10 Tips Terbaru atasi error Blue Screen of Death (BSOD) windows 10

Masdinko.com-Error Blue screen of Death (BSOD) pada sistem operasi Windows telah muncul sejak windows 95 dirilis. Error BSOD muncul saat terjadi kesalahan atau error fatal pada sistem operasi Windows.

Error BSOD ditandai dengan munculnya layar biru secara tiba-tiba dan biasanya berisikan informasi tentang error yang muncul. Error BSOD bisa terjadi saat loading windows maupun saat windows sudah running.

Pada windows 10 error BSOD memang telah diminimalisir namun tidak berarti hilang sama sekali. Error BSOD pada windows 10 masih bisa terjadi, bahkan menurut website Windows Report terdapat 409 jenis error yang menyebabkan terjadinya BSOD.

Apabila anda mengalami BSOD saat menggunakan komputer atau laptop yang berbasis sistem operasi Windows dan kemudian merestartnya dan BSOD tidak muncul lagi, artinya error BSOD yang terjadi bersifat temporer.

10 Tips Terbaru atasi error Blue Scree of Death (BSOD) windows 10

Namun apabila setelah anda merestart perangkat komputer atau laptop, dan kemudian error BSOD tetap muncul, artinya ada error yang fatal yang harus diperbaiki di sistem operasi komputer atau laptop anda.

Dari 409 jenis error penyebab BSOD, beberapa diantaranya disebutkan di bawah ini disertai dengan penyebab error BSOD nya.

VIDEO_TDR_TIMEOUT_DETECTED:
penyebab error ini akibat driver video gagal dalam merespon.

CRITICAL_PROCESS_DIED:
Dilihat dari tulisannya, Pesan error ini memberi tanda adanya proses yang error di dalam Windows. Salah satu penyebab proses error adalah file penting yang ada di Windows corrupt atau ada yang rusak.

DPC_WATCHDOG_VIOLATION:
Pesan Error ini terjadi ketika anda menggunakan fitur  Hyper-V dan terjadi kesalahan dalam Hyper-V tersebut.

PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA:
Pesan Error ini terjadi karena ada kesalahan dalam kode di driver maupun Antivirus.

SYSTEM_SERVICE_EXCEPTION:
Pesan Error ini muncul akibat Windows gagal mengeksekusi kode yang ada di bagian driver.

IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL:
Pesan Error ini memberi tanda bahwa ada kesalahan pada driver, memori komputer, atau Antivirus pada komputer, segera periksa kemungkinan penyebabnya dan apabila perlu uinstall aplikasi yang baru saja dipasang.

SYSTEM_THREAD_EXCEPTION_NOT_HANDLED:
Error seperti ini menandakan bahwa terjadinya error yang tidak bisa di tangani pada bagian driver Windows.

Itulah contoh-contoh kode error BSOD komputer, di luar itu masih banyak error BSOD lainya yang muncul. Kemudian apa yang harus kita lakukan untuk cara mengatasi error Blue Screen Of Death (BSOD).   

1. Mencatat error BSOD dan penyebabnya


Error BSOD membuat windows tidak berfungsi seperti biasanya, sehingga fungsi screen capture tidak berjalan. Untuk mencatat error BSOD yang muncul bisa menggunakan kamera handphone. Jadi ambil foto error BSOD saat layar menampilkan error BSOD. Biasanya muncul error codenya.

2. Menghapus aplikasi/Driver yang baru saja diinstal


Apabila setelah error BSOD muncul kemudian kita masih bisa masuk ke sistem operasi windows, coba ingat kembali tindakan terakhir kita sebelum error BSOD muncul.

Apakah menginstal driver, software atau utilitas lainnya. Coba hapus software atau driver yang terakhir anda install dengan cara meng uninstallnya. Pada windows 10 cara Uninstall software di windows 10 yaitu masuk ke Settings, pilih Apps & Features, kemudian cari software atau driver tersebut, kemudian klik Uninstall pada tombol yang tersedia.

3. Hapus update windows


Setingan default windows 10 yaitu melakukan update secara otomatis, artinya pada saat ada koneksi internet, tanpa kita instruksikan windows 10 akan menginstall update apabila tersedia.    

Pada beberapa kasus, setelah windows mengupdate malah kemudian muncul error BSOD. Solusi yang bisa dicoba mengatasi ini yaitu dengan cara menghapus file update windows 10.

Caranya klik di menu Start ketikan "update history". Kemudian klik uninstall updates. Cari berdasarkan tanggal terbaru pada kolom Installed On. Kemudian klik Uninstall. Apabila file update windows masih dibutuhkan bisa dengan mendownload dan menginstall kembali setelah error BSOD tidak muncul lagi.

