Cara Daftar Ebay Managed Payment dengan Payoneer 100% Berhasil

Masdinko.com-Menjadi seller (penjual) di marketplace Ebay telah sejak lama saya lakukan. Pada tahun 2013 awal saya mengenal marketplace Ebay dari seorang teman saya di Jakarta. Saat itu lagi ramainya seller Indonesia berjualan barang custom dengan menjadi dropshiper produsen produk dari China.

Saat itu bisa dibilang jaman keemasan nya seller ebay di Indonesia, sampai ada yang buka course dan workshop menjadi seller ebay. Namun beberapa waktu kemudian Ebay lebih mengetatkan aturannya, dari mulai pembatasan jumlah/nilai produk yang dijual (selling limit), sanksi suspend akun-akun yang melanggar hak cipta, adanya report dari brand owner dan lainnya.

Akibat dari banyaknya kasus yang menimpa seller ebay Indonesia membuat ebay lebih mengetatkan aturan dalam pembuatan akun seller ebay yang mendaftar dari Indonesia. Banyak calon seller ebay dari Indonesia yang mengeluh karena saat membuat akun seller ebay baru langsung disuspend oleh Ebay.

Untuk melepas suspend ebay saat pertama  kali mendaftar sebenarnya bisa dilakukan yaitu dengan mengajukan appeal atau permohonan untuk melepas suspend akun dengan mengirim email ke Customer Service Ebay. Kemudian mereka akan meminta beberapa dokumen sebagai persyaratan melepas suspend ebay, seperti ID dokumen (KTP/SIM/Passport), Dokumen billing (tagihan listrik, telepon, credit card) dan lainnya. Apabila dianggap memenuhi syarat maka akun akan direlease dan bisa dipakai berjualan.

Cara Daftar Ebay Managed Payment dengan Payoneer 100% Berhasil

Aturan ebay yang terbaru yang saya dapatkan melalui email sekitar bulan Mei 2021, bahwa Ebay akan memberlakukan aturan baru terkait dengan payment atau pembayaran. Sebelumnya seller banyak menggunakan Paypal sebagai alat pembayaran di Ebay. Namun mulai bulan Juni dan seterusnya, ebay akan menggunakan Ebay Managed Payment dengan menggandeng Payoneer sebagai alat pembayarannya.

Bagi seller lama yang tidak memiliki akun payoneer tentunya sangat berat namun apabila ingin tetap berjualan di ebay maka harus mendaftar ebay managed payment agar tetap bisa berjualan di ebay. Karena semua pembayaran dari buyer, pembayaran fee ebay, listing produk dan lainnya tidak akan berfungsi kecuali kita telah terdaftar di ebay managed payment dan menggunakan payoneer sebagai alat bayarnya.

Sebagai seller di ebay yang menumpang lapak di ebay, akhirnya saya coba untuk mendaftar ebay managed payment meskipun saya tidak memiliki akun payoneer sebelumnya. Cara mendaftarnya sederhana yaitu dengan mengikuti petunjuk dari ebay dan payoneer saja. Saya akan coba informasikan tahapan-tahapan mendaftar ebay managed payment sampai berhasil.

Sebelum mendaftar ebay managed payment, biasanya akan mendapatkan email dari ebay atau bisa dilihat di Seller Dashboard bahwa kita disuruh untuk mendaftar ebay managed payment. Sebelum mendaftar ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum mendaftar ebay managed payment yaitu :

1. Mensetting Profile di ebay


Sebelum mendaftar ebay managed payment, cek dahulu profile information akun ebay anda, apakah atas nama sendiri atau nama orang lain atau fake (nama asal-asalan). Karena untuk mendaftar ebay managed payment, data akun ebay harus sama dengan akun payoneer, juga dokumen-dokumen yang dilampirkan harus sama datanya.

Pada saat menghubungkan ebay ke payoneer, payoneer akan mengambil data profil dari Ebay sehingga data ebay tidak akan bisa dirubah-rubah lagi. Oleh karena itu pastikan anda setting dahulu data profile di ebay sesuai dengan dokumen yang akan dilampirkan. Saran saya gunakan data yang Asli, karena pada saat di payoneer akan diminta data rekening bank sehingga harus benar-benar data pemilik rekening bank. Bisa menggunakan data pribadi atau menggunakan data istri atau saudara namun dengan nama rekening di bank juga harus sama.

