Pengalaman BBN Mutasi Mobil dari Samsat Sumber Cirebon ke Majalengka

Masdinko.com-Pada posting kali ini masdinko akan ceritakan pengalaman Balik Nama BBN Mutasi Mobil dari Samsat Sumber Cirebon ke Samsat Majalengka. Latar belakang kenapa dibalik namakan karena berdasarkan pengalaman sebelumnya, apabila mobil masih atas nama orang yang jualnya dan kemudian dia blokir, maka mau tidak mau kita harus balik namakan (BBN) juga, jadi sebelum diblokir sama penjualnya dulu, maka saya BBN kan duluan.

Kebetulan juga STNK yang memiliki masa waktu 5 tahun sudah habis sehingga harus ganti STNK, ya akhirnya sekalian saja di BBN kan. Kami berangkat ke Samsat Sumber Kabupaten Cirebon karena plat nomor mobilnya berasal dari samsat Sumber Cirebon. Untungnya jarak tempuh dari Majalengka ke Sumber tidak jauh, bisa ditempuh dalam 1 jam dari Majalengka.

Untuk melakukan BBN di samsat Cirebon (Sumber) kita harus memenuhi beberapa persyaratan dokumen yang harus di bawa yaitu :

  1. Mobil harus dibawa ke Samsat Sumber untuk digesek nomor rangka dan nomor mesin

  2. Membawa BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) Asli dan fotocopy nya

  3. Membawa STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) Asli dan fotocopynya

  4. Membawa KTP (Kartu Tanda Penduduk) pemilik baru dan fotocopynya. KTP pemilik sebelumnya tidak diperlukan.

  5. Membawa Kwitansi Jual Beli Mobil. Kalau dahulu saat jual beli kwitansinya hilang bisa dibuat sendiri. Dibubuhkan materai dan difotocopy

  6. Surat Kuasa bermaterai, bagi yang tidak mengurus sendiri. Misal pemilik mobil menyuruh orang lain maka harus ada surat kuasa bermaterai dan fotocopynya.

  7. Bawa uang untuk biaya mutasi, fiskal dan lainnya.


Setelah semua lengkap, langsung menuju samsat Sumber Cirebon yang terletak di jalan Sunan Drajat No.11 Sumber Kabupaten Cirebon. Patokan menuju samsat sumber yaitu Polres Cirebon lurus dahulu kemudian ada perempatan, belok kanan kemudian belok kanan lagi. Terletak di sebelah kiri jalan, persis depan PDAM Cirebon.

Langkah awal yang dilakukan yaitu ke tukang fotocopy dulu, untuk memfotocopy berkas asli yang di bawa, karena mereka lebih tahu berapa rangkap yang dibutuhkan sekalian juga membeli map supaya berkas tidak susah di bawa.

Pengalaman BBN dan Mutasi Mobil dari Samsat Sumber Cirebon ke Majalengka

Fotocopy yang diperlukan habis 7 ribu sudah termasuk map, kemudian menuju Bagian Cek Fisik. Bagian cek fisik di Samsat Sumber ada 2, yang membedakan hanya peruntukan buat kecamatannya saja. Mobil yang saya urus pemilik lamanya beralamat di Plered Cirebon sehingga ke Cek fisik yang terletak di belakang.

Disampingnya bagian cek fisik ada tempat buat pemotoan kendaraan. Berikan berkas yang sudah pakai map tadi ke bagian fisik kemudian map diberikan kembali dan juga diberi stiker untuk digosok nomor rangka dan nomor mesin kendaraan kita.

Kemudian kita temui petugas yang menggesek nomornya, biasa mereka memakai seragam biru dongker dan membawa pensil untuk menggeseknya. Stiker akan ditulis nomor polisi kendaraan kita agar lebih mudah dalam mencari pemiliknya. Petugas tidak menentukan tarif menggesek nomor rangka dan mesin, biasanya saya memberi Rp.10.000.

Kemudian dokumen dan stiker yang sudah digesek nomor rangka dan mesin diberikan kembali ke bagian Cek Fisik. Kemudian kendaraan kita dibawa ke bagian pemotretan yang terletak di sebelah bagian cek fisik. setelah difoto kita tunggu sampai dipanggil kembali dan mendapatkan dokumen yang dikeluarkan bagian cek fisik.

Bawa dokumen-dokumen tersebut ke kantor yang di depan, tepatnya ke bagian Fiskal dan Mutasi. Kemudian sama bagian mutasi akan disuruh ke bagian Arsip STNK dan Arsip BPKB. Arsip STNK ada di gedung samsat bagian depan dekat Tempat bermain anak. Untuk Arsip BPKB harus diambil ke Kantor Polres Cirebon Bagian Pelayanan BPKB.

