10 Usaha Kecil Dilakukan di rumah saja Modal hanya Lima Ratus ribu Rupiah

Masdinko.com-Kehidupan ekonomi sebagian besar masyarakat saat pandemi covid-19 memang terasa sulit. Para karyawan pabrik yang sebelumnya bekerja, mengalami pemberhentian hubungan kerja (PHK) karena produksi dan omset perusahaan menurun. Pada sektor informal lainnya juga seperti jasa transportasi, pelaku usaha bidang pariwisata, dan para pemilik rumah makan mengalami penurunan omset sehingga memberhentikan sebagian karyawannya.

Bagi yang mengalami PHK tentu harus tetap berjuang untuk kelangsungan hidupnya dan keluarganya. Mereka tetap ikhtiar mencari solusi dengan mencari lowongan kerja di perusahaan lain dan membuka usaha sendiri.

Membuka usaha sendiri memang tidak mudah namun apabila ditekuni usaha sendiri dapat berkembang dan bahkan membuka lowongan pekerjaan bagi orang lain. Untuk memilih usaha apa yang akan dipilih pada masa pandemi covid-19, perlu dipertimbangkan mengenai prospek serta modal yang dibutuhkan.

Membuka bisnis baru seringkali terjebak pada butuhnya modal yang besar, namun di lapangan kita dapat melihat ada beberapa usaha yang ternyata tidak membutuhkan modal terlalu besar.

Katakanlah anda sudah memiliki modal sendiri sebesar Rp. 500.000 (lima ratus ribu rupiah), dan kalau bisa modal ini uang anda sendiri bukan uang pinjaman dari bank, karena akan membebani usaha dengan adanya bunga bank dan biaya admin lainnya.

10 Usaha Kecil Dilakukan di rumah saja Modal Lima Ratus ribu Rupiah Saja

Lalu bisnis atau usaha apa bagi pemula yang dapat dipilih dengan modal lima ratus ribu rupiah namun memiliki prospek bagus dan perputaran yang cepat.

Melihat usaha-usaha yang sudah berjalan di masyarakat, beberapa bisnis atau usaha di bawah ini dapat menjadi pilihan anda membuka usaha. Perlu diingat juga membuka bisnis baru pada awalnya pasti banyak tantangan dan hambatan, namun dengan iringan doa dan kerja keras, insyaa Allah usaha akan berkembang dan maju.

Berikut contoh 10 Usaha Kecil yang Dilakukan di rumah saja dengan Modal hanya Lima Ratus ribu Rupiah Saja  

1. Berjualan pulsa dan kuota internet


Hari begini siapa sih yang tidak butuh pulsa handphone ? kita lihat di sekeliling dari mulai pedagang, tukang bangunan, dan lainnya sudah familiar menggunakan telepon seluler, bahkan ada juga yang menggunakan smartphone karena menggunakan whatsapp (WA) untuk berkomunikasi.

Meskipun sudah banyak yang berjualan pulsa sampai minimarket pun berjualan pulsa, namun potensi berjualan pulsa handphone dan kuota internet masih tetap terbuka lebar karena luasnya pasar. Peralatan yang harus dimiliki yaitu telepon seluler dan nomor seluler.

Apabila sudah memiliki handphone dan nomor seluler, anda tinggal mendaftar ke agen pulsa yang terpercaya. Untuk mencari agen pulsa ini bisa ke counter besar yang ada di kota anda maupun mencarinya di internet atau bermitra dengan tokopedia atau bukalapak.

Menjual pulsa dan kuota internet tidak harus seperti counter yang besar yang pastinya butuh modal besar, anda bisa berjualan pulsa di rumah sendiri dengan target pembeli orang terdekat seperti keluarga, tetanggga, teman dari keluarga, atau pasang saja tulisan Jual Pulsa dan Kuota internet di depan rumah anda, untuk promosi ke tetangga atau orang yang lewat.