2. Menyiapkan Dokumen ID (KTP/SIM/Passport)


Dokumen ini digunakan saat pengisian data di payoneer apabila mendaftar sebagai pengguna baru payoneer. Lampiran ID ini saya upload juga saat payoneer meminta additional address proof atau bukti alamat/domisili. Sebenarnya tidak ada pilihan untuk KTP namun saya coba saja upload KTP dan berhasil.

3. Menyiapkan Kartu Kredit atau Kartu Debit Jenius atau Virtual Credit Card


Memasukan nomor kartu kredit atau debit card visa dilakukan saat pendaftaran ebay managed payment. Saat pendaftaran saya tidak memiliki kartu kredit. Kemudian saya coba membuat kartu debit Jenius. Setelah membuat rekening Jenius secara online, dan mendapatkan E-card Jenius, saya coba masukan data E-card Jenius dan alhamdulillah berhasil.

Selain kartu kredit dan kartu debit Jenius, saya juga mencoba untuk akun ebay lainnya menggunakan VCC atau Virtual Credit Card, saya membelinya dari penjual VCC di Facebook yang sudah lama menjadi langganan saya yaitu Rexa Arta. Saya coba masukan data VCC dan alhamdulillah berhasil juga untuk akun ebay lainnya.

4. Menyiapkan Rekening Bank yang akan dipakai


Rekening bank akan dibutuhkan pada saat pendaftaran di payoneer apabila anda belum memiliki akun payoneer sebelumnya. Rekening bank yang digunakan harus valid dan sesuai dengan data yang digunakan di payoneer saat mendaftar. Rekening bank ini akan diverifikasi oleh payoneer, sehingga harus benar-benar valid.

Fungsi rekening bank di payoneer ini yaitu untuk menarik atau mencairkan uang yang ada di akun payoneer, dan juga untuk backup payment apabila saldo di payoneer anda tidak mencukupi misal untuk membayar fee ebay, atau merefund dana pembeli dan lainnya. Secara umum Bank yang populer di Indonesia sudah terdaftar di payoneer sehingga akan mempermudah anda dalam mendaftarkan rekening bank.

5. Menyiapkan nomor Handphone yang Aktif


Nomor HP yang valid dibutuhkan untuk verifikasi ebay dan juga verifikasi payoneer. Saat mendaftar ebay managed payment, ebay akan mengirimkan OTP atau kode untuk verifikasi ke nomor handphone kita yang ada di ebay. Kemudian saat mendaftar akun baru payoneer juga diminta mengisi nomor handphone dan langsung meminta kode OTP untuk meneruskan proses pendaftaran di payoneer.

Nah itulah 5 hal yang harus seller ebay persiapkan untuk mendaftar ebay managed payment. Apabila telah lengkap persyaratan tadi, langsung saja untuk mendaftar ebay managed payment dan mendaftar akun payoneer.

Sebelumnya coba periksa Dashboard seller anda atau Seller Hub apakah sudah ada infonya di bagian Payment, di sebelah kanan layar. Disana ada menu untuk diklik yaitu Register Ebay managed payment. Klik saja menu itu.

Cara Daftar Ebay Managed Payment dengan Payoneer 100% Berhasil


Kemudian kita dihadapkan pada menu Register dan Watch Video. Kalau anda ingin melihat tutorial mendaftar ebay managed payment melalui video bisa klik menu Watch Video. Namun apabila ingin langsung mendaftar ebay managed payment silahkan klik Register.

Cara Daftar Ebay Managed Payment dengan Payoneer 100% Berhasil


Setelah Klik Register ebay akan meminta kita untuk login akun ebay dengan cara memasukan password akun ebay. Masukan password akun ebay anda. 

Cara Daftar Ebay Managed Payment dengan Payoneer 100% Berhasil



Kemudian tampil informasi Tahapan-tahapan dalam mendaftar Ebay managed payment dari urutan 1 sampai dengan 4, ada 4 tahapan yang harus dilalui untuk mendaftar ebay managed payment menggunakan payoneer. Klik Get Started


Cara Daftar Ebay Managed Payment dengan Payoneer 100% Berhasil

Selanjutnya ada pilihan mengenai pemilihan akun. Apakah akan menggunakan sebagai akun pribadi ataukah mau diubah ke akun company/bisnis. Saya memilih akun pribadi atau individual account. Klik Continue.

