produk dan ingin menjual ke buyer di Ebay maka anda bertindak sebagai Seller Ebay atau penjual di Ebay. Setiap seller di ebay bisa melakukan transaksi sebagai seller maupun sebagai buyer, namun untuk buyer tidak akan bisa bertindak sebagai seller Ebay kecuali setelah melalui tahap-tahap pendaftaran sebagai seller di Ebay.

Pada artikel kali ini Masdinko akan membahas mengenai bagaimana biaya impor saat kita melakukan pembelian barang di Ebay dari seller yang berasal dari luar negeri. Banyak pertanyaan yang saya terima mengenai cara melakukan pembelian barang di Ebay. 

Berapa Biaya Impor saat Membeli Barang di Ebay ?

Secara umum cara membeli barang di Ebay hampir sama dengan membeli barang di marketplace lokal seperti Tokopedia, Shopee dan lainnya, namun memang tetap ada hal yang berbeda ketika melakukan pembelian di Ebay. Ebay saat ini menggunakan berbagai alat pembayaran / payment untuk melakukan pembelian produk. Alat pembayaran yang bisa digunakan yaitu Credit Card (Visa, Mastercard, Discovery), Paypal, Paypal Credit, dan Google Pay. 

Sebelum melakukan pembelian pastikan anda memiliki akun ebay yang aktif dan juga alat pembayaran yang akan digunakan untuk melakukan pembelian. Kemudian mencari produk yang ingin anda beli. Melakukan simulasi penghitungan biaya yang harus anda bayar, dari mulai harga, asuransi, biaya kirim, bea masuk dan pajak impor, clearance di bea cukai dan lain-lain. 

Anggaplah saat ini anda sudah siap untuk melakukan pembelian di Ebay, lalu bagaimana kira-kira menghitung cost yang harus anda bayarkan. Saya memiliki pengalaman dalam membeli produk di Ebay dan kemudian seller memilih ekspedisi yang berbeda, ada yang memilih Aramex dan ada juga yang menggunakan Pos. Berbeda kurir maka akan berbeda juga cost atau biayanya. 

Saya akan perlihatkan contoh tagihan bea masuk dan pajak dengan Kantor Pos sebagai kurirnya. 

Harga barang di Ebay : $36
Asuransi : 0
Ongkos kirim dari seller : 0 (Free shipping) 

Lalu bagaimana cara menghitung bea masuk dan pajaknya apabila melalui Pos Indonesia ?

Berapa Biaya Impor saat Membeli Barang di Ebay ?


Urutannya seperti ini :

Harga barang : $36 atau Rp. 558.000 (Kurs 1 Usd = Rp. 15.500)
Asuransi : 0
Ongkos kirim : 0
Total nilai barang : Rp. 558.000

Bea Impor : 7,5% x 558.000 = Rp. 41.850

Nilai barang plus bea masuk = Rp. 558.000 + Rp. 41.850 = 599.850

PPN Impor : 11% x 599.850 = Rp. 65.983

Total Bea Masuk + PPN Impor = Rp. 107.833

Untuk pengiriman menggunakan Pos Indonesia muncul biaya lagi yaitu :

1. Biaya Administrasi Pos : Rp. 15.000
2. Handling Fee Pos : Rp. 10.000
3. PPN 11% dari Admin + Handling Fee = Rp. 2.750
4. Biaya gudang akan muncul apabila paket tidak diambil/dibayar sesuai dengan waktu yang diberikan.

Total Biaya Pos = Rp. 27.750

Total yang harus dibayarkan saat Produk sudah sampai di Indonesia yaitu :
Rp. 107.833 + 27.750 = Rp. 135.583

Seperti inilah gambarannya kalau seller di ebay mengirimkan paket meggunakan jalur antar Pos negara tersebut dengan Pos Indonesia.

Menghitung Biaya Impor apabila menggunakan ARAMEX

Lalu bagaimana kalau seller di ebay menggunakan jasa pengiriman swasta, bukan jaringan kantor pos antar negara, saya contohkan menggunakan kurir ARAMEX.
Untuk barang yang harganya di atas $5 akan dikenakan bea masuk sesuai dengan kategori barangnya. Untuk penghitungan bea masuk dan pajak impor sama seperti dengan yang menggunakan jalur Pos di atas, yang membedakan yaitu munculnya biaya Clearance yang besarnya Rp. 90.000 per kg dan VAT (PPN) sebesar 11% dari Clearance.

Contohnya seperti ini, untuk paket yang harganya $65 

Berapa Biaya Impor saat Membeli Barang di Ebay ?


Nah sudah terlihat bedanya kan, biaya clearance memang lebih mahal daripada Pos karena layanannya ini Express, masa sampai paketnya lebih cepat, sehingga biaya clerance nya juga beda dengan Pos Indonesia. Semua angka total tadi sudah termasuk pengiriman sampai alamat kita.

Untuk Pos nanti ada chat WA dari Pos Indonesia untuk melakukan pembayaran, bisa menggunakan mobile banking maupun setor ke kantor pos. Untuk Aramex atau kurir swasta, setelah barang sampai di Indonesia akan dihubungi oleh Customer Service Aramex. Pembayaran bisa melalui Transfer Bank maupun melalui COD, jadi bayar totalnya saat COD melalui kurir lokal (Ekspedisi SAP)

Demikian artikel mengenai biaya yang harus dibayarkan apabila membeli barang di Ebay atau impor kecil-kecilan berdasarkan pengalaman Masdinko. Bagi yang ingin atau memerlukan Jasa Titip Beli di Ebay, silahkan hubungi Masdinko. Keep learning and sharing. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Berapa Biaya Impor saat Membeli Barang di Ebay ?"