4 Cara Mencairkan saldo payoneer hasil jualan di ebay

Masdinko.com-Ketentuaan Ebay yang baru mengenai ebay Managed Payment (EMP) membuat  para seller lama seperti  saya harus beradaptasi dan mencari tahu fitur-fitur yang disediakan oleh payoneer sebagai alat pembayaaran hasil jualan di ebay.

Sejak awal menjadi seller di ebay sekitar tahun 2012 an, sebagai seller di ebay sudah terbiasa menggunakan Paypal sebagai alat pembayaran berjualan  di ebay. Sehingga sudah terbiasa dan sudah mengenal fitur serta aturan yang ada di paypal.

Ketika ebay memutuskaan untuk menggandeng payoneer sebagai alat pembayaran seller di ebay pada  tahun 2021 ini tepatnya pada bulan Mei 2021, para seller ebay mau tidak mau harus ikut migrasi menggunakan alat pembayaran  baru yaitu payoneer dan bagi sebagian  seller yang  tidak siap dalam persyaratan mendaftar di ebay managed  payment  maka tidak akan bisa melanjutkan aktivitas berdagangnya di ebay.

Disinilah terjadi seleksi  alam bagi seller ebay. Bagi seller yang siap dengan syarat pendaftaran ebay managed payment  akan tetap bisa berjualan di ebay dan bagi yang tidak bisa memenuhi persyaratan EMP maka akun seller tidak akan bisa digunakan lagi.

4 Cara Mencairkan saldo payoneer khusus buuaat Pemula

Sudah sekitar 1 bulanan lebiih akun seller saya berjalan dengan  menggunakan ebay managed payment (EMP). Tidak ada  perubahan drastis dalam kegiataan berjualan di ebay kecuali satu yaitu masalah pencairan  dana hasil  penjualaan di ebay. Untuk mencairkan  dana hasil  penjualan ebay ke payoneer relatif  mudah, bisa ikuti panduannya di artikel Cara Cepat Mencairkan Hasil Jualan Ebay dengan Payoneer

Ada hal baru yang harus saya pelajari yaitu mencairkan saldo payoner menjadi rupiah. Kalau saaat  menggunakan paypal dulu saya biasanya mencairkan dana di  paypal dengan menjual saldo tersebut ke teman yang buka jasa jualan saldo paypal, sehingga saldo dollar bisa berubah cepat menjadi rupiah buat dipakai kulakan lagi .

Namun di payoneer saya coba baca-baca dari blognya payoneer dan referensi dari komunitas pengguna payoneer, saya mendapat informasi mengenai bagaimana cara mencairkaan saldo payoneer menjadi rupiah  ke dalam rekening bank lokal kita. Saya temukan  ada 4 cara mencairkan/memindahkan saldo payoneer  yaitu  :

1.  Withdraw to bank account  


Withdraw to bank account ini memang digunakaan untuk mencairkan saldo payoneer menjadi rupiah dan  masuk ke  rekening bank lokal kita. Cara  ini sangat mudah, kita  tinggal  mengisi  data  rekening bank, data  pemilik, kode cabang bank dan lainnya. Setelah rekening bank di Approve oleh payoneer maka kita sudah bisa mencairkan saldo payoneer ke rekening bank.

Pada saat  saya memiliki  saldo payoneer hasil jualan di ebay saya mencoba untuk mencairkan dengan cara withdraw to bank account.  Jumlahnya sih sedikit  sekitar $29 atau di bawah 50 usd. Setelah saya coba ternyata saya tidak bisa mencairkan dana 29 usd  tersebut, karena payoneer mensyaratkan untuk mencairkan saldo payoner minimal jumlahnya 50 usd.

Waduh gimana nih saya garuk-garuk kepala. Soalnya penjualan saya di ebay belum stabil  kadang laku kadang enggak, jadi kalau mau withdraw harus menunggu dulu dana masuk dari penjualaan baru di ebay sampai terkumpul 50 Usd. Akhirnya mentok disini.

2. Send payment


Saya coba cari menu terkait payment di payoneer, pinginnya seperti jaman di paypal, jual-jual saldo ke teman yang biasa nampung saldo. Akhirnya saya temukan menu Send Payment. Saya coba baca deskripsinya bahwa menu send payment ini digunakan untuk pembayaran jasa tertentu, dan bukan merupakan fasilitas checkout penjualan barang seperti halnya di Paypal.

Contohnya kita order jasa konten website berupa artikel, kita bisa membayar penjual jasa tersebut menggunakan payoneer melalui fitur send payment. Namun saat saya coba, ternyata ada notifikasi bahwa kita bisa menggunakan menu send payment ini setelah kita  beberapa kali pernah menerima payment dari perusahaan yang bermitra dengan payoneer seperti fiverr, amazon, ebay dan lainnya.