Cara Daftar Ebay Managed Payment dengan Payoneer 100% Berhasil

 Kemudian Ebay akan menanyakan apakah anda akan Login ke akun Payoneer (sudah punya akun payoneer) atau membuat baru (Create One). Saya memilih membuat akun baru payoneer karena memang belum memiliki akun payoneer.


Cara Daftar Ebay Managed Payment dengan Payoneer 100% Berhasil

 Isi Form pendaftaran akun baru payoneer, pilih type bisnis anda, apakah Individual ataukah Company/Bisnis ? saya pilih Individual. Kemudian isikan nama lengkap, email, dan tanggal lahir.

 

Cara Daftar Ebay Managed Payment dengan Payoneer 100% Berhasil

Kemudian klik Next

Cara Daftar Ebay Managed Payment dengan Payoneer 100% Berhasil

Masukan data alamat dan nomor handphone yang masih aktif. Payoneer akan mengirimkan Kode ke nomor handphone yang anda isikan di form pendaftaran akun payoneer. Masukan kode yang diterima via SMS ke form yang ada.

Cara Daftar Ebay Managed Payment dengan Payoneer 100% Berhasil


Kemudian isikan username anda, password unik, security question, asal negara, nomor tanda pengenal yang berlaku (KTP/SIM/Passport), Kemudian klik Next.

Cara Daftar Ebay Managed Payment dengan Payoneer 100% Berhasil

Isikan data rekening bank anda yang masih aktif. Rekening bank saya pilih yang personal account. Mata uang dari Rekening bank, Nama bank, Nama pada rekening bank, Nomor rekening, branch code. Untuk brach code bisa anda cari di google atau tanyakan kepada Customer Service bank anda.  Ceklist kedua pilihan persetujuan.




Cara Daftar Ebay Managed Payment dengan Payoneer 100% Berhasil

kemudian akan tampil resume data yang telah diisi, lanjutkan dengan klik Continue.



Cara Daftar Ebay Managed Payment dengan Payoneer 100% Berhasil

Pada tahap ini kita diharuskan memasukan data credit card/kartu jenius/vcc yang anda miliki. Jangan lupa untuk mengisikan nomor kartu, expiration date, security code yang 3 angka, First nama dan last name serta billing address. Sesuaikan dengan data KTP anda. Intinya sesuai data harus sama agar 100% sukses dan berhasil mendatarkan ebay managed payment.

Apakah setelah ini selesai ? ternyata belum. Data-data yang telah diisi saat pendaftaran akun payoneer baru akan diperiksa dan diverifikasi. Apabila ada tambahan data/dokumen yang dibutuhkan payoneer akan mengirim email atau anda bisa login ke akun payoneer dan lihat pada bagian verifikasi.

Pengalaman saya kemarin hanya satu kali diminta untuk mengirim lampiran Additional Address document. Yaitu dokumen yang menunjukan alamat kita dan harus sesuai dengan isian saat membuka akun payoneer yang baru.

Pilihannya ada 3 yaitu billing utility, rent contract dan bank document (buku tabungan). Buku tabungan saya kebetulan hilang, yang ada hanya KTP saja. Saya scan KTP saya dan kemudian saya upload di bagian Bank Document dan alhamdulillah Berhasil diverifikasi.

Setelah sukses di payoneer tahap selanjutnya yaitu menunggu persetujuan dari ebay, dan akhirnya saya mendapat email dari ebay seperti di bawah ini

Cara Daftar Ebay Managed Payment dengan Payoneer 100% Berhasil

Alhamdulillah, akhirnya Ebay sudah menyetujui pendaftaran ebay managed payment dan aktif tanggal 09 Juli 2021. Demikian cara daftar ebay managed payment menggunakan Payoneer terbukti berhasil, yang artinya saya tetap dapat berjualan produk Indonesia di ebay dan ekspor kecil-kecilan ke mancanegara. Semoga pengusaha UKM yang ingin menjual produknya ke luar negeri dapat memanfaatkan peluang berjualan di ebay ini. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.

1 comment for "Cara Daftar Ebay Managed Payment dengan Payoneer 100% Berhasil"

Post a Comment