Keuntungan per transaksi dari berjualan pulsa memang relatif kecil berkisar rp. 1000 sampai rp. 1500, namun apabila jumlah transaksi sudah banyak, misalkan saja sehari transaksi 20 transaksi maka keuntungan bersih sekitar 20.00-30.000.

Namun harus diingat agar anda sukses berjualan pulsa, maka harus mengatur kas secara ketat. Artinya uang modal untuk membeli saldo jangan sampai terpakai hal lain dan juga usahakan penjualan pulsa secara cash. Kalau ada piutang karena pembeli belum bayar akan mengganggu pada perputaran modal bisnis pulsa anda.

2. Jualan Cemilan sosis, nuget, rujak cireng             


Usaha ini cocok buat ibu-ibu yang pastinya sudah memiliki alat penggorengan di rumahnya seperti kompor gas, tabung gas, wajan/kuali dan lainnya. Makanan cemilan yang digoreng banyak diminati oleh anak-anak bahkan tidak jarang orang dewasa juga menyukainya.

Saya ambil contoh, tetangga saya yang berjualan jalakotek, cireng dan cemilan lainnya dengan digoreng. Hampir setiap hari dipenuhi oleh pembeli, tidak hanya anak-anak bahkan orang dewasa dari berbagai profesi juga ada.

Membuka usaha ini bisa di depan rumah sendiri supaya tidak keluar biaya sewa kios. Dengan uang 500 ribu bisa berbelanja bahan-bahan dari cemilan, bumbu, bahan bakar gas 3kg dan minyak goreng. Untuk cemilan biasanya sudah berbentuk jadi, tinggal membeli bumbu rasa saja seperti bumbu asin, merica bubuk, dan lainnya.

Untuk rujak cireng dibuat dengan bahan utama aci lalu dibuat sendiri, bentuknya biasanya bulat, kemudian baru membuat kuah rujak cirengnya. Apabila sudah punya resep membuat kuah rujak cirengnya, ini yang menjadi daya tarik bagi pembeli untuk datang lagi. Jadi pastikan kuah rujak cireng nya sesuai dengan selera pembeli.

3. Bergabung dengan usaha direct selling


Produk direct selling biasanya dijual secara jaringan melalui jaringan para anggotanya. Untuk masuk ke dalam jaringan biasanya ada biaya pendaftaran untuk mendapatkan starter kit membernya. Starter kit berupa pedoman berbisnis, buku katalog dan kartu member.

Secara sederhana kita menjual produk direct selling dengan harga member dan kita jual kepada non-member (bukan member) dengan harga non-member. Harga non-member berbeda dengan harga member sehingga ada selisih dan itulah yang menjadi profit kita.

Salah satu bisnis direct selling yang sudah lama berdiri dan produknya sudah dikenal yaitu bisnis HNI HPAI. HNI HPAI merupakan perusahaan direct selling syariah yang menyediakan berbagai produk herbal, kecantikan, dan produk konsumsi rumah tangga seperti sabun, pasta gigi, detergen dan lainnya.

Apabila anda memiliki modal lima ratus ribu rupiah, cara menjadi member HNI HPAI membayar Rp. 30.000, maka anda sudah bisa berjualan menggunakan buku katalog produk, dan juga soft file berupa file PDF supaya bisa promosi melalui online.

Uang sisa Rp. 470.000 bisa anda gunakan untuk membeli produk ke stokis HNI HPAI apabila ada yang membeli produk yang anda tawarkan. Profit dari berbagai produk HNI HPAI beragam, dari margin profit 6% sampai dengan 30%. Yang harus dilakukan sebagai marketer produk HNI HPAI yaitu promosi yang gencar dengan memakai metode cerita.

Banyak pengguna produk HNI HPAI yang mendapatkan solusi atas permasalahan kesehatan yang dialami, dari penyakit ringan sampai berat. Dengan metode cerita dan testimoni dari pengguna yang telah mendapatkan manfaat dari produk HNI HPAI, akan lebih mudah dalam meraih pembeli.

