FIX Cara Mengatasi Video/Image tidak tampil di timeline pinnacle studio

Masdinko.com-Pinnacle studio merupakan salah satu software editing video yang banyak digunakan editor video dalam mengolah video. Software pinnacle studio termasuk software yang berat sehingga membutuhkan spesifikasi komputer yang mumpuni agar berjalan dengan maksimal.

Untuk menggunakan software pinnacle studio anda harus membelinya terlebih dahulu dan kemudian menginstalnya di komputer atau laptop. Cara instal pinnacle studio memang mudah, hanya mengikuti petunjuk instal di layar maka software sudah bisa terpasang.

Salah satu kendala atau masalah yang sering dialami yaitu setelah software pinnacle terpasang di komputer. Salah satu elemen dari menu pinnacle studio di layar yaitu jendela Timeline pinnacle studio tidak bisa menampilkan video atau image yang sedang diedit.

Video tidak tampil di timeline pinnacle studio saya alami saat menginstal software pinnacle studio milik salah satu konsumen. Padahal sebelum komputernya diinstal ulang, timeline pinnacle studio tampil dengan normal.

FIX Cara Mengatasi Video/Image tidak tampil di timeline pinnacle studio

Kemudian saya coba memeriksanya, dan akhirnya saya temukan penyebab video tidak tampil di timeline pinnacle studio. Penyebab video tidak tampil di timeline pinnacle studio yaitu akibat software DirextX yang yang tidak sesuai versinya sehingga harus diupdate directx nya.

Lalu apa Directx itu ? DirectX merupakan software antarmuka yang berfungsi sebagai perantara hardware dengan sistem operasi, jadi apabila directx dipasang maka kinerja hardware dapat lebih optimal digunakan khususnya untuk bermain games dan penggunaan lainnya seperti editing video.

DirectX dirilis oleh pembuat sistem operasi Windows yaitu Microsoft. Sejak dari sistem operasi Windows 95 sampai dengan versi terbaru Windows 10 telah dirilis berbagai versi DirectX, namun untuk pengguna windows XP hanya bisa menggunakan directX sampai versi 9 saja.

Untuk mengatasi video tidak muncul pada timeline pinnacle studio yaitu dengan mendownload dan menginstall software directx pada komputer/laptop anda dengan caranya sebagai berikut :

  1. Lihat dulu sistem operasi komputer anda dan ketahui dulu versi windows yang terpasang pada komputer misal Windows 7, Windows 8 atau Windows 10

  2. Kemudian klik link di bawah, directx yang saya instal yaitu versi 9.29.1974.1 Juni 2010. Untuk versi yang terbaru biasanya sudah integrated dengan windows10 update.  

    https://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=8109

  3. Pilih bahasa English kemudian klik download.

  4. Kemudian klik file yang telah didownload tadi dan ikuti petunjuk di layar sampai selesai.

  5. Kemudian restart komputer/laptop anda

Nah coba anda buka lagi software pinnacle studio kemudian coba satu video dibuka/diedit, dan lihat video sudah tampil di layar timeline pinnacle studio anda. Sekarang anda bisa melanjutkan kembali editing video di pinnacle studio.

Demikian cara menampilkan video/image tidak tampil di timeline pinnacle studio. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.      

Post a Comment for "FIX Cara Mengatasi Video/Image tidak tampil di timeline pinnacle studio "