Pelayanan BPKB di Polres Cirebon terletak di bagian dalam paling ujung kanan. Kemudian kita cari Bagian Arsip BPKB. Arsip BKB akan dicari oleh petugas. Disini kita mengeluarkan biaya Rp.50.000 untuk biaya pencarian arsip.

Kemudian kita bawa kembali ke kantor Samsat Sumber bagian mutasi. Tunggu beberapa saat dan kemudian kita akan dipanggil namanya. Kemudian dijelaskan tentang biaya pajak, dan biaya lainnya dan totalnya sebesar Rp. 750.000. Namun cabut berkas ini belum selesai, karena 2-3 minggu kemudian kita harus mengambil dokumennya kembali. Bagian Mutasi akan membuatkan Surat Jalan karena STNK sedang diproses untuk mutasi. Surat jalan berfungsi sebagai pengganti STNK untuk sementara.

Alhamdulillah pengurusan cabut berkas di Samsat Sumber sementara selesai. Kami harus kembali lagi dalam 2-3 minggu depannya untuk mengambil dokumennya. Setelah 2-3 minggu kami ke samsat Sumber lagi namun tanpa harus membawa mobilnya karena hanya mengambil berkas saja.

Apabila dihitung untuk sementara Biaya cabut berkas dan Mutasi keluar mobil di Samsat Sumber Kab. Cirebon yaitu sebagai berikut :

1. Biaya fotocopy dan map = 7.000
2. Biaya gesek nomor mesin = 10.000
3. Biaya Arsip BPKB = 50.000
4. Biaya Mutasi, pajak/fiskal, dll =750.000
5. Biaya transport dan makan = 110.000
Total biaya pengurusan cabut berkas dan mutasi keluar yaitu Rp. 927.000           

Biaya ini masih bisa bertambah karena 2 minggu kemudian harus datang lagi untuk mengambil berkas mutasi keluar.

Pengambilan Berkas Mutasi Keluar di Samsat Cirebon (Sumber)

Seminggu lebih setelah menyerahkan berkas untuk mutasi keluar di Samsat Cirebon, ada sms masuk dari petugas bagian Mutasi Samsat Cirebon yang menginformasikan bahwa berkas untuk mutasi dan BBN sudah turun (selesai) tinggal mengambil saja, dengan syarat pengambilan membawa Surat Jalan.

Berangkat dari Majalengka sekitar jam 8 pagi dan sampai di Samsat Cirebon jam 9 menggunakan motor. Langsung ke bagian mutasi dan fiskal dan menyerahkan Surat Jalan sebagai syarat pengambilan berkas. Kemudian petugas mencari berkas kita dan memanggil kita. 

Semua berkas sudah lengkap semua dari fotocopy berkas yang kita bawa sebelumnya dan juga dokumen-dokumen lain seperti STNK sementara, dokumen fiskal dan pajak, surat pengantar untuk samsat tujuan dan lainnya, semua dokumen disatukan dalam satu map berwarna biru. Pada proses ini tidak ada lagi biaya yang dikeluarkan, karena sudah dibayar sebelumnya. 

Mengurus Mutasi masuk dan BBNKB di Samsat Majalengka

Sehari setelah mendapatkan berkas dari Samsat Cirebon, langkah selanjutnya yaitu mendatangi samsat Majalengka untuk mengurus mutasi masuk dan BBNKB di Samsat Majalengka. Pada tahap ini kita harus menghadirkan/membawa mobilnya karena akan dicek fisik yaitu menggesek nomor rangka dan nomor mesin. 

Setelah mobil hadir di Samsat Majalengka, selanjutnya ke Bagian Mutasi yang terletak di basement atau dekat parkiran mobil. Berkas yang kita dapatkan dari Samsat Cirebon kita berikan ke petugas di Bagian Mutasi. kemudian kita disuruh ke Bagian Cek Fisik yang terletak di samping bagian Mutasi. Di bagian Cek Fisik diberi kertas untuk gesek nomor mesin dan nomor rangka. 

Kita datangi petugas gesek mesin dan rangka untuk menggesek nomor mesin dan rangka. Kepada petugas kita memberi seikhlasnya umumnya sih Rp. 10.000. Kemudian kertas gesek nomor rangka dan mesin tadi kita bawa ke bagian Cek Fisik, setelah beres akan dipanggil petugas dan diminta biaya Rp. 20.000.

Kita bawa hasil cek fisik tadi ke Bagian Mutasi lagi dan diminta untuk datang lagi 2 minggu kemudian, dan tidak perlu membawa mobil atau kendaraannya dan diberi Surat Jalan sebagai STNK sementara saat mengendarai mobil.

