Cara memeriksa keyboard laptop rusak dengan keyboard checker

Cara memeriksa keyboard laptop rusak dengan keyboard checker

Cara memeriksa keyboard laptop rusak dengan keyboard checker

Bagi pengguna laptop atau netbook mungkin pernah mengalami masalah keyboard laptop rusak atau tombol keyboard laptop tidak aktif. Kerusakan keyboard ada yang keseluruhan, artinya keyboard tidak terdeteksi ada oleh BIOS laptop sehingga tidak dapat masuk ke operating system (windows). Namun ada juga kerusakan keyboard yang sebagian, artinya keyboard masih terdeteksi oleh BIOS laptop, namun ada tombol keyboard yang tidak aktif atau mati, jadi saat ditekan tombol tersebut, tidak tampil huruf atau angka yang ditekan tadi.
 
Kondisi keyboard yang salah satu atau beberapa tombolnya tidak aktif dapat mengganggu kegiatan pengguna, terutama untuk pengetikan tugas-tugas kantor. Akan sulit untuk menulis huruf atau angka yang tidak aktif tersebut, kecuali kita menggunakan on screen keyboard yang ada pada sistem Windows.



Sebelum memperbaiki ke toko service laptop anda, untuk mengetahui tombol mana saja yang tidak aktif/mati, anda dapat periksa sendiri dengan menggunakan bantuan software keyboard checker atau keyboard utility test. Fungsi keyboard checker ini menampilkan tombol keyboard yang aktif dan tidak aktif dengan memberi warna tertentu pada tombol keyboard yang aktif.

Jadi setelah mendownload software keyboard checker, pengguna mencoba menekan tombol keyboard satu per satu dan semua tombol dicoba. Nanti akan kelihatan kalau ada yang mati yaitu saat ditekan, warna keyboard tidak muncul artinya tidak ada respon dari keyboard, berarti tombol keyboard tersebut rusak.


keyboard checker
Keyboard test utility


Software keyboard checker ini merupakan free software atau lisensinya gratis, jadi dapat didownload dan digunakan tanpa harus membayar. Ada 2 software yang saya bagikan pada artikel ini, yaitu keyboard test utility dan keyboard test portable. Anda dapat mendownload kedua software tadi pada akhir posting artikel ini.

Untuk memperbaiki tombol keyboard yang tidak aktif, bisa dengan membersihkan tombol-tombol keyboard tersebut, namun apabila kondisinya sudah tidak dapat diperbaiki, solusi terakhir memperbaiki keyboard laptop rusak yaitu dengan menggantinya dengan yang baru, alias lem biru (lempar yang lama, beli yang baru) hehehe. Namun harus diingat kalau membeli keyboard yang baru sesuaikan  dengan merk dan type laptopnya

Demikian cara memeriksa keyboard laptop rusak dengan software keyboard checker. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.



Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments