Kartu ATM Tertelan Mesin ATM yang error, Lakukan ini Segera !

Masdinko.com-Kartu ATM tertelan mesin ATM mungkin pernah kita dengar, kita lihat dan bahkan kita alami sendiri saat melakukan transaksi di mesin ATM. Semua pemilik kartu ATM memiliki resiko yang sama yaitu kartu ATM tertelan mesin ATM karena memang banyak faktor penyebabnya

Hal tersebut juga dialami oleh istri saya saat akan melakukan transaksi transfer di ATM BRI. Mesin ATM yang sebelumnya digunakan oleh nasabah lain dan dalam kondisi berfungsi atau tidak mengalami kerusakan, istri saya melakukan transaksi transfer di mesin ATM BRI tersebut.

Baru saja memasukan kartu ATM, yang awalnya biasanya muncul pilihan menu Bahasa kemudian menu untuk memasukan PIN ATM, tidak muncul. Yang ada malah notifikasi yang menyebutkan mesin ATM mengalami gangguan dan si kartu ATM tidak keluar lagi.

Istri saya sedikit panik, namun bersyukur ada satpam Bank BRI yang sedang berjaga, lalu saya lihat ke dalam ATM dan kemudian dicoba ditekan-tekan tombol Cancel oleh satpam BRI dan ternyata kartu ATM tidak keluar dan tertelan oleh mesin ATM.


Kemudian saran dari satpam BRI yaitu menghubungi call center BRI 14017 atau 0211500017 untuk melakukan pemblokiran kartu ATM yang tertelan sehingga tidak akan disalahgunakan oleh pihak lai, dan jangan menghubungi nomor telepon selain dua nomor tersebut.

Lalu bagaimana dengan kartu ATM BRI yang tertelan mesin ? kartu ATm yang tertelan hanya bisa diambil oleh petugas yang mengelola mesin ATM, namun jangan khawatir kalau sudah memblokir kartu, artinya kartu ATM yang tertelan sudah tidak dapat digunakan lagi.

Dari beberapa kasus yang terjadi, penyebab kartu ATM tertelan mesin ATM banyak penyebabnya diantaranya :

- Mesin ATM mengalami kerusakan baik dari aplikasinya maupun dari koneksinya
- Kartu ATM memiliki masalah
- Listrik Padam
- Kartu ATM lambat ditarik
- ATM dipasang jebakan dengan sengaja oleh pelaku kejahatan

Mesin ATM Rusak


Mesin ATM bisa mengalami kerusakan baik dari sistem aplikasinya maupun dari koneksi atau sambungan komunikasi ke satelitnya. Dan hal ini bisa menimpa siapa saja pemegang kartu ATM. Apabila ATM yang berada di bank biasanya dijaga olh satpam bank sehingga kalau ada kerusakan mesin ATM akan ditandai dengan tulisan ATM tidak bisa digunakan.

Namun kalau ATM berlokasi tidak di bank yang bersangkutan sebaiknya lihat dan amati pengguna lainnya yang menggunakan AT tersebut, apakah mengalami masalah atau tidak. Kalau mesin ATM bermasalah, tinggalkan dan cari mesin ATM lainnya.

Pada umumnya apabila mesin ATM mengalami gangguan lalu kemudian ada yang menggunakan biasanya secara otomatis mesin ATM akan memuntahkan atau mengeluarkan kembali kartu ATM. Namun memang pada beberapa kasus malah kartu ATM nya tidak keluar lagi alias tertelan mesin ATM.

Kartu ATM Bermasalah


Penyebab lain tertelannya kartu ATM yaitu dari kartu ATM yang bermasalah. Masalah kartu ATM diantaranya Kartu ATM retak, melengkung,kadaluwarsa, ataupun terlalu banyak salah dalam memasukan PIN.

Pada umumnya apabila kartu ATM dalan kondisi rusak kemudian dimasukan ke mesin ATM, mesin ATM secara otomatis akan mengeluarkan atau memuntahkan kartu. Dengan begitu pemilik kartu bisa tetap menggunakan kartu dan mencari ATM lainnya.

Untuk kartu ATM yang fisiknya rusak, solusinya yaitu dengan mengganti kartu ATM baru di tempat kita membuka rekening bank atau di kantor cabang terdekat. Dengan mengisi formulir yang telah disediakan oleh Customer Service.

Kemudian apabila kita keliru memasukan nomor PIN sebanyak 3 kali, sistem pada mesin ATM akan memblokir kartu ATM. Untuk melepas blokir kartu ATM akibat pengisian PIN yang salah, bisa dilakukan di kantor cabang bank terdekat.

Mesin ATM mati akibat listrik padam   


Mesin ATM di dalamnya merupakan komputer dengan aplikasi khusus ATM dan biasanya berbasis sistem Windows. Seperti komputer pada umumnya, dibutuhkan listrik agar komputer dapat terus menyala.

Apabila saat menggunakan mesin ATM, tiba-tiba listrik padam dan kartu sedang digunakan maka kartu akan tertelan sampai listrik hidup kembali. Cukup repot apabila kita menunggui sampai listrik hidup kecuali kalau di ATM tersebut ada satpamnya. Sebisa mungkin kita memilih ATM yang ada penjaganya sehingga lebih mudah apabila mengalami masalah.

