Jangan Panik Saat Tarik Tunai Saldo Berkurang Uang Tidak keluar

Masdinko.com-Menarik uang tunai di ATM (Anjungan Tunai Mandiri) merupakan cara yang paling praktis mencairkan uang tabungan atau giro daripada harus melalui teller bank dan harus antri lama. Menarik uang di ATM sudah menjadi hal biasa bagi nasabah bank, karena saat ini setiap bank pasti menyediakan fasilitas ATM dan bahkan bisa melakukan penarikan pada ATM Bank lain.

Kecanggihan teknologi pada ATM bahkan sudah lebih baik, tidak hanya untuk menarik uang, ATM juga berfungsi untuk menerima setoran dari nasabah dengan nominal uang tertentu (berlaku untuk pecahan 50 ribu dan 100 ribu saja).

Namun kecanggihan teknologi ATM bukan berarti tidak ada problem atau masalah teknis yang terjadi, terkadang terjadi masalah terkait error dalam memproses transaksi nasabah. Salah satu error atau masalah di ATM yang terjadi pada sebagian kecil nasabah yaitu saat penarikan tunai, uang tidak keluar namun saldo tabungan berkurang. 

Biasanya pada saat penarikan tunai, setelah memasukan PIN dan memilih/mengetikan nominal uang yang akan ditarik, mesin ATM akan langsung berproses, menghitung uang yang ditarik dan kemudian mengeluarkannya dari mesin ATM. Namun yang terjadi malah saat berproses, durasi proses lama, dan kemudian muncul notifkasi Transaksi Gagal, atau sorry this machine is temporarily out of service.

Penyebab error ATM seperti tersebut di atas, biasanya terjadi akibat timeout koneksi atau koneksi antara mesin ATM dan server terjadi delay dan berujung pada disconect dan transaksi tidak sukses. Respon dari sistem ada yang secara otomatis mendeteksi dan kemudian secara otomatis mengembalikan dana yang gagal transaksi tersebut.


Namun ada juga respon sistem yang tetap menganggap transaksi tersebut sukses meskipun uang tidak keluar. Akhirnya saldo rekening tabungan menjadi berkurang sebanyak uang yang ditarik tadi. Apabila terjadi seperti ini, anda ikuti cara dan tipsnya di bawah ini.

Pengalaman ATM gagal transaksi uang tidak keluar dan saldo berkurang juga dialami oleh Masdinko, saat melakukan penarikan antar Bank. Rekening tabungan berada Bank XXX dan melakukan penarikan di Bank YYY. Setelah memasukan kartu ATM, memasukan PIN ATM, memilih menu Penarikan Lain (sebelumnya sudah cek saldo) dan mengisikan jumlah uang yang akan ditarik.

Alangkah terkejutnya saat menunggu uang keluar dari ATM, layar ATM muncul tulisan sorry this machine is temporarily out of service atau ATM tidak dapat digunakan, padahal uang belum keluar. Kemudian memijit tombol cancel dan kartu ATM keluar.

Kemudian mencoba ke mesin ATM lainnya, karena memang mesin ATM nya banyak dan langsung cek saldo tabungan. Ternyata saldo tabungan berkurang sejumlah dengan penarikan yang gagal tadi, namun uang tidak keluar. Awalnya sempat bingung dan panik karena jumlahnya lumayan banyak.

Setelah tenang saya coba browsing di internet dan alhamdulillah menemukan solusi tarik tunai uang tidak keluar saldo berkurang. Yang harus saya lakukan yaitu mencatat data kejadian dan melaporkan secepatnya (saat itu juga) kepada Customer Service rekening bank kita berada.

Untuk melapor ke customer service bank, sebelumnya harus kita persiapkan dulu data dan dokumennya.

1. Data waktu kejadian
Apabila sadar bahwa terjadi saldo berkurang namun uang tidak keluar, catatlah data kejadian seperti :
a. Hari, tanggal dan perkiraan jam waktu kejadian (jam dan menit)
b. Alamat/lokasi ATM
c. Nomor ID Mesin ATM, bisa dilihat di bagian luar mesin ATM ada stiker ID mesin ATMnya

2. Dokumen yang dibawa untuk laporan ke Customer Service Bank
a. Datang sendiri dan membawa Buku rekening tabungan
b. KTP asli pemilik rekening
c. Keterangan tambahan (kalau ada)

Saat ke customer service, ceritakan kejadiannya ditambah informasi / data di atas. Customer service akan mengecek mutasi atau history transaksi yang terjadi di rekening tabungan. Nanti akan terlihat transaksi yang gagal tersebut.

Nasabah akan diberikan formulir untuk diisi yang nantinya akan dikirimkan oleh Customer Service ke pihak terkait di bank tersebut. Waktu yang dibutuhkan untuk investigasi kejadian dan sampai uang kembali masuk ke rekening, sekitar 14 hari kerja. Jadi kita harus menunggu sampai keluar hasilnya dan uang kembali masuk ke rekening.

Buat yang membutuhkan sekali uang tersebut memang akan menyedihkan karena lamanya proses untuk mengembalikan uang. Namun setidaknya hal positifnya yaitu uang kita tidak hilang/hangus. Daripada menyesali apa yang telah terjadi, lebih baik melihat positifnya bahwa uang tersebut tetap ada.

Mengenai penyebab mengapa hal tersebut terjadi terdapat beberapa kemungkinan teknis. Yang biasa terjadi yaitu tejadinya putus koneksi mesin ATM dalam waktu yang singkat, namun berakibat pada transaksi yang kita lakukan.

Jadi jangan panik saat menarik tunai di ATM saldo berkurang tapi uang tidak keluar, catat waktu kejadian, nomor ID mesin ATM, alamat ATM, dan secepatnya lapor ke customer service bank rekening anda berada dengan membawa buku tabungan asli dan KTP. Uang akan kembali lagi rekening. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.

Post a Comment for "Jangan Panik Saat Tarik Tunai Saldo Berkurang Uang Tidak keluar"