Menggempur Market Place Luar Negeri Ebay dengan Produk Lokal dari Tokopedia Shopee

Masdinko.com- Judul artikel kali ini mungkin sepintas terlalu bombastis dan hiperbola, namun bukan berarti mustahil dilakukan sepanjang ada niat kuat dan usaha yang keras dari para pelaku usaha. Berkaca dari para seller China yang lumayan mendominasi market place Ebay dengan produk-produknya yang made in China dan bisa menyebar ke berbagai negara. Mereka memulainya dari bawah dan tidak langsung jadi seperti saat ini, maka Indonesia juga bisa membuat hal yang sama.

Keunggulan produk made in Indonesia sedikit berbeda dengan produk made in China. Produk China biasanya diproduksi secara masiv, banyak, sehingga harga jualnya rendah, dan untuk biaya pengiriman sangat murah karena memang didukung oleh pemerintah nya. Produk dari Indonesia dari sisi harga memang tidak bisa disamakan dengan China, karena sistem produksinya berbeda, namun keunggulannya yaitu dari keunikan dan kualitas produknya.

Peluang besar produk dari Indonesia yaitu dari produk kategori handmade dan produk yang tidak dibuat oleh China yang bisa dipasarkan di Ebay. Untuk melihatnya bisa dilihat dari produk-produk yang ada di Tokopedia atau Shopee. Pada 2 marketplace lokal Indonesia ini banyak ditemui produk-produk Indonesia yang memiliki kans sangat besar dan potensial untuk di jual di marketplace Ebay. 

Menggempur Market Place Luar Negeri Ebay dengan Produk Lokal dari Tokopedia Shopee

Namun sampai saat ini terdapat kesulitas calon buyer dari ebay untuk melihat produk-produk Indonesia yang tampil di Tokopedia dan Shopee. Juga terdapat perbedaan teknis seperti alat pembayaran, penghitungan shipping cost dan lainnya. Sehingga untuk menjembatani atau mempertemukan produk Indonesia dengan buyer dari Ebay, maka diperlukan tangan para seller Ebay yang berasal dari Indonesia. 

Seller ebay dari Indonesia ini yang melisting atau menjual produk Indonesia dari Tokopedia dan Shopee dengan sebelumnya meminta izin untuk menyalin foto-foto produk dan deskripsi produk. Foto produk akan diupload di Ebay dan deskripsi akan ditranslate ke Bahasa Inggris sehingga calon buyer memahami informasi produk tersebut.

 Seller ebay tentunya membutuhkan profit dari aktivitas berjualan di Ebay, seller Ebay akan menghitung dulu biaya-biaya yang muncul seperti harga barang, ongkos kirim lokal, ongkos kirim ke negara pembeli, dan memperhitungkan profitnya, setelah dikurangi terlebih dulu oleh Fee Ebay. Sehingga terjadi hubungan mutualisme (saling menguntukan), pemilik barang di tokopedia dan shopee terbantu karena barangnya laku, dan seller Ebay juga mendapat profit dari hasil penjualannya. 

Apabila gerakan ini dilakukan secara masif, maka akan banyak seller Ebay dari Indonesia yang membanjiri Ebay dengan produk-produk lokal dari Indonesia. Kemudian apa yang menjadi hambatan untuk mewujudkan gagasan ini ? Hambatan pasti selalu hadir pada setiap kegiatan yang akan atau dilakukan, faktanya untuk menjadi seller Ebay saat ini memang tidak mudah karena seringkali Ebay melakukan banned pada saat calon Seller mendaftar di Ebay.

Namun apabila dicoba secara terus menerus dan memahami cara membuat akun seller Ebay, tentunya akan banyak lahir seller-seller baru Ebay dari Indonesia. Teman-teman bisa membacanya di artikel cara membuat akun seller Ebay

Setelah memahami dan mempraktekan cara membuat akun ebay dan payoneer, setelah berhasil seller harus memiliki modal awal untuk membeli produk yang dijual dan membayar ongkos kirim, karena Ebay akan menahan (hold) dulu sementara waktu (10 hari) dana dari buyer hasil jualan di ebay.

Ini akan berlangsung beberapa waktu sampai ebay menilai si seller telah cukup baik performanya dan akhirnya tindakan hold dana dari buyer akan dihentikan, sehingga dana dari buyer akan langsung bisa digunakan untuk kulakan dan membayar ongkos kirim. 

Hal tersebut memang proses untuk menjadi seller ebay, teman-teman harus mengalami ini, berapa lama ? ini menjadi hak ebay untuk menjadikan akun kita tidak dihold lagi dananya namun yang pasti rumusnya yaitu banyak yang laku, pengirimannya cepat dan produknya sesuai dengan yang ditampilkan. Intinya tidak ada permasalahan atau case saat menjadi seller ebay. 

Apabila telah melalui proses ini, dan pembayaran tidak dihold lagi, maka seller akan menerima dana 2 hari setelah tanggal transaksi, karena di ebay ada proses dana dari buyer, diterima ebay, dan diproses selama 2 hari, kemudian baru ditransfer ke akun payoneer seller ebay. Jadi tetap dana akan mengalami proses di ebay selama 2 hari baru ditransfer ke payoneer.

Demikianlah gambaran menurut versi saya mengenai banyaknya seller ebay dari Indonesia yang menggempur marketplace Ebay dengan produk-produk asli Indonesia yang berasal dari marketplace lokal Tokopedia dan Shopee. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.

Post a Comment for "Menggempur Market Place Luar Negeri Ebay dengan Produk Lokal dari Tokopedia Shopee"