9 Pilihan Hadiah Ulang Tahun Buat Anak Umur 3 Tahun

Masdinko.com-Anda ingin membelikan kado ulang tahun anak balita anda yang berumur 3 tahun ? atau ingin membelikan hadiah ulang tahun buat keponakan atau anak dari saudara dan teman anda ?    

Seringkali kita merasa bingung saat akan membelikan hadiah ulang tahun untuk balita usia 3 tahunan, untuk anak sendiri ataupun anak dari kerabat dan teman. Hadirnya beragam produk untuk balita 3 tahun membuat pilihan semakin banyak apalagi kita tidak mengetahui persis apa yang disukai oleh anak balita tersebut.

Selain berdasarkan kesukaannya, memberi hadiah ulang tahun balita 3 tahun harus mempertimbangkan manfaat dari hadiah tersebut bagi tumbuh kembang anak. Pada usia balita 3 tahun, umumnya kemampuan bersosial anak sudah muncul. Anak terlihat mulai senang bermain, bergaul dan menunjukan keinginan terhadap suatu benda atau barang.   

Usia 3 tahun balita mulai mengembangkan kemampuan kognitif dan motorik. Balita 3 tahun sudah mulai bisa memahami yang ada di sekitarnya, merasakan kasih sayang orang tua dan orang dekat, rasa ingin tahu yang besar, keinginan untuk bertindak sendiri dan keinginan untuk bersosial dengan teman-temannya. Pada masa inilah karakter balita mulai terlihat, apakah karakter pemalu, aktif, pasif, pemberani dan lainnya.

9 Pilihan Hadiah Ulang Tahun Buat Anak Umur 3 Tahun

Kemampuan kognitif mulai terlihat dengan semakin banyak perbendaharaan kata yang bisa diucapkan oleh balita dan juga mulai bisa merespon apabila ditanya oleh orang lain. Kemampuan motorik juga terlihat lebih jelas, seringnya beraktivitas seperti berlari, mengayuh sepeda, melompat, dan lainnya.

Namun meskipun sudah mengetahui perkembangan balita 3 tahun, membelikan hadiah ulang tahun balita 3 tahun bukan hal yang mudah juga. Ada beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan sebelum memilih hadiah balita 3 tahun.

Berikut tips memilih hadiah balita 3 tahun yang bisa anda jadikan panduan memilih hadiah ulang tahun balita 3 tahun.

  1. Memilihkan mainan yang mendukung perkembangan motorik balita 3 tahun yang berkaitan dengan aktivitas fisik.
  2. Memilihkan mainan yang mendukung perkembangan kognitif terutama kemampuan berbahasa, berhitung, dan mengelompokan benda.
  3. Memilihkan hadiah ulang tahun yang merangsang imajinasi, kemandirian dan mengatur sesuatu.
  4. Memilihkan mainan yang bisa dimainkan secara bersama-sama dengan temannya, untuk meningkatkan kemampuan sosialnya.
  5. Memilihkan mainan yang tidak mengandung bahan berbahaya
  6. Memilihkan mainan yang berukuran besar, apabila mainan berukuran kecil beresiko tertelan
  7. Memilihkan mainan yang mudah dicuci agar selalu bersih


Selanjutnya, setelah mengetahui tips memilih hadiah ulang tahun untuk balita 3 tahun, yaitu memilih mainan atau hadiah untuk balita 3 tahun. Beberapa produk mainan berikut ini bisa menjadi pilihan anda memberikan hadiah ultah untuk balita 3 tahun.

1. Mainan Sepeda mini roda 3


Mainan mengayuh atau didorong seperti sepeda roda 3 ataupun mainan mengayuh lainnya dengan berbagai variasi bentuk seperti bentuk mobil maupun ATV, bisa menjadi pilihan orang tua untuk balita 3 tahun.

Mainan untuk aktivitas di luar ini sangat baik untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, namun minim resiko karena menggunakan roda 3. Meskipun begitu tetap dibutuhkan pengawasan orang tua saat anak bermain dengan mainan ini, dan sebaiknya dimainkan di tempat terbuka seperti taman, dimana tidak ada pengguna jalan lainnya.

Tips memilih mainan sepeda roda 3 yaitu pilihkan ukuran sepeda yang sesuai dengan tubuh anak, agar anak bisa memainkannya. Pilih mainan sepeda yang memiliki bahan baik, kuat dan dilengkapi roda tambahan agar anak bisa memainkannya.

Jenis mainan lainnya bisa berupa mainan kereta belanja atau mainan troli dan mainan mobil-mobilan plastik.

2. Mainan susun dan rangkai


Balita 3 tahun juga perlu untuk dikembangkan kemampuan motorik halusnya, seperti kemampuan merangkai mainan, mengurutkan benda, mewarnai gambar, dan lainnya.

Pilihkan mainan yang berukuran besar untuk menghindari resiko tertelan oleh anak. Mainan susun dan rangkai akan melatih imajinasi anak balita 3 tahun untuk menghasilkan bentuk baru, mengembangkan konsep ruang dan jarak, serta melatih kesabaran anak.