4. Mengembalikan driver ke posisi awal


Perangkat pada komputer seperti kartu grafis vga biasanya vendornya mengeluarkan versi driver terbaru. Apabila anda pernah mencoba mengupdate driver perangkat komputer namun kemudian terjadi error BSOD, dan ingin kembali menggunakan driver yang lama, windows masih menyimpan driver yang lama.

Cara mengembalikan driver ke versi lama yaitu dengan masuk ke Device Manager kemudian klik perangkat yang ingin diubah, kemudian klik Properties. Klik tab Driver dan pilih Roll Back Driver. Maka driver perangkat anda akan kembali menggunakan driver sebelumnya.

5. Mengupdate Windows


Pada kasus tertentu, ada aplikasi yang tidak cocok dengan windows atau driver versi lama sehingga dibutuhkan update windows. Untuk mengupdate windows caranya yaitu dengan membuka tombol start kemudian ketik "windows update"

Untuk melakukan update driver harus dari sumber yang dipercaya agar komputer kita aman. Bisa dari website resminya dan dari vendor resminya untuk update aplikasi.
 

6. Remove virus dan malware dari windows


Virus bisa menjadi penyebab windows crash dan terjadinya error BSOD karena virus menginfeksi file yang ada pada system windows. Pada windows 10 sudah dilengkapi dengan antivirus sendiri yaitu Windows Defender.

Pengguna windows 10 tidak perlu mencari lagi antivirus dari luar, yang perlu dilakukan hanya mengupdate windows defender, agar data-data virus baru muncul sehingga bisa dideteksi oleh windows defender.

Cara mengupdate windows defender sangat mudah, buka taskbar di kanan bawah layar, klik icon windows defender, masuk kemudian cari menu "virus & threat protection"

Setelah windows defender diupdate, lakukan scanning virus pada semua drive hardisk atau flashdisk anda agar windows terbebas dari virus.

7. Mengaktifkan system Restore


System restore merupakan fitur yang ada pada windows untuk mengembalikan windows seperti sebelumnya sesuai dengan waktu system restore yang dibuat secara otomatis oleh windows/aplikasi maupun dibuat oleh pengguna.

Waktu restore yang dipilih yaitu tanggal sebelum error BSOD terjadi. Resiko menggunakan system restore yaitu adanya aplikasi yang hilang, yang diinstall setelah tanggal system restore. Meskipun begitu system restore tidak akan berpengaruh terhadap file dokumen kita meskipu saat itu dibuat setelahnya. Jadi untuk file dokumen aman tidak akan hilang meskipun kita mengaktifkan system restore.

8. Booting dengan Safe Mode


Booting dengan safe mode bertujuan untuk menghapus software atau driver yang tidak bisa dihapus pada mode normal. Untuk mengaktifkannya bisa masuk dengan cara tekan tombol "Windows + R" kemudian ketik "msconfig"

pilih Tab menu Boot, ceklist di boot options, centang Safe boot pilih yang minimal. Klik apply dan restart windows. saat masuk kembali ke windows, lakukan uninstall driver, hapus virus dan malware seperti pada cara-cara di atas.

9. Mengecek hardware


Cara mengecek hardware terdapat error atau tidak, bisa dilakukan menggunakan windows. Hardware yang dapat dicek diantaranya RAM. untuk pengecekan hardware yang lebih lengkap bisa menggunakan aplikasi lain seperti Speccy.

Cara mengecek RAM menggunakan windows 10, Buka Start kemudian ketik "memory diagnostic". Kemudian akan muncul pilihan seperti pada gambar di bawah ini . Pilih opsi Restart now and check for the problems.

Komputer akan restart dan memeriksa RAM anda.
    

10. Reset Windows dan Install ulang


Apabila semua cara sudah dilakukan namun error BSOD tetap muncul, opsi terakhir yang muncul yaitu melakukan Reset komputer atau install ulang windows 10 anda. Pastikan data penting dibackup dahulu sebelum reset komputer dan install ulang komputer.

Demikian beberapa cara mengatasi error Blue Screen of Death (BSOD) pada sistem operasi Windows 10. Munculnya error BSOD mengingatkan pengguna bahwa ada error atau kesalahan pada windows, sehingga perlu dilakukan perbaikan. Semoga bermanfaat, Keep learning and sharing.

Post a Comment for "10 Tips Terbaru atasi error Blue Screen of Death (BSOD) windows 10"