Sedangkan saat ini saya baru 2 kali menerima  payment dari penjualan di ebay dengan total uang yang diterima  kurang dari 100 USD. Saya coba klik sana klik sini dan tetap tidak bisa menggunakan menu send payment buat mengirim saldo ke  jasa jual beli  saldo payoneer.

3.  Request Payment


Pada saat ini saya memiliki 2 akun payoneer dimana masing-masing akun saldonya di bawah 50 usd, namun apabila dijumlahkan keduanya maka jumlahnya lebih dari 50 USD.

Saya berpikir begini, bagaimana kalau saldo akun payoneer yang ini saya pindahkan ke akun payoneer satunya, namun  dengan cara request payment. Yaitu salah satu akun payoneer meminta jumlah pembayaran atas jasanya kepada akun payoneer satunya. Jadi satu akun mengirim invoice dan satu akun lainnya membayar invoice dan akan terjadi perpindahan dana dari pembayaran invoice tersebut.

Akhirrnya saya coba,  awalnya  lancar saat mengisi form yang ada, namun kemudian saat mau Finish muncul notifikasi bahwa request payment tidak bisa dilakukan untuk akun payoneer yang domestik atau pemilik akun payoneernya masih 1  negara, tidak bisa menggunakan  fitur ini. Akhirnya saya coba improvisasi, 1 akun lainnya saya isikan negaranya berbeda dan tadaaa !! Request payment berhasil dikirim.

Tinggal login di akun payoneer satunya dan lakukan pembayaran kemudian saya bisa withdraw. Namun ternyataa saat saya mau membayar invoice muncul notifikasi error dari payoneer bahwa saya tidak bisa menggunakan fitur ini. Coba beberapa saat  kemuudian. Kemudian saya tinggal dulu bermain dengan anak, dan saya coba bayar invoice lagi dan tetap sama, tidak bisa bayar invoice.

4. Membuat payoneer card


Kemudiaan saya browwsing ke beberapa blog yang membahas payoneer dan saya temukan cara untuk mencairkan saldo payoneer di bawah 50 usd meskipun cara ini ada biaya feee nya dan juga agak lama menunggu datangnya kartu.Namun saya tetap  akan coba dulu.

Saya login ke akun payoneer dan  masuk ke menu yang ada payoneer card, pas saya klik  ternyata ohh ternyata, untuk  meminta atau request payoneer card syaratnya kita harus sudah pernah menerima dana total di payoneer kita minimmal 100  usd, misal kita pernah menjual di ebay barang dengan payout ke payoneer dengan total  minimal 100  usd maka kita bisa request kartu payoneer.

Kartu  payoneer ini seperti kartu debit namun dapat digunakan di seluruh ATM di  dunia maupun untuk belanja online di internet, seperti halnya credit card. Namun kartu payoneer  ini bisa digunakan apabila saldo di akun payoneer kita tersedia dananya.

Jadi dengan menggunakan kartu payoneer kita bisa menarik dana di akun payoneer meskipun di bawah 50 usd tetap dapat dicairkan melalui ATM lokal, namun memang ada fee nya sekitar 3 usd sekali narik, besar sih ya tapi ya daripada ggak bisa kulakan lagi. Jadi buat seller di ebay harus dihitung juga cost fee seperti ini agar profit tidak tergerus oleh fee payoneer saat kita menarik tunai  di ATM.

Saya simpulkan saja sepengetahuan saya yang baru mengenal payoneer, 4 cara di atas bisa digunakan untuk mencairkan atau memindahkan / mentransfer saldo payoneer kita, dengan ketentuan tiap fitur ini memiliki persyaratan tertentu seperti  minimal pernah menerima dana 100 usd  (akumulasi), atau mendapatkan pembayaran dari merchant yang menggunakan payoneer sebanyak jumlah tertentu dan lainnya.

Awalnya terasa ribet dan sulit bagi penjual kecil dan recehan di ebay seperti saya, karena jualan tidak laku tiap hari, dan harga produknya juga  banyak yang di bawah 50  usd, sehingga untuk  mencairkan saldo payoneer ke bank harus terjual dulu 2 barang baru bisa terkumpul 50 usd dan langsung bisa withdraw.

Demikian pengalaman saya dalam mencairkan saldo payoneer hasil jualan di ebay. Pengalaman merupakan guru berharga dan sekaligus juga bisa menjadi ilmu dan wawasan  baru bagi saya dan bagi orang lain. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.      

Post a Comment for "4 Cara Mencairkan saldo payoneer hasil jualan di ebay"