Membayar Pajak, biaya BBNKB dan lainnya

 Dua Minggu kemudian kembali datang ke Samsat dengan membawa surat jalan yang diberikan sebelumnya. Langsung ke bagian Mutasi dan kemudian diperiksa surat jalannya, setelah menunggu beberapa menit kemudian diberikan 1 map berkas, dan membayar biaya pembuatan buku BPKB baru sebesar Rp. 500.000

Kemudian menuju ke lantai atas tepatnya ke Bagian Customer Service. Kita serahkan berkas yang didapat dari Bagian Mutasi. Customer service memberikan 2 formulir untuk diisi, yang berisi data-data pemilik dan data-data kendaraan. Isi sesuai dengan data-data yang ada di berkas. 

Kemudian menuju ke Bagian Progresif, masih di tempat yang sama, untuk diperiksa apakah pemilik kendaraan terkena aturan pajak progresif atau tidak. Kemudian diberi Nomor Antrian, dan menyerahkan berkas ke loket 1 bagian BBN yang terletak di samping bagian Progresif.

Kita menunggu dipanggil oleh Teller/Kasir sesuai dengan nomor antrian yang tadi didapatkan. setelah kasir memanggil nomor antrian kita, lalu membayar sesuai dengan yang disebutkan oleh Kasir. Di kasir membayar Rp. 3.600.000 sesuai dengan jumlah yang tertera di lembar Surat Ketetapan Kewajiban Pembayaran PKB BBN-KB SWDKLLJ dan PNBP.

Biaya tersebut mencakup biaya BBN-KB, PKB, SDDKLLJ, biaya STNK, biaya TNKB dan juga sanksi administrasi (apabila telat bayar). Setelah membayar kemudian menunggu STNK jadi di loket samping Kasir/Teller. Setelah menunggu nama kami akhirnya dipanggil, periksa kembali data-data di STNK apakah sudah sesuai, kemudian menuju ke Bagian TNKB untuk mengambil plat nomor mobil. 

Bagian TNKB Samsat Majalengka berada di lantai bawah sebelum bagian Mutasi, atau samping Fotocopy. Disini kita menyerahkan satu lembar STNK untuk dilihat plat nomornya oleh petugas. Kemudian dicetak di atas lempengan kaleng. Setelah jadi kita diminta membayar Rp. 25.000 untuk plat nomor mobil karena ukurannya lebih besar dari plat nomor motor.

Kemudian membeli plastik untuk STNK di Fotocopy sebesar Rp. 2.000 agar STNK terlindungi dari basahnya air. Untuk buku BPKB memang tidak langsung jadi, estimasi lamanya buku BPKB jadi yaitu sekitar 2 bulan, jadi 2 bulan lagi kita ke Samsat Majalengka untuk mengambil buku BPKB. Sampai disini proses mutasi dan BBN sudah selesai. Tinggal memasang plat nomor pada mobilnya. 

Untuk mempermudah menjumlah berapa biaya mutasi BBN dari samsat Cirebon ke Samsat Majalengka saya rekapitulasi sebagai berikut lengkap dengan biaya-biaya yang dikeluarkan (kecuali biaya transport dan makan).

Biaya di Samsat Cirebon
1. Biaya fotocopy dan map = 7.000
2. Biaya gesek nomor mesin = 10.000
3. Biaya Arsip BPKB = 50.000
4. Biaya Mutasi, pajak/fiskal, dll =750.000

Biaya di Samsat Majalengka
1. Biaya gesek nomor mesin dan rangka = 10.000
2. Biaya bagian cek fisik = 20.000
3. Biaya buku BPKB = 500.000
4. Biaya pajak PKB,BBN, STNK dan sanksi = 3.600.000
5. Biaya TNKB plat nomor mobil = 25.000
6. Plastik STNK = 2.000

Total pengeluaran biaya pengurusan mutasi dan BBN dari samsat Cirebon ke Samsat Majalengka yaitu Rp. 4.974.000 belum termasuk biaya transport dan makan. Jumlah ini tergantung dari kendaraan kita (tahun pembuatan, kapasitas mesin, estimasi nilai jual kendaraan, dan sanksi administratif (denda) apabila telat membayar).

Demikian artikel Pengalaman BBN Mutasi Mobil dari Samsat Sumber Cirebon ke Majalengka, lengkap dengan rincian biaya Mutasi dan BBN dari Samsat Cirebon ke Samsat Majalengka. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing. 

Post a Comment for "Pengalaman BBN Mutasi Mobil dari Samsat Sumber Cirebon ke Majalengka"