Makalah RA Kartini Mengangkat Derajat Perempuan Indonesia

Masdinko.com-Membuat makalah RA Kartini, salah seorang pahlawan perempuan Indonesia, biasa dilakukan oleh para siswa sekolah menjelang peringatan Hari Kartini pada tanggal 21 April. Pembuatan makalah tersebut sebagai media untuk mengingat Peran dan kiprah Raden Ajeng Kartini atau RA Kartini dalam mengangkat derajat kaum perempuan Indonesia pada saat itu tidaklah kecil, mengingat saat itu faktor sosial budaya sangat membatasi peran perempuan dalam berbagai bidang.

RA Kartini berjuang mengangkat derajat perempuan serta memperjuangkan hak perempuan agar dapat sejajar dengan kaum laki-laki melalui pemikirannya, ide dan gagasan, dan cita-citanya agar perempuan Indonesia mendapatkan hak pendidikan seperti halnya kaum laki-laki. Padahal saat itu kondisi sosial dan budaya serta adat istiadat di lingkungan masyarakat sangat membatasi perempuan dan hanya diposisikan sebagai pengurus rumah tangga saja.


Melalui tulisan-tulisan buah karya pikirannya yang termuat dalam kumpulan surat-suratnya yang dibukukan berjudul Door Duisternis Tot Licht. Di dalamnya berisikan kata-kata dan kalimat motivasi mengenai pentingnya pengembangan dan pembentukan watak di atas pendidikan otak, sehingga dapat menjadikan manusia mampu berdiri sendiri, tidak bergantung kepada kerabat atau siapapun. Buah pemikiran RA Kartini dibukukan juga dengan judul Letters of a Javanese Princess dan beredar di Amerika sekitar tahun 1921. Di Indonesia, tulisan-tulisan buah pemikiran RA Kartini dalam bentuk surat-surat dibukukan dengan judul buku Habis Gelap Terbitlah Terang.     

Perjuangan RA Kartini mengangkat derajat pendidikan perempuan akhirnya dapat direalisasikan setelah beliau menjadi istri Raden Adipati Joyoningrat, seorang Bupati Rembang. Berkat dorongan dan bantuan suaminya, RA Kartini mendirikan sekolah kepandaian putri dan mengajarkan perempuan berbagai hal seperti keterampilan menjahit dan kepandaian lainnya.   

Dari pemaparan singkat mengenai kiprah dan peran RA Kartini tersebut di atas dan dibandingkan dengan kondisi saat ini, dimana peluang dan peran perempuan Indonesia dalam berbagai bidang sangat terbuka. Tidak sedikit perempuan Indonesia yang menjadi pimpinan institusi, lembaga, perusahaan dan badan hukum lainnya.

Perjuangan RA Kartini mengangkat derajat perempuan Indonesia telah dapat dirasakan sebagian besar perempuan Indonesia, sehingga sudah sepatutnyalah kita menghargai  perjuangan beliau dengan cara yang positif, yaitu dengan berupaya meningkatkan kualitas diri serta ikut berperan aktif dalam pembangunan negara sesuai bidangnya masing-masing. 

Bagi para pelajar atau siswa sekolah, saat ini kesempatan dan peluang terbuka lebar untuk mencapai apa yang dicita-citakan, fasilitas pendidikan sudah ada dan tersedia, tinggal bagaimana anda mempersiapkan dan meningkatkan kualitas pribadi anda agar dapat bersaing dengan yang lainnya dalam mencapai cita-cita.

Makalah RA Kartini yang kami tampilkan memuat beberapa pesan positif serta gambaran perjuangan RA Kartini semasa hidupnya. Meskipun meninggal dalam usia yang masih muda, namun buah pikiran dan cita-citanya tentang perempuan Indonesia yang dapat sejajar dengan kaum laki-laki harus kita hargai dan apresiasi tinggi. Selamat Hari Kartini       

Download Makalah RA Kartini :

Makalah RA Kartini (DOCX)
Makalah RA Kartini (PDF)
Sumber :  https://risalridwan.blogspot.com/2017/12/makalah-ra-kartini.html

Makalah RA Kartini (DOCX)
Makalah RA Kartini (PDF)
Sumber : https://www.scribd.com/document/376710845/makalah-kartini  

Post a Comment for "Makalah RA Kartini Mengangkat Derajat Perempuan Indonesia "