Banyak permasalahan kesehatan yang dialami masyarakat yang mungkin tidak mau berobat secara medis ataupun karena harga layanan medis yang tidak terjangkau sehingga mencari alternatif melalui herbal. Disitulah potensi dari produk herbal HNI HPAI untuk menjadi solusi bagi permasalahan kesehatan yang dialami.

4. Jual Barang Custom menggunakan POD


Print On Demand (POD) di Indonesia baru-baru ini menjadi usaha tren di Indonesia. Apabila melihat di facebook ads, banyak vendor POD yang menawarkan jasa untuk menjadi partner dalam mencetak/print produk custom seperti kaos custom, hoodie custom, mug, totebag, dan lainnya.

Usaha menjadi partner POD di Indonesia dan menjual barang custom cocok bagi anda yang memiliki minat dan keterampilan dalam bidang desain. Apabila anda memiliki koleksi desain untuk kaos yang menarik, anda bisa membuat template atau mockup kaos dengan desain buatan anda.

Kemudian mockup atau template kaos dengan desain, anda iklankan di media sosial anda. Apabila ada yang berminat dan membeli kaos dengan desain anda, anda tinggal melakukan order pada POD yang anda tentukan. Kirimkan file desain anda dan mereka yang akan memproduksi, mempacking dan mengirimkan kaos kepada pembeli.

Peralatan yang harus sebelumnya anda miliki yaitu laptop atau komputer, koneksi internet untuk mengirimkan desain kepada POD, akun media sosial untuk promosi dan iklan produk custom anda.

Hal penting yang harus diperhatikan yaitu memilih POD yang tepat untuk produk anda. Mesin digital printing yang digunakan, kualitas hasil cetakan, kualitas kaos atau media untuk desain anda, lamanya proses produksi, durasi pengiriman sampai ke pembeli.

Untuk menilai POD yang mumpuni sebaiknya anda hubungi customer servicenya dan apabila dinilai bagus, coba untuk memesan 1 produk sample sehingga akan terlihat kualitas dan layanan dari POD tersebut.

5. Menjadi Blogger dan Youtuber


Menghasilkan uang dari blog dan youtube bukan hal yang mustahil saat ini. Banyak dari blogger dan youtuber yang sudah menghasilkan uang jutaan bahkan sampai ratusan juta tiap bulannya. Namun tentu saja untuk menghasilkan seperti itu banyak usaha dan kerja keras yang dilakukan.

Bagi yang ingin memulai menjadi blogger dan youtuber pemula ada satu hal penting yang harus dipahami yaitu untuk selalu mematuhi semua peraturan dan kebijakan dari google sebagai pemilik dari program google adsense.

Peraturan google diantaranya mengenai konten blog atau youtube tidak boleh copy paste, cara mendapatkan trafik/pengunjung, tindakan tidak fair seperti berkongsi untuk mengklik iklan sendiri dan lainnya.

Tindakan yang tidak mematuhi peraturan dari google tentunya akan merugikan google dan diri sendiri karena akan mengakibatkan akun google adsense dibanned dan anda tidak bisa mendapatkan uan lagi dari blog atau youtube.

Lalu apakah dengan modal uang 500 ribu dapat menjalankan bisnis sebagai blogger atau youtuber ? untuk peralatan sebaiknya kita sudah memilikinya terlebih dahulu, sehingga modal 500 ribu dipergunakan untuk optimalisasi blog dan youtube.

Yang ingin bermain blog sebaiknya menggunakan domain sendiri, untuk mendapatkannya bisa dengan membeli di penyedia domain. Biaya domain berkisar Rp. 125 rb an per tahun dan diperpanjang minimal per tahun. Dari sisa dana tersebut bisa anda gunakan untuk membeli template blog dan sisanya untuk operasional (kuota internet) untuk membuat konten artikel blog.

