Cara Periksa Suhu Temperatur Komputer dan Solusi Atasi Overheat Komputer

Masdinko.com-Apakah anda pernah mengalami komputer atau laptop mati mendadak saat digunakan ? padahal sebelumnya masih dalam kondisi normal-normal saja. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab komputer mati mendadak, namun pada posting kali ini akan membahas komputer atau laptop mati mendadak karena suhu terlalu panas saja.

Seperti halnya perangkat elektronik lainnya, temperatur atau suhu komputer yang tidak tepat akan mengganggu kinerja dan bahkan mengurangi usia pakai komputer apabila dibiarkan terus menerus.

Pada komputer yang terdiri dari hardware dan software, ada bagian yang harus selalu kita cek secara rutin yang berkaitan dengan pengaturan temperatur pada komputer atau laptop. Hardware tersebut yaitu kipas procesor, komponen heatsink dan prosesor.

Prosesor akan berjalan dengan stabil apabila supporting dari heatsink dan kipas berlangsung stabil yaitu fungsi pendinginan berjalan sempurna. Apabila terganggu fungsi dalam mendinginkan suhu, maka kinerja prosesor akan menurun dan bahkan berhenti karena saat suhu sudah mencapai batas yang ditetapkan manufaktur maka sistem secara otomatis mematikan perangkat komputer atau laptop, untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

Cara Periksa Suhu Temperatur Komputer dan Solusi Atasi Overheat Komputer

Sebagai pengguna komputer atau laptop yang harus rutin dilakukan yaitu memeriksa suhu komputer atau laptop. Lalu bagaimana cara mengetahui suhu komputer ideal atau tidak, tentunya kita memerlukan bantuan dari aplikasi/software untuk mengecek suhu.

Pada sistem operasi windows, tidak ada aplikasi atau software untuk mengecek temperatur komputer sehingga harus mendownload software di luar windows.
Salah satu software gratis untuk cek temperatus komputer gratis yaitu Core Temp. Download aplikasi software Core Temp melalui link ini.

Cara instal Software Core Temp


Setelah anda download software core temp, kemudian klik Next. Pada saat tampilan layar ini, Uncheck atau hilangkan ceklist pada opsi yang dilingkari. Opsi itu artinya anda juga mengijinkan installer menginstal game tersebut di komputer. 

Cara Periksa Suhu Temperatur Komputer dan Solusi Atasi Overheat Komputer

Setelah selesai poses instal Core Temp, maka tampilannya seperti di bawah ini.  Ada informasi tentang merk prosesor, soket procesor, frekwensi, menu untuk update BIOS dan lainnya.

Bagian yang diamati berkaitan dengan suhu komputer yaitu temperatus prosesor yaitu pada bagian Core #0. Tampilan bisa berbeda tergantung dengan spesifikasi prosesor anda, yang tampilan saya ini komputernya masih jadul jadi tampilannya sederhana hehe.

Lalu berapa nilai suhu ideal komputer atau laptop atau temperatur yang aman untuk komputer atau laptop ? Berdasarkan informasi dari PC World, informasi suhu atau temperatur komputer atau laptop dan dampaknya.

Cara Periksa Suhu Temperatur Komputer dan Solusi Atasi Overheat Komputer


Suhu komputer di bawah 60 derajat celcius menandakan komputer Aman dan sehat

Suhu 60-70 derajat celcius menandakan komputer masih aman namun akan terasa hangat apabila diraba.

Suhu 70-80 derajat celcius, untuk range ini apabila kita tidak melakukan overclock procesor atau tidak merubah setingan default bios, anda harus waspada dan langsung mencari tahu apa penyebabnya, bisa karena kipas terhambat debu, lubang udara terhalang kotoran dan lainnya.

Suhu 80-90 derajat celcius, suhu komputer terlalu panas, apabila anda melakukan overclock pun suhu ini terlalu panas. Harus investigasi penyebabnya agar komputer tidak over temperatur nya.

Suhu Lebih dari 90 derajat celcius, matikan segera komputer anda dan investigasi penyebabnya. Apabila dibiarkan bisa mengakibatkan kerusakan pada sparepart komputer.

Temperatur komputer harus kita lihat juga konstan/tetap tidaknya, ada beberapa instruksi dari sistem operasi atau adanya kerja dari hardware membuat temperatur komputer naik dan turun.

Yang perlu diwaspadai yaitu apabila temperatur komputer konstan misal 5 menit pada suhu tinggi, ini yang harus dicai penyebabnya, karena apabila dibiarkan komputer akan overheat dan sistem akan otomatis shutdown komputer.

Setelah mengetahui nilai suhu temperatur komputer, kemudian mencari tahu penyebab tingginya temperatur komputer dan juga solusi untuk menurunkan suhu komputer/laptop tersebut.

Penyebab komputer/laptop naik suhunya


1. Debu

Ya debu memang tidak kasat mata dan seringkali kita tidak memperhatikannya. Komputer yang jarang dibersihkan secara rutin, lama-lama akan menumpuk debu. Debu ini selalu ada meskipun pada ruangan yang ber-AC sekalipun.

Debu yang dibiarkan lama-lama akan menumpuk dan menghambat kipas prosesor dalam menjalankan fungsinya. Apabila dalam kondisi normal putaran kipas berjalan cepat, pada saat debu sudah tebal menempel pada bagian kipas maka laju kipas akan berkurang sehingga pendinginan procesor juga terhambat, akibatnya suhu prosesor akan naik.

Tindakan membersihkan debu pada kipas procesor memang harus dilakukan. Namun perlu diingat mengenai garansi perangkat komputer anda. Membuka komputer atau laptop akan membuat garansi gugur, terutama untuk laptop. hendaknya berkonsultasi dahulu dengan penjual laptop anda.

Namun apabila sudah habis masa garansinya anda bisa membuka sendiri ataupun mempercayakan pada service centre laptop anda. Beberapa cara untuk membersihkan debu dari kipas procesor komputer yaitu menggunakan kuas yang bebas elektrik statis, semprotan udara dan lainnya.

2. Thermal Paste Sudah kering

Pada komputer desktop penggunaan thermal paste masih digunakan. Thermal paste yang berteksur padat agak kental dioleskan di atas CPU (Procesor). Thermal paste berfungsi membantu transfer panas antara cpu dan heatsink berjalan baik.

Thermal paste yang sudah digunakan lama, biasanya kering atau menipis sehingga perannya dalam mentransfer panas kurang optimal. Untuk komputer bisa diperiksa dengan membuka heatsink dan lihat kondisi dari thermal paste.

Apabila thermal paste sudah kering atau tidak ada, anda bisa membeli dan menambahkan thermal paste di atas CPU. Buka heatsink kemudian oleskan thermal paste di atas CPU.

3. Putaran kipas tidak optimal

Apabila komputer atau laptop anda sudah digunakan sejak lama, kinerja bagian-bagiannya bisa jadi ada yang berkurang. Salah satunya yaitu kinerja kipas pendingin CPU.

Putaran kipas pendingin cpu yang berkurang, mengakibatkan naiknya suhu temperatur pada cpu. Pada laptop, ada solusi praktis tanpa harus membuka laptop. Namun solusi ini bersifat jangka pendek saja, yaitu dengan menambahkan accesories cooling pad.

Cooling pad yaitu accesories tambahan laptop berupa kipas untuk menyerap panas dari laptop dan kemudian membuangnya keluar laptop, sehingga laptop tetap dalam keadaan suhu normal.

Menambahkan cooling pad pada laptop memang solusi jangka pendek, karena kita tidak mungkin membawanya setiap saat karena ukuran cooling padnya seukuran dengan laptop sehingga tidak praktis untuk dibawa kemana-mana.

Solusi yang permanen yaitu dengan mengganti kipas pendingin cpu dengan cara membuka laptopnya dan mengganti kipasnya. Disarankan untuk membukanya di service laptop kepercayaan anda.

Lalu bagaimana apabila kita membiarkan saja suhu temperatur komputer atau laptop? yang jelas apabila perangkat elektronik dibiarkan dalam temperatur di atas normalnya, maka akan mengurangi umur pakai dari perangkat tersebut.

Perangkat tersebut mungkin masih menyala saat kita gunakan, namun di kemudian waktu akan muncul gangguan atau masalah yang terjadi, seperti komputer mati sendiri, sering merestart dan lainnya. Sebaiknya perbaiki sebelum menjadi kerusakan yang lebih parah.                                              

Demikian artikel cara memeriksa suhu komputer dan laptop serta penyebab suhu komputer naik dan solusi mengatasi komputer yang panas. Pastikan perangkat komputer atau laptop selalu dalam suhu normalnya. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.  

Post a Comment for "Cara Periksa Suhu Temperatur Komputer dan Solusi Atasi Overheat Komputer"