Lambat Menarik Kartu ATM


Akibat terburu-terburu sampai lupa mengambil dan mencabut atau menarik kartu ATM yang sudah keluar. Pengguna ATM hanya diberikan waktu singkat untuk mengambil uang dan menarik kartu yang sudah keluar, berkisar sekitar 5 detik.

Apabila sedang terburu-buru atau tidak fokus sehingga lupa mengambil uang yang sudah keluar atau kartu ATM yang sudah keluar. Setelah melewati waktu tertentu sekitar 5 detik, uang dan kartu ATM akan ditelan kembali oleh mesin ATM.

Namun jangan khawatir karena saldo jumlahnya akan tetap sama. Untuk mengeluarkan kartu yang masuk kembali ke mesin ATM coba tekan tombol Cancel secara berulang. Cara lainnya yaitu dengan masuk kembali ke menu di ATM, pilih transaksi lain, pilih Cek Saldo.

Apabila saldo sesuai kemudian akhiri penggunaan kartu ATM dengan menekan tombol Cancel, dan lihat apakah kartu ATM bisa keluar.

Mesin ATM diakalin Penjahat


Ya di tempat seramai ATM juga penjahat tetap nekat beroperasi namun dengan cara yang berbeda. Penjahat ATM ini memasang alat pada mulut kartu ATM berupa benang, senar atau korek dengan tujuan membuat kartu ATM pengguna tersangkut dan tidak bisa keluar.

Ketika pengguna ATM tidak bisa menarik kartunya karena tersangkut dan dilanda kepanikan, saat itulah kawanan penjahat ini pura-pura membantu korban dan kemudian menanyakan pin. Lalu kemudian korban disuruh laporan ke kantor cabang bank.

Saat korban pergi ke kantor cabang, mereka memasukan pin yang telah disebutkan korban dan kemudian menguras isi kartu ATM nya.

Setelah mengetahui beberapa penyebab kartu ATM tertelan mesin ATM, pertanyaan selanjutnya adalah apa yang harus dilakukan pengguna ATM yang kartunya tertelan mesin ATM.

Tindakan ini sama dengan yang dilakukan oleh istri saya saat kartu ATM BRI nya tertelan mesin ATM, yang diakibatkan oleh mesin ATM yang rusak.

1. Mencatat waktu kejadian


Catat atau ingat-ingat waktu kejadian dan lokasi ATM nya, saat kartu ATM tertelan mesin ATM. Data ini diperlukan pada saat menghubungi call center BRI.

2. Menghubungi Call Center BRI 14017 atau (021) 1500 017


Hubungi call center dengan nomor telepon di atas, jangan menghubungi ke nomor selain itu. Tujuan menghubungi call center yaitu untuk memblokir kartu ATM agar tidak dapat digunakan dan disalahgunakan orang lain.

Kartu yang tertelan mesin ATM hanya bisa diambil oleh petugas pengisi uang ATM, kecuali kalau kartu keluar sendiri. Untuk menghindari disalahgunakan oknum, maka perlu dilakukan pemblokiran kartu ATM.

3. Syarat Memblokir kartu ATM


Menelpon call center BRI bisa menggunakan nomor telepon siapa saja, nanti juga ditanyakan nomor telepon yang bisa dihubungi pihak BRI. Istri saya menelepon ke call center, kemudian memilih bahasa dan dipandu oleh wanita elektronik bersuara seksi hehe.

Saat disuruh memasukan nomor kartu abaikan saja karena kartu sudah tertelan msin ATM sehingga tidak tahu nomor kartu ATMnya. Kemudian ketika ada pilihan untuk layanan ATM hilang dan lainnya, pilih itu dengan menekan keypad nomor di handphone.

Kemudian akan diteruskan dengan menghubungi CS yang sedang bertugas. Sebutkan nama dan identitas dan keperluan kita. CS akan menanyakan beberapa hal berikut :

1. Nama
2. Alamat
3. Nomor rekening
4. Nama ibu kandung
dan lainnya.

CS kemudian mengecek status rekening dan mutasi dari rekening. Dan menyebutkan transaksi terakhir, transaksi masuk maupun keluar. Ini diberitahukan agar pengguna kartu ATM tahu apabila ada transaksi penarikan atau tidak.

Alhamdulillah rekening istri saya masih aman, tidak ada transaksi dana keluar. Kemudian kartu ATM pun di blokir, dan istri membuat kartu ATM baru di kantor cabang BRI waktu awal membuka rekening.

Hal yang perlu diingat apabila berada dalam situasi seperti ini yaitu JANGAN PANIK. Seberapa panjang pun antrian di ATM atau banyak yang ngomel anda harus tetap tenang. Serta waspada apabila ada pihak yang berniat jahat dengan berpura-pura menolong. Apabila diminta menyebutkan nomor PIN jangan beritahukan.

Bank sudah menginformasikan bahwa PIN tidak boleh diberikan pada orang lain bahkan pada petugas bank sekalipun, jadi apabila ada yang berniat menolong dan meminta menyebutkan nomor PIN, Waspadalah. Cari satpam kalau ATM nya ada yang jaga, dan langsung pergi ke kantor cabang bank tersebut.  

Demikian pengalaman istri saat mengalami kartu ATM tertelan mesin ATM yang error atau rusak. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.  

Post a Comment for "Kartu ATM Tertelan Mesin ATM yang error, Lakukan ini Segera !"