Membuat akun di google itu gratis, hanya berbekal data dan nomor handphone untuk verifikasi anda sudah mendapatkan akun google. Untuk menjadi youtuber pemula, karena kontennya berbentuk video maka diperlukan peralatan kamera, bisa berupa kamera digital maupun smartphone dengan kualitas yang baik.

Untuk memproses video juga diperlukan aplikasi atau software. Pengeditan bisa dilakukan melalui laptop, komputer ataupun smartphone. Apabila telah memiliki alat-alat tersebut maka anda bisa memulai menjadi seorang youtuber.

Yang menjadi tantangan bagi seorang youtuber pemula yaitu mencari konten yang sekiranya menarik minat orang untuk menonton dan berlangganan (subscribe) channel kita. Sebaiknya konten youtube berisi hal yang kita senangi atau hobi yang rutin kita lakukan seperti hobi menanam bunga dan tanaman, tips memelihara ikan cupang dan lainnya.  

Belajar seluk beluk youtuber bisa dengan melihat tutorial dari youtuber senior lainnya. Banyak youtuber senior yang kontennya berisikan tips dan trik menghasilkan uang dari youtube dengan berbagai tips dan caranya, pelajari sampai khatam di luar kepala lalu ikuti dan modifikasi caranya.

6. Menjadi Dropshiper Makelar Online


Menjadi dropshiper online hampir mirip dengan poin nomor 4 di atas, namun bedanya menjadi dropshiper tidak perlu keahlian desain. Dropshiper secara sederhana bisa kita sebut makelar, menjual barang orang lain namun namun pengiriman atas nama dropshiper.

Untuk menjadi dropshiper harus ada kesepakatan dengan penjual, yaitu penjual memang membuka layanan dropship untuk produknya. Karena saat terjadi penjualan oleh dropshiper, identitas pengirim ditulis atas nama dropshiper. Penjual juga akan mengijinkan dropshiper untuk menggunakan foto produknya untuk mencari pembeli.

Banyak seller menerima layanan dropship karena dapat meningkatkan penjualan produknya. para dropshiper juga terbantu karena produk tidak harus dikirim dulu ke alamat dropship melainkan dikirim langsung ke pembeli. Artinya menghemat waktu dan juga biaya ongkos kirim.

Hal yang harus dilakukan dropshiper yaitu promosi secara gencar di bisa melalui toko onlinenya di marketplace, maupun melalui akun media sosialnya agar dapat menjaring pembeli. Semakin banyak pembeli maka profit yang didapatkan semakin banyak.

Peralatan yang dibutuhkan untuk menjadi dropshiper yaitu handphone, lebih baik apabila menggunakan smart phone agar lebih mudah promo secara online. Uang modal 500 ribu digunakan membeli smartphone yang seken/bekas dan biaya kuota.

Untuk membeli barang dari penjual/suplier biasanya menggunakan uang dari pembeli. Namun apabila pembeli menginginkan transaksi ada barang ada uang, maka dropshiper harus siap buat nalangin dulu biaya pembelian barang ke penjual atau suplier.

Lalu dimanakah mencari penjual yang menyediakan layanan dropship? Banyak penjual menawarkan layanan dropship di berbagai grup di facebook namun kita harus hati-hati supaya terhindar dari penipuan oknum penjual. Untuk lebih amannya pilihlah penjual yang juga menyediakan layanan COD, artinya membayar saat barang sampai ke pembeli atau dengan mencari penjualnya di marketplace lokal seperti tokopedia, bukalapakm shopee dan lainnya.

7. Berjualan makanan di pagi hari


Pada saat pagi hari seringkali orang-orang mencari makanan untuk sarapan. Mereka mencari sarapan pagi keluar karena pagi hari sering repot dengan aktivitas bersiap berangkat kerja, belum ada bahan untuk dimasak, atau terlalu repot karena si kecil sudah minta makan.

