Alternatif Cara Kirim Barang Ke Luar Negeri Selain EMS Pos Indonesia Buat Seller Etsy dan Ebay

 Masdinko.com-Menjual barang ke luar negeri saat ini sangat mudah untuk dilakukan. Beberapa cara menjual barang ke luar negeri yang dapat anda coba yaitu menawarkan di market place luar negeri seperti ebay, amazon, etsy, bonanza dan lainnya, serta bisa juga menawarkan melalui media sosial seperti facebook, instagram,  dan lainnya.

Tahapan Cara menjadi Seller di Ebay lengkap dengan Gambar

Apabila dari usaha kita menawarkan barang kemudian ada yang membeli, langkah selanjutnya yaitu mengirimkan barang tersebut ke pembeli di luar negeri. Untuk pengiriman barang ke luar negeri bisa menggunakan jasa PT. Pos Indonesia yang menyediakan layanan pengiriman dokumen dan paket ke luar negeri.

Ada 2 layanan yang bisa dipilih yaitu Registered Mail (RLN) atau e-packet dan Express Mail Service (EMS). RLN atau e-packet layanan yang ekonomis, dengan tarif murah dan waktu kirim sekitar 2-3 minggu. EMS merupakan layanan cepat dengan tarif lebih mahal dari RLN namun waktu kirim sekitar 7 hari saja.

Pada saat kondisi normal para eksportir retail Indonesia yang berjualan ke luar negeri mayoritas menggunakan layanan RLN, karena tarif yang murah. Namun saat ini, saat wabah virus corona Covid-19 merebak, Pos Indonesia menutup sementara layanan RLN atau e-packet. Sehingga pilihan yang tersedia hanya layanan EMS.   

Layanan EMS memang bagus karena bekerjasama dengan DHL, sehingga pengiriman lebih cepat. Namun tarif pengiriman yang besarnya 2 kali lipat dari layanan RLN atau e-packet membuat harga barang naik, akhirnya seller Indonesia kesulitan dalam menjual produknya karena tidak ada buyer yang membeli dan lemah bersaing harga dengan seller negara lainnya.

Memilih jasa kurir ke luar negeri selain Pos Indonesia menjadi salah satu solusinya. Banyak jasa kurir yang dapat dipilih, namun pada umumnya mereka menerima pengiriman barang dalam satuan kilogram (kg), sedangkan seller Indonesia pada umumya menjual produk retail yang berat satuannya hitungan gram.   

Jadi yang dibutuhkan seller Indonesia yaitu jasa kurir ke luar negeri yang menerima paket dengan tarif berdasarkan berat barang dalam satuan gram. Contoh untuk berat 0-100 gram tarifnya $7, untuk 101-200 gram tarifnya $9. Nah skema tarif seperti ini yang dibutuhkan oleh seller Indonesia.

Saat Masdinko membaca postingan teman-teman seller Indonesia di group Facebook Etsy Indonesia, ada salah satu anggota group tersebut yang menawarkan jasa pengiriman ke Amerika Serikat, Canada dan Negara Eropa denga tarif yang ekonomis, hampir sama dengan tarif RLN/e-packet nya Pos Indonesia, dengan waktu pengiriman yang hampir sama, sekitar 2 mingguan.

Karena penasaran, akhirnya Masdinko menghubungi anggota group tersebut dan diarahkan langsung ke Customer Servicenya. Nama dari kurir ke luar negeri tersebut yaitu DND Shipping. DND Shipping melayani pengiriman ke USA, Canada, dan negara Eropa menggunakan jasa dari USPS.



Resi atau tracking number yang akan diterima yaitu resi atau tracking number dari USPS, sepertinya DND Shipping bekerjasama atau berpartner dengan USPS untuk pengiriman barang ke USA, Canada atau Eropa setelah barang tiba di USA.

DND Shipping saat ini baru memiliki 2 gudang di Indonesia yaitu di Bekasi dan di Depok, sehingga paket dikirimkan terlebih dahulu ke 2 alamat tersebut. Setelah diterima kemudian akan diperiksa dan diberikan label pengiriman USPS.  

Masdinko tidak sepenuhnya paham akan mekanismenya antara DND Shipping dengan USPS, namun yang terpenting bagi seller Indonesia yaitu memiliki alternatif kurir ke luar negeri selain Pos Indonesia khususnya ke Amerika Serikat dengan basis perhitungan tarif dalam satuan gram.

Testimoni menggunakan Jasa DND Shipping


Testimoni ini murni dan jujur berdasarkan pengalaman menggunakan jasa DND Shipping untuk pengiriman paket ke Amerika Serikat (USA) yang beratnya di bawah 100 gram, tepatnya 75 gram dan dikirim menggunakan amplop (envelope).

