Modal Awal Yang dibutuhkan untuk Menjadi Seller di Ebay

Masdinko.com - Bisnis online menjadi pilihan sebagian orang saat ini, berbagai alasan menjadi latar belakang mereka memilih bisnis online sebagai sumber penghasilannya. Bisnis online memiliki banyak macamnya dan masing-masing memiliki karakter tersendiri. Bisnis online yang umumnya diketahui seperti berjualan online baik di marketplace, media sosial, ataupun membangun website sendiri, ada juga konten creator di media sosial, affiliator di media sosial dan masih banyak lagi macamnya.

Salah satu bisnis online yang Masdinko jalani dari sejak tahun 2012 sampai saat ini yaitu berjualan di marketplace Ebay. Marketplace ebay merupakan tempat berkumpul dan bertransaksinya penjual dan pembeli dari berbagai negara, lingkupnya lebih luas, potensinya lebih bagus namun juga sebanding dengan tantangan dan hambatannya. 

Secara umum Ebay dan marketplace lokal seperti Tokopedia, Shopee dan Lazada hampir sama, namun di area teknis terdapat beberapa perbedaan, misal dari alat pembayaran, syarat menjadi penjual dan pembeli, aturan-aturan yang diberlakukan, dan lainnya.

Modal Awal Yang dibutuhkan untuk Menjadi Seller di Ebay

Dengan perbedaan-perbedaan tadi lalu mengapa masih banyak yang ingin menjadi seller di Ebay ? salah satu alasannya yaitu untuk perluasan pasar/market dan meningkatkan profit, karena kita ketahui daya beli masyarakat luar negeri cenderung lebih kuat, sehingga dengan menawarkan harga produk dengan profit maksimal, para buyer masih berkemampuan untuk membelinya.

Lalu Bagaimana dan berapa modal awal yang dibutuhkan untuk membangun bisnis berjualan di Ebay ? Yuk terus baca artikel ini karena akan dijabarkan secara rinci. 

Modal Awal Alat/Infrastruktur

Untuk berjualan online tentunya kita membutuhkan koneksi internet, komputer/laptop/handphone/tablet sebagai alatnya. Namun apabila tidak memiliki alat-alat tersebut kita bisa memanfaatkan Warung Internet (Warnet) ataupun toko Fotocpy yang menyewakan komputer plus koneksi internetnya, yang terpenting saat login, username dan password jangan disimpan, dan setelah selesai harus dihapus cookies di browsernya.

Koneksi internet menjadi kebutuhan selanjutnya, agar lebih efisien apabila tidak memiliki WIFI di rumah maka bisa dengan menggunakan kuota data internet sesuai dengan provider Simcardnya. Untuk IP Address bebas yang terpenting tidak menggunakan koneksi internet VPN.

Jadi jangan khawatir tidak punya alat-alat tersebut anda bisa dengan menyewa atau merental. Yang terpenting semangat dan terus berusaha.

Modal Dokumen / Data Diri 

Selanjutnya setelah memiliki alat atau infrastrukturnya, yang dibutuhkan kemudian yaitu data personal/dokumen pribadi seperti KTP, No HP, Email, dan lainnya sebagai basis atau dasar dalam mengisi formulir pendaftaran.

Syarat Dokumen di Ebay  

Pada saat mendaftar akun Ebay, user akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran, isiannya yaitu data pribadi berdasarkan KTP, email, nomor handphone yang aktif, kartu kredit/debit (bagi yang mau jadi seller Ebay).

Syarat kartu Kredit/Debit bisa menjadi masalah bagi yang belum memilikinya, namun saat ini mudah dan gratis bagi yang ingin membuatnya. Anda bisa mendaftar di aplikasi Jenius ataupun di aplikasi Bank Jago di handphone anda, dan Gratis alias tidak bayar, tapi isi data dengan sebenarnya dan sejujurnya.               

Syarat Dokumen Di Payoneer

Menjadi seller di Ebay memerlukan juga alat pembayaran, dan saat ini Ebay berpartner dengan Payoneer, setelah sebelumnya berpartner dengan Paypal. Pertama kita mendaftar atau membuat akun Payoneer dulu. Syarat Dokumen/Data di Payoneer yaitu :
1. KTP/SIM/PASPOR (Pilih salah satu)
2. Email
3. Nomor Handphone
4. Rekening Bank
5. Utility Bill (Tagihan Listrik/Air) / Dokumen Bank (estatement m-banking)

Dari Persyaratan Dokumen Ebay dan Payoneer di atas, sebenarnya dapat kita penuhi secara GRATIS artinya tidak perlu mengeluarkan biaya yang terpenting data yang kita miliki lengkap. 

Setelah mendaftar di ebay, kemudian mendaftar di Ebay, dan kemudian menghubungkan Ebay dengan Payoneer, kemudian memenuhi permintaan Payoneer agar akun Payoneer di Approve, dan kemudian sudah sah bisa berjualan di ebay, maka langkah selanjutnya yaitu melisting produk atau barang yang akan kita jual. 

Untuk produk kita tidak usah pusing karena sekarang banyaknya marketplace di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan lain-lain. Kita bisa minta izin kepada seller di marketplace tersebut menjadi reseller mereka dan minta izin untuk menggunakan foto produknya. Jadi kita tidak perlu keluar uang dulu untuk stok barang.

Apabila kemudian setelah kita listing ada produk yang laku, nah disini barulah kita mengeluarkan uang untuk membeli (kulakan) barang yang dipesan pembeli dan membayar ongkos kirim ekspedisi. Hal ini disebabkan seller baru rata-rata ditahan dulu uang dari buyernya selama 20 hari sejak tracking number dimasukan, sehingga mau tidak mau kita harus mengeluarkan uang dulu untuk mengirim barang pesanan pembeli. 

Sesuaikan barang yang dilisting dengan kemampuan keuangan kita, apabila modalnya ratusan ribu rupiah maka listing barangnya di kisaran harga perolehannya sebesar itu, supaya kas tidak terganggu. Apabila banyak lakunya dan kinerja penjualan dan pengiriman bagus maka Ebay akan mencabut Hold pada pembayaran pembeli dan dana pembeli langsung masuk ke payoneer kita dalam 2 hari. 

Nah sejak saat ini Anda bisa mengatakan jualan di Ebay tanpa Modal, karena menggunakan dana pembeli untuk belanja barang dan membayar ongkos kirim ekspedisi, dan profit sudah anda sisihkan sebelumnya. Jadi pada tahap ini baru anda bisa mengatakan saya Jualan di Ebay tanpa Modal. 

Untuk mencapai tahap jualan di Ebay tanpa Modal memang membutuhkan kesabaran karena evaluasi dari Ebay lumayan ketat, namun apabila kita konsisten, insyaa Allah lama-lama juga akan membuahkan hasil. 

Jadi berapa modal untuk menjadi seller di Ebay ? gambarannya seperti di atas. Selamat mencoba. Keep learning and sharing.

Post a Comment for "Modal Awal Yang dibutuhkan untuk Menjadi Seller di Ebay "