Ini peluang bagus bagi anda yang memiliki keahlian memasak. Anda bisa berjualan makanan khusus untuk pagi hari saja. Berjualan makanan di pagi hari bisa dilakukan di depan rumah atau mencari tempat yang potensial di pinggir jalan.

Makanan yang biasanya dikonsumsi pada pagi hari yaitu bubur ayam, nasi kuning, nasi uduk, soto ayam, lontong sayur, berbagai gorengan dan lainnya. Dengan modal uang 500 ribu bisa digunakan untuk membeli bahan-bahan masakan. Untuk peralatan masak gunakan saja yang ada dulu.

Awal berjualan tidak harus langsung banyak karena usaha masih baru, setelah berjalan beberapa lama dan usaha anda sudah dikenal oleh para tetangga baru memikirkan untuk menambah porsi dan juga menu makanan.

8. Berjualan minuman dingin


Berjualan minuman dingin baik yang dibuat sendiri maupun minuman yang sudah ada kemasan juga bisa anda tekuni. Dengan modal 500 ribu memang tidak akan cukup membeli kulkas atau showcase, namun anda bisa membeli gabus yang diisi dengan es batu sehingga minuman tetap dingin.

Apabila sudah memiliki modal berlebih anda bisa mengembangkan usaha dengan menjadi waralaba merk minuman yang sudah populer ataupun dengan menyediakan minuman yang instan seperti popice, nutrisari dan lainnya dengan membeli alat blender.

9. Pengrajin dari barang bekas


Apabila anda sosok yang senang dengan seni dan kreatif mengolah barang bekas menjadi produk yang estetik dan menarik, modal 500 ribu bisa anda gunakan menjadi pengrajin dari barang bekas.

Mengolah barang bekas dengan ide yang kreatif akan menaikan nilai dari produk tersebut. Sekalipun terbuat dari barang bekas namun apabila diolah dengan kreatif dan hasilnya bagus serta menarik maka akan menaikan nilai jual produk.

Modal dana lima ratus ribu bisa digunakan untuk membeli barang bekas di penampung barang bekas atau kalau bisa anda mencari sendiri dengan mendatangi orang yang memiliki barang bekas, syukur-syukur diberi secara gratis tanpa harus membeli.

10. Penulis Freelance


Anda memiliki kemampuan menulis yang baik namun tidak mampu membuat blog sendiri ? anda bisa salurkan kebisaan anda menulis tanpa harus membuat blog dengan menjadi penulis lepas atau penulis freelance pada beberapa website yang menerima tulisan dari luar.

Beberapa blog atau portal informasi menyediakan ruang bagi penulis lepas untuk mengisi konten di webnya. Imbalan dari tulisan yang dimuat yaitu berupa uang dengan nilai yang berbeda-beda tiap webnya.

Anda akan dibayar apabila artikel yang anda tulis di muat di website tersebut. Untuk menjadikan artikel anda dimuat di website tersebut kualitas artikel menjadi penentu diterima tidaknya tulisan.

Pemilihan kata dan penyusunan kalimat yang efektif menjadi salah satu kunci keberhasilan tulisan anda diterima oleh website tersebut. Beberapa website yang terbukti membayar tulisan penulis lepas diantaranya :

jalantikus.com
idntimes.com
brilio.net
uc news
mojok.co
babe.news
mojok.co
dan lainnya.

Ketentuan dan besaran honor dari website tersbut bervariasi. Untuk info lengkapnya bisa baca ketentuan dan kebijakan dari masing-masing website yang membayar penulis lepas tersebut.

Nah itulah beberapa usaha yang bisa anda mulai dengan modal uang lima ratus ribu rupiah. Usaha-usaha tersebut bergantung pada cara anda mengelola usaha tersebut dengan benar sehingga dapat sukses dan menghasilkan keuntungan yang berlipat. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing              

Post a Comment for "10 Usaha Kecil Dilakukan di rumah saja Modal hanya Lima Ratus ribu Rupiah"