Salah satu store saya di Ebay berhasil menjual gantungan kunci ke pembeli di Amerika Serikat. Inilah saatnya saya mencoba menggunakan jasa DND Shipping. Sebelumnya saya sudah mendapatkan Daftar Tarif atau Price List DND Shipping terbaru dari Customer Servicenya.

Silahkan Download Daftar Tarif atau Price List DND Shipping terbaru

Tahapan mengirim paket/barang

Persiapkan terlebih dahulu barang yang akan dikirim. Boleh dipacking menggunakan amplop maupun dus (box) sesuai dengan barang yang dikirim. Kemudian tempelkan template label pada paket yang akan dikirim ke pembeli di luar negeri seperti gambar di bawah ini :


 

Kemudian paket tersebut kita bungkus lagi dengan amplop atau box (sesuai dengan barangnya), dan tempelkan label pengiriman untuk dikirimkan ke Gudang (Warehouse) DND Shipping. Kecuali anda berdomisili di Depok atau Bekasi bisa langsung mengunjungi gudang DND Shipping.

Setelah paket diterima oleh DND Shipping, kemudian diproses. Selanjutnya kita akan menerima invoice atas barang yang kita kirim. Pada invoice tersebut tercantum biaya kirim yang harus kita bayar lengkap dengan kurs dollarnya. Pembayaran menggunakan transfer bank BCA dan bank CIMB Niaga.

Dengan berat paket sebesar 75 gram, tujuan pengiriman ke Amerika Serikat, ongkos kirimnya yaitu sebesar Rp. 119.000. Apabila dibandingkan dengan RLN (e-packet) dari Pos Indonesia, tarifnya hampir sama, berbeda sediki saja.

Jadi kesimpulannya untuk pengiriman paket berdasarkan berat satuan gram, DND Shipping dapat dijadikan pilihan pengganti paket RLN/e-packet Pos Indonesia yang masih tutup akibat pandemi virus corona covid-19.

Update Pengiriman Paket DELIVERED 

Untuk mengetahui durasi atau berapa lama waktu yang dibutuhkan dari mulai paket dikirim sampai dengan paket diterima pembeli, akan kami update setelah paket kami diterima dengan baik oleh Pembeli.

Ini menjadi testimoni saya selaku pengguna jasa dari DND Shipping. Saya mengirimkan paket ke Gudang di Bekasi 11 Agustus 2020 dan diterima pada tanggal 13 Agustus 2020. Kemudian Invoice dari DND keluar pada tanggal yang sama, yaitu tanggal 13 Agustus 2020, lengkap dengan Nomor Resi atau tracking number dari USPS. Kemudian kita melakukan pembayaran berdasarkan invoice tadi.

Pada posisi ini status paket apabila dilacak melalui website USPS, statusnya Pre Shipment yang artinya menunggu pickup, karena memang paket belum datang di Gudang DND di Amerika Serikat. Pada tanggal 21 Agustus 2020, semua paket mengalami hambatan karena kejadian Apple Fire, yaitu kebakaran hebat di California yang berdekatan dengan gudang DND Shipping di Amerika. Sehingga proses Pickup paket oleh USPS terhambat karena tidak ada akses masuk.

Seminggu kemudian saya mencoba untuk mengecek kembali status paket saya di website USPS. Dan setelah saya tracking nomor resinya, alhamdulillah Paket sudah dikirim atau DELIVERED tertanggal 28 Agustus 2020. Artinya kalau dihitung lamanya pengiriman sejak tracking number USPS keluar, sekitar 2 minggu itupun karena adanya kejadian Apple Fire. Apabila tidak ada insiden, masa pengiriman bisa lebih cepat.


Kesimpulannya, dengan kondisi pandemi Covid-19 saat ini, dimana Pos Indonesia menutup layanan regulernya yaitu RLN atau e-packet yang bertarif ekonomis, layanan dari DND Shipping bisa menjadi alternatif dan bahkan menjadi andalan untuk tetap dapat eksis jualan ke luar negeri.

Seller Indonesia membutuhkan layanan jasa pengiriman yang semurah mungkin dan juga kecepatan pengiriman yang baik agar dapat bersaing dengan seller dari negara lainnya. Layanan dari DND Shipping bisa menjadi pilihan bagi anda dan juga saya, yang berjualan barang secara retail dan kecil-kecilan.

Dengan ongkir yang murah, harga barang dapat bersaing dan menarik pembeli, dan bisa memasukan devisa ke dalam negeri meskipun untuk skala kecil. Semoga DND Shipping terus dapat menyediakan layanan yang terjangkau dan berkualitas bagi eksportir kecil-kecilan di Indonesia.

Demikian artikel tentang alternatif jasa kurir ke luar negeri selain Pos Indonesia, yaitu menggunakan jasa kurir DND Shipping. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.

Post a Comment for "Alternatif Cara Kirim Barang Ke Luar Negeri Selain EMS Pos Indonesia Buat Seller Etsy dan Ebay"