Cara Cepat Mencairkan Hasil Jualan Ebay dengan Payoneer

Masdinko.com-Pada artikel sebelumnya saya membahas mengenai cara mendaftar /register ebay managed payment dengan payoneer dan alhamdulillah sukses sehingga bisa berjualan terus di ebay.

Proses selanjutnya yang harus saya pelajari yaitu bagaimana apabila ada barang yang laku di  ebay, bagaimana  proses pembayaran dan pencairan (withdraw) menggunakan payoneer. Berapa lama proses pencairan di payoneer, bagaimana dengan pembayaran fee ebay dan segudang pertanyaan lainnya.

Maklum saja, sudah 5 tahunan lebih jualan di ebay dengan mengggunakan paypal dan sudah terbiasa uang dari pembeli langsung masuk ke akun paypal. Dengan adanya cara pembayaran baru di ebay, proses pembayaran dari pembeli juga mengalami perubahan.

Saat ebay masih menggunakan paypal, pembayaran dari pembeli  akan langsung masuk ke akun paypal penjual. Fee ebay akan tercatat di ebay dan ditagih/dibayarkan pada bulan berikutnya. Sedangkan fee paypal langsung diambil dari uang yang masuk ke akun paypal seller. Jadi uang yang masuk ke akun paypal seller belum bersih atau masih kotor karena fee ebay belum dibayarkan.

Cara Cepat Mencairkan Hasil Jualan Ebay dengan Payoneer

Untuk mengetahui proses pembayaran ebay yang menggunakan managed payment, terlebih dahulu harus ada penjualan dulu baru bisa mengetahui proses pembayaran menggunakan ebay managed payment.

Alhamdulillah salah satu akun ebay saya berhasil menjual satu produk dengan total harga di atas $50. Kemudian saya perhatikan prosesnya dari mulai dana diterima sampai dengan dicairkan ke rekening bank seller. Secara ringkasnya saya gambarkan sebagai berikut :

Cara Cepat Mencairkan Hasil Jualan Ebay dengan Payoneer
Saat menerima penjualan produk di ebay


Ketika terjadi penjualan di toko ebay kita, dana yang dibayarkan pembeli mampir dulu di ebay, apabila tidak dihold oleh ebay. Dana  akan muncul di bagian Processing. Sebelum dana masuk ke Available Funds membutuhkan waktu sekitar 1 hari kerja untuk prosesnya.

Cara Cepat Mencairkan Hasil Jualan Ebay dengan Payoneer


Kemudian setelah procesing selesai dana akan masuk di Available Funds. Apabila kita tidak merubah setinggan untuk payout ke payoneer, secara default setingannya Daily Payout, artinya dana yang sudah ada di Available Fund akan langsung dipayout/ditransfer ke akun payoneer penjual. Waktu yang dibutuhkan yaitu 1-2 hari kerja.

Cara Cepat Mencairkan Hasil Jualan Ebay dengan Payoneer
Alur Proses dana penjualan dari ebay dan feenya


Fee ebay akan ditampilkan di perincian pembayaran dan juga additional fee yang kita terapkan sebelumnya seperti sponsored listing dan lainnya. Apabila produk laku karena pembeli mengkllik link produk di ebay melalui sponsored link, maka akan muncul fee nya. Fee ini akan mengurangi jumlah uang yang akan masuk  ke akun payoneer.

Cara Cepat Mencairkan Hasil Jualan Ebay dengan Payoneer
Contoh rincian fee ebay

Begitupun dengan fee ebay seperti listing fee, final value fee, tax (jika ada), and value added tax atau Pajak pertambahan Nilai (PPN). Semua fee tersebut akan diambil dari dana penjualan saat payout ke payoneer. Jadi dana yang kita dapatkan di payoneer sudah bersih dari fee-fee tersebut.      

Kemudian untuk mencairkan dana yang sudah masuk ke akun payoneer penjual bisa dilakukan setelah dana tersedia di akun payoneer. Caranyaa mudah, pada menu dashboard payoneer akan terlihat berapa jumlah saldo payoneer kita. Jumlah yang bisa dicairkan di payoneer yaitu minimal $50. Apabila belum mencapai 50 usd maka dana belum bisa dicairkan ke rekening bank.

Cara Cepat Mencairkan Hasil Jualan Ebay dengan Payoneer
Tampilan dashboard payoneer dan informasi saldonya


Aturan minimal withdraw $50 ini sebenarnya terasa memberatkan karena barang-barang yang saya jual kebanyakan di bawah $50, sehingga butuh beberapa produk yang terjual baru saya bisa withdraw payoneer dan menggunakan dananya untuk mengirimkan barangnya. Artinya saat belum mencapai $50, kita harus menanggung sendiri dulu ongkos pengiriman produknya.

Cara Cepat Mencairkan Hasil Jualan Ebay dengan Payoneer
Menu withdraw Payoneer


Apabila dana di saldo tersedia minimal $50 dan kita ingin mencairkannyaa ke rekening bank, caranya sangat mudah. Pada dashboad terlihat jumlah saldo payoneer kita, kemudian klik Withdraw, dan kemudian isikan jumlah yang akan dicairkan, pilih rekening bank yang sebelumnya sudah dimasukan, kemudian klik Withdraw.

Cara Cepat Mencairkan Hasil Jualan Ebay dengan Payoneer
Memasukan dana yang akan diwithdraw dan rate yang berlaku


Kemudian permintaan withdraw tersebut akan direview oleh payoneer, apabila tidak ada masalah maka dana akan langsng masuk ke rekening bank. Biasanya bank akan memungut fee dari pencairan ini dan besarnya fee bank berbeda-beda.

Cara Cepat Mencairkan Hasil Jualan Ebay dengan Payoneer
Ringkasan Withdraw


Yang paling menarik dari pencairan menggunakan payoneer yaitu proses pencairan dana dari payoneer ke rekening bank yang Super cepat Wwuzz wuzzz. Saya melakukan request withdraw sekitar jam 05 pagi dan pada pukul 14.00 siang dana sudah masuk ke rekening dengan catatan withdraw dilakukan pada hari kerja. Mantap kan !!

Cara Cepat Mencairkan Hasil Jualan Ebay dengan Payoneer
Posisi saldo setelah diwithdraw


Apabila dihitung dari waktu terjualnya produk di ebay sampai menerima pencairan dana ke rekening bank akan membutuhkan waktu sekitar 3 hari dengan catatan dilakukan pada hari kerja. Apabila diproses saat weekend maka akan lebih lama 2 hari, karena hari libur tidak masuk hitungan.

Nah seperti itulah gambarannya proses penjualan produk di ebay setelah ebay menggunakan managed payment dengan payoneer. Masing-masing alat pembayaran memiliki kelebihan dan kekurangan, namun yang terpenting kita mengetahui aturan dari alat pembayaran tersebut sehingga transaksi penjual dan pembeli terjamin dan aman.

Demikian pengalaman saya menjual produk di ebay sampai pencairan dana di payoneer setelah ebay menggunakan managed payment. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.

Post a Comment for "Cara Cepat Mencairkan Hasil Jualan Ebay dengan Payoneer "