Beberapa contoh mainan susun rangkai atau bongkar pasang yaitu Lego yang berukuran besar atau lego Duplo yang aman bagi anak balita 3 tahun.

3. Permainan Peran


Permainan peran atau karakter berperan dalam mengembangkan imajinasi dan kreativitas anak 3 tahun. Anak bisa berperan sebagai polisi, dokter, dan profesi lainnya.

Mainan seperti permainan dokter dilengkapi dengan peralatan dokter mainan dan si kecil bisa menggunakan peralatan tersebut seolah-seolah sebagai seorang dokter. Dengan mengajak temannya atau saudaranya, si kecil juga dapat mengasah kemampuan dalam berkomunikasi dan bersosial dengan teman bermain.

Bagi anak laki-laki bisa berupa mainan untuk peran konstruksi bangunan, namun pilihkan yang sederhana dan mainan berukuran besar agar terhindar dari resiko tertelan.

4. Mainan rumah-rumahan


Mainan rumah-rumahan sudah biasa dimainkan oleh anak berumur 3 tahun sejak dahulu. Permainan ini akan mengembangkan imajinasi dan kreativitas anak. Mainannya biasa berbentuk peralatan dan perlengkapan yang ada di sekitar rumah, sehingga lebih familiar.

Permainan rumah-rumahan memang lebih dominan dimainkan oleh anak perempuan, namun tidak menutup kemungkinan anak laki-laki juga bisa bergabung dan bermain bersama, tentunya dengan peran yang sesuai dengannya.

5. Baju Custom


Selain mainan yang terbuat dari plastik, hadiah buat anak 3 tahun juga bisa berupa baju custom profesi ataupun karakter komik dan kartun. Baju custom seperti baju polisi, baju tentara, baju dokter atau bahkan baju super hero seperti baju superman, batman dan lainnya bisa menjadi hadiah ulang tahun menarik untuk anak 3 tahun.

Baju custom mainan ini biasanya dimainkan secara bersama dengan teman main, sehingga akan melatih dan mengembangkan kemampuan anak dalam berkomunikasi dan bersosial dengan temannya.

6. Mainan Alat musik


Anak umur 3 tahun anda suka menyanyi atau menari ? anak 3 tahun yang senang menyanyi dan menari pasti senang kalau diberi hadiah ulang tahun alat musik mainan. Alat musik mainan akan membuat si kecil lebih bersemangat dalam menyanyi dan menari, sekaligus juga dapat melatih kreativitas dan kemampuan memainkan alat musik.

Mainan alat musik bisa berupa piano/organ mini, drum mainan, atau alat musik pukul mainan seperti kolintang. Suara dan nada yang didengar akan meningkatkan kreativitas dan lebih mengkplorasi jiwa seni anak, bahkan bisa jadi anak anda berbakat dalam memainkan alat musik.

7. Permainan outdoor


Anak 3 tahun juga membutuhkan aktivitas bermain di luar rumah. Bermain tidak hanya dilakukan di dalam rumah, anak 3 tahun juga membutuhkan suasana lain dalam bermain.

Namun perlu diingat oleh orang tua untuk menemani anak apabila bermain di luar rumah, untuk mencegah resiko yang bisa terjadi pada anak. Mainan outdoor yang bisa dipilih yaitu 1 set permainan sepakbola atau bola basket lengkap dengan tiang bola basket ukuran mini ataupun kolam renang mini dari karet.

8. Buku mewarnai


Anak 3 tahun anda senang dengan media buku ? Buku mewarnai untuk anak bisa menjadi pilihan anda untuk hadiah ulang tahun anak 3 tahun. Mewarnai objek gambar dalam buku menggunakan pensil warna ataupun crayon akan menyenangkan bagi sang anak.

Namun orang tua juga perlu mengawasi saat anak bermain karena pensil warna yang tajam serta crayon yang berwarna warni yang rentan untuk ditelan.

9. Mainan origami untuk anak 3 tahun


Mainan origami atau seni melipat kertas tidak hanya dimainkan oleh anak yang sudah besar, anak 3 tahun juga bisa bermain origami namun dengan kertas origami yang lebih besar. Warna warni kertas origami akan merangsang kreativitas anak dalam bermain.

Itulah beberapa contoh hadiah ulang tahun anak 3 tahun yang bisa anda berikan kepada si kecil. Yang terpenting dari hadiah ulang tahun bukan berada pada barangnya namun hal yang terpenting yaitu orang tua selalu dekat dan mengawasi apa yang dilakukan oleh sang anak.

Mendampingi anak 3 tahun dalam aktivitas bermain merupakan momen yang sangat berharga karena akan lebih merekatkan kasih sayang anak dan orang tua. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.       

Post a Comment for "9 Pilihan Hadiah Ulang Tahun Buat Anak Umur 3 Tahun "