Lokasi Wisata Telaga Biru Situ Cicerem Pasawahan Kuningan

Masdinko.com-Wisata Telaga Biru Situ Cicerem di Kabupaten Kuningan menjadi target wisata keluarga kami setelah menjemput salah seorang anak yang bersekolah dan mencari ilmu di Pondok pesantren Husnul Khotimah Kuningan.

Kabupaten Kuningan yang terletak persis di bawah gunung Ciremai dikenal memiliki hawa sejuk dan dingin khas daerah pegunungan, sehingga ketika berkunjung ke Kuningan, kami tidak melewatkan kesempatan untuk mengunjungi juga lokasi wisatanya.

Salah seorang teman kami memberi info bahwa sekitar daerah Mandirancan ada sebuah objek wisata yang indah dan cocok untuk wisata keluarga, yaitu wisata Telaga Biru Cicerem di desa Kaduela Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan.   

Daya tarik utama wisata Cicerem ini yaitu adanya telaga biru situ cicerem, sebuah situ alami yang berada di bawah kaki gunung Ciremai. Apabila melihat ke air situ cicerem warna airnya terlihat berwarna biru, sehingga disebut Telaga Biru. Yang menariknya lagi di telaga tersebut banyak ikan yang hidup di telaga biru tersebut. Ukuran ikannya besar-besar dan berwarna-warni serta jinak saat diberi makan.

Lokasi Wisata Telaga Biru Situ Cicerem Pasawahan Kuningan

Bagi yang berada di sekitaran Kuningan ataupun yang tinggal di kota dan ingin refreshing bersama keluaga tercinta, wisata Telaga Biru situ Cicerem sangatlah cocok. Beberapa layanan yang tersedia di wisata Telaga Biru Situ Cicerem Kuningan diantaranya :

  1. Sewa perahu dan becak angsa untuk mengelilingi situ Cicerem dan melihat dari dekat air yang jernih yang apabila dilihat dari jauh berwarna kebiruan dan juga melihat ikan mas secara lebih dekat.

  2. Tersedia gazebo buat yang bawa banyak teman atau keluarga, biaya sewanya yaitu Rp. 50.000 per gazebo. Bisa makan, minum, tiduran pokoknya cocok buat yang ingin istirahat dan rebahan.

  3. Jasa fotografi, ya disini ada spot-spot yang instagramable dan yang paling diburu yaitu ayunan pohon dan duduk gantung. Apabila ingin mencobanya bisa dengan membeli tiket seharga 10 ribu, dan untuk jasa fotonya tegantung dari jumlah foto yang kita inginkan. fotonya berbentuk file yang dikirimkan melalui perangkat smartphone via bluetooh. Menariknya fotographer menjadi pengarah gaya juga sehingga foto yang dihasilkan terlihat menarik. Terdapat 5 spot yang tersedia buat yang ingin berfoto. 

  4. Buat yang suka dengan ikan, bisa membeli pakan ikan buat diberikan ke ikan, dan bisa melihat ikan lebih dekat. Pakan ikan yang dijual seharga Rp. 5000 dapat 2 bungkus plastik. Namun ingat ya dilarang untuk menangkap ikan dan juga berenang di situ ini.

  5. Tersedia gazebo-gazebo dan juga warung makan/cemilan jadi jangan khawatir apabila anda lapar, banyak yang berjualan makanan dan minuman disini. Pada hari libur biasanya ada hiburan musik di dekat parkiran.


Rute Untuk Menuju Telaga Biru Situ Cicerem


Untuk menuju lokasi Telaga Biru Situ Cicerem Desa Kaduela Kec. Pasawahan bisa dari arah Cilimus ke jalan Mandirancan ke arah Sumber/Majalengka, saat itu memang posisi kami sedang di Cilimus. Ikuti terus jalan mandirancan dan apabila sudah sampai di pertigaan Sumber, anda belok ke kiri menuju Rajagaluh/Majalengka.

Kemudian saat menjumpai pertigaan, ambil belokan ke kiri yang menuju ke Kecamatan Pasawahan. Ikuti terus jalur tersebut, jalannya memang sedikit jelek tapi masih layak buat mobil lewat. Ketika sampai di kantor Kecamatan Pasawahan, belok ke kanan, kemudian beberapa meter kemudian ambil belokan kiri dan akhirnya anda sampai di Telaga Biru situ Cicerem.

Lokasi Wisata Telaga Biru Situ Cicerem Pasawahan Kuningan

Apabila posisi anda di jalur Rajagaluh menuju Cirebon, anda bisa belok kanan saat di depan Polsek Dukuhpuntang, ikuti terus lurus saja, nanti sebelum kantor kecamatan Pasawahan ambil belokan ke kanan. Dan akhirnya sampai ke lokasi wisata Talaga biru Situ Cicerem Desa Kaduela Kec. Pasawahan Kuningan.

Harga Tiket Masuk Situ Cicerem Talaga Biru Kuningan


Saat berkunjung ke wisata Talaga Biru situ Cicerem kami berempat dewasa dan 1 orang balita menggunakan mobil. Saat dihitung tarif masuk situ Cicerem, kami dikenakan biaya sebesar Rp. 45.000 Sudah termasuk Parkir Mobil. Untuk tarif per orangan sekitar 10 ribu dan anak balita 5 ribu kayaknya dan sudah termasuk parkir. Well masih terjangkau ya teman-teman.

So kesimpulannya nih, wisata telaga biru Situ Cicerem Kuningan Jawa Barat, cocok buat anda yang ingin menikmati weekend dengan udara yang sejuk, dingin, pemandangan hijau karena banyak juga pepohonan disini dan pastinya buat yang hobi jepret-jepret foto atau bikin konten-konten video buat bahan di instagram dan tiktok pastinya cocok sekali.

Demikian ulasan pengalaman kami mengunjungi wisata Telaga Biru situ Cicerem Desa Kaduela Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan Jawa Barat Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.         

Post a Comment for "Lokasi Wisata Telaga Biru Situ Cicerem Pasawahan Kuningan "