Kalender Islam 1440 Hijriyah Menyambut Tahun Baru Islam 1440 H

Kalender Islam 1440 Hijriyah Menyambut Tahun Baru Islam 1440 H

Kalender Islam 1440 Hijriyah Menyambut Tahun Baru Islam 1440 H

Tahun Baru Islam Tahun 2018 Insya Allah akan jatuh pada tanggal 12 September 2018 bertepatan dengan tanggal 1 Muharram 1440 Hijriyah yang menandai pergantian tahun berdasarkan penanggalan bulan yang digunakan oleh umat Islam sedunia. Datangnya tahun baru islam merupakan momen dan saat yang tepat bagi kita untuk introspeksi diri terhadap apa-apa yang telah kita kerjakan pada tahun sebelumnya dan apa-apa saja yang akan kita kerjakan pada tahun selanjutnya. Pada dasarnya sebagai makhluk yang diciptakan Allah Subhanallahuwata'ala yang harus kita lakukan di alam dunia ini yaitu untuk beribadah kepada Allah Subhanallahuwata'ala, seperti yang tercantum dalam salah satu ayat Al-qur'an. Namun pengertian ibadah ternyata memiliki makna yang luas, ibadah tidak hanya secara vertikal kepada Allah Subhanallahuwata'ala saja, namun ada juga ibadah yang berhubungan dengan sesama manusia yang bersifat horizontal dan bernilai ibadah juga.

Baca juga : Download Kalender 2019 Lengkap Plus File Corel Draw Gratis

Bulan Muharram atau bulan pertama dalam tahun Hijriyah, memiliki momen penting dalam kehidupan. Sebagai permulaan tahun, bulan Muharram dapat menjadi pijakan yang kuat untuk menatap ke depan untuk lebih meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Subhanallahuwata'ala. Beberapa amalan sunnah yang dapat dilakukan pada bulan Muharram sebagai bentuk ketaatan dan ketakwaan kita terhadap Allah diantaranya berpuasa, memperbanyak amal shalih dan bertaubat.

Berpuasa pada bulan Muharram sering dikerjakan oleh Nabi Muhammad Sollallahu'alaihiwassalam, bisa dilihat dari hadits di bawah :

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ

Puasa yang paling afdhol setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah al-Muharram. (HR.Muslim: 1982)

Puasa pada bulan Muharram tidak dilakukan selama sebulan penuh karena Nabi Muhammad tidak melakukannya. Paling utama mengerjakan puasa pada  pada tanggal 10 Muharram yang bertepatan dengan hari'Asyura. Berikut hal-hal yang dapat dikerjakan pada bulan Muharram sebagai bulan permulaan tahun baru Islam. 

Memperbanyak Amal Shalih


Amal Shalih disini bermakna umum, seperti sedekah, dzikir, dan lainnya. Melakukan amal shalih di bulan Muharram akan mendapat pahala dan melakukan perbuatan dosa akan dibalas dengan dosa yang lebih besar dari Allah.

Bertaubat atas segala dosa dan kesalahan
Bertaubat artinya memohon ampunan kepada Allah atas segala dosa, kesalahan, dan berjanji tidak akan mengulangi kesalahan/dosa tersebut. Manusia tidak luput dari kesalahan dan dosa, dan taubat merupakan tugas seumur hidup manusia karena dalam masa kehidupannya pastilah ada kesalahan/dosa yang dibuatnya. Oleh karena itu hendaknya kita selalu bertaubat sebelum ajal menjemput.

Baca juga : Kalender Puasa 2018 Panduan Puasa Sunnah dan Wajib Tahun 2018

Untuk mengerjakan amalan-amalan pada sepanjang tahun 1440 Hijriyah kita memerlukan panduan yang dapat menunjukan waktu kapan kita dapat berpuasa atau melakukan amalan lainnya. Panduan tersebut dapat berupa kalender penanggalan tahun hijriyah, sehingga kita dapat mengetahui kapan kita melaksanakan puasa 'Asyura, puasa Arafah, puasa Ramadhan dan lainnya. Kalender yang beredar di Indonesia biasanya penggabungan antara Tahun Masehi dan Tahun Hijriyah. Hal ini memang memudahkan, karena di negara Indonesia masih dominan menggunakan kalender Masehi dibanding kalender Hijriyah. Meskipun kalender Masehi namun biasanya disatukan juga dengan penanggalan kalender hijriyah.

Untuk Kalender Hijriyah tahun 1440 H yang digabungkan dengan kalender Masehi Tahun 2018, memang tidak memerlukan penggantian kalender, karena 1 Muharram 1440 diperkirakan jatuh pada tanggal 12 September 2018. Jadi yang memiliki kalender tahun 2018 masih bisa digunakan sampai akhir bulan Desember.

Baca juga : KALENDER 2018 Lengkap Indonesia Arab Jawa FULL 12 BULAN

Berikut ini kami tampilkan Kalender Islam tahun 1440 Hijriyah dan tahun baru 1441 Hijriyah. Pada kalender Islam Tahun 1441 H kami sisipkan juga jadwal puasa sunnah tahun 1441 H dan juga ditampilkan tanggal-tanggal penting lainnya. Kalender Tahun Hijriyah 1440 ini dapat dijadikan desktop dan background pada gadget dan komputer anda. Silahkan download dan share sebanyak-banyaknya. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.

Kalender Islam 1440 H

   

 Kalender Islam 1440 H-1441 H

Demikian Kalender Islam Tahun 1440 H dan 1441 H, dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam Tahun 1440 H. Semoga dengan adanya kalender Islam ini beserta tanggal-tanggal penting dapat meningkatkan kualitas ketakwaan kita. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments