Cara Tepat Mengatasi Kode Error 5B00 Canon iP2770-Resetter

Cara Tepat Mengatasi Kode Error 5B00 Canon iP2770-Resetter

Cara Tepat Mengatasi Kode Error 5B00 Canon iP2770-Resetter


Jika anda terbiasa menggunakan Printer Canon iP2770 untuk mengerjakan berbagai pekerjaan kantor namun di suatu waktu printer tersebut mengalami error, pastinya anda merasa sedih karena tidak bisa membereskan pekerjaan kantornya. Seperti yang dialami oleh teman saya yang menggunakan printer Canon iP2770 untuk mencetak berbagai dokumen, dokumen surat, laporan, tabel-tabel dan sebagainya. Alangkah sedihnya dia ketika printer Canon iP2770 tersebut mengalami error dan error tersebut yaitu error 5B00. Error 5B00 ini terjadi pada saat awal menyalakan printer ataupun pada saat akan mencetak dokumen. Ciri dari error 5B00 ini yaitu lampu power (hijau) dan lampu resume (oranye) menyala secara bergantian, sebagian orang mengatakan printer mengalami blinking.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Error BLUE SCREEN IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL

Lalu apa yang harus dilakukan ? apakah blinking ini dapat diperbaiki oleh sendiri ? ataukah harus dibawa ke Service Centre Printer ? Dibawa ke Service Centre memang solusi baik, apabila kita memiliki dana untuk membayarnya. Apabila kita ingin memperbaikinya sendiri, untuk kasus error 5B00 ini bisa kita perbaiki sendiri, dengan syarat anda harus menjalankan tahapan-tahapan secara betul. Jadi cara tepat mengatasi Kode Error 5B00 Canon iP2770 yaitu dengan cara direset menggunakan Software Resetter Canon iP2770.

Seperti yang tadi disebutkan, ikuti tahapan-tahapan di bawah ini, agar error 5B00 dapat diperbaiki.
  1. Matikan printer dengan menekan TOMBOL POWER printer tanpa mencabut kabel powernya, kabel power tetap terpasang.
  2. Tekan TOMBOL RESUME (yang dibawah TOMBOL POWER) selama beberapa detik, kemudian tekan TOMBOL POWER dan TAHAN (Jangan dilepaskan). TOMBOL RESUME dilepaskan.
  3. Sambil menekan TOMBOL POWER tadi, tekan TOMBOL RESUME 5 KALI. INGAT ! harus 5 KALI, lampu LED akan menyala bergantian dan diakhiri dengan nyala lampu oranye.
  4. Kemudian Lepaskan kedua tombol secara bersamaan.
  5. Apabila berhasil maka lampu led akan berwarna hijau.
  6. Komputer akan mendeteksi adanya perangkat baru, namun abaikan saja.
Tahapan di atas biasa disebut juga masuk ke SERVICE MODE. SERVICE MODE diperlukan agar software resetter dapat menjalankan fungsinya.

Baca Juga : TIPS SUKSES Blog Gado-gado Dapat Trafik Banyak

Oh ya sebelum menjalankan software resetter Canon iP2770, perlu diinformasikan bahwa untuk software resetter ini ada 2 software. 1 Software digunakan untuk komputer Windows XP dan 1 software lagi untuk komputer yang sistem operasinya di atas Windows XP, misal Windows 7, 8, dan 10. Kedua software ini tetap dapat berjalan di sistem operasi Windows tadi, namun untuk software yang versi 1074 apabila dijalankan di Windows 7 ke atas, biasanya software mengalami Not Responding dan proses Reset menjadi gagal. 

Saya sendiri pada saat memperbaiki error 5B00 Canon ip2770 ini, komputernya menggunakan Windows 10 dan TERBUKTI berhasil. Silahkan untuk mendownload dahulu softwarenya :

Software Resetter Canon iP2770 (Versi 1074) Untuk Windows XP

Software Resetter Canon iP2770 Versi 3400 Untuk Windows (7/8/10)

Cara menjalankan Software Resetter Canon iP2770 menurut pengalaman saya, setelah melakukan tahapan di atas dan printer dalam keadaan SERVICE MODE. Kita jalankan software tadi, disini saya menggunakan versi 3400 karena komputernya menggunakan Windows 10.
  1. Ekstrak dahulu file Service_tool_v3400.zip
  2. Klik kanan  Service tool v3400.exe, klik Run as Administrator dan klik Yes.
  3. Muncul menu dari software, klik tombol yang ada pada gambar, sesuai dengan urutan nomornya.
  4. Setelah selesai, kemudian matikan printer dan hidupkan lagi.
  5. Selamat, printer anda sudah normal kembali.

Cara dengan menggunakan Resetter Software versi 3400 ini saya praktekan sendiri dan sukses, namun untuk software yang versi 1074 saya belum mencobanya sendiri, namun dari beberapa rekan blogger yang menggunakan software resetter versi 1074 ada juga yang sukses, namun mereka menggunakan Window XP, disarankan Windows XP SP2.

Cara menggunakan software resetter versi 1074 sebagai berikut :
  1. Jalankan software resetter (Setelah printer dalam posisi SERVICE MODE) 
  2. Tekan tombol menu sesuai gambar di bawah ini
  3. Pastikan bahwa software resetter merespon dengan baik, tidak lama prosesnya, apabila not responding dalam jangka waktu lama, lebih baik dihentikan dan coba dengan sofware resetter versi 3400 dengan menggunakan minimal Windows 7. Apabila Not Responding jangan terus diulang-ulang direset dikhawatirkan dapat membuat kerusakan di mainboard printer.
  4. Apabila hasil akhir semua proses telah berjalan, dan apabila dihidupkan printer, langsung menyala, berarti mereset printer Canon Ip 2770 telah sukses dan berhasil.

Bagi anda yang telah berhasil dan sukses mereset printernya dengan software resetter versi 1074 dan 3400, dimohon untuk mengisi komentar di artikel ini, supaya pengunjung baru dapat mengetahui dan dapat memilih software resetter yang tepat untuk memperbaiki error 5B00 pada printernya. Silahkan dishare supaya lebih bermanfaat untuk orang lain. Keep Learning and Sharing.
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments