Begini caranya keluar dari Grup WA tanpa diketahui anggota grup

Begini caranya keluar dari Grup WA tanpa diketahui anggota grup

Begini caranya keluar dari Grup WA tanpa diketahui anggota grup

Tak bisa dibantah lagi penggunaan aplikasi media sosial Whatsapp saat ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Dengan fitur whatsapp yang lengkap seperti menelepon, voice chat, chating (text + emoticon), kirim foto/gambar, video, file dokumen, video call, membuat grup, berkomunikasi dalam grup, dan masih banyak fitur lainnya, membuat masyarakat semakin nyaman menggunakan whatsapp (WA).

Salah satu fitur yang setiap pengguna whatsapp pasti gunakan yaitu fitur grup whatsapp. Dengan fitur grup WA, pengguna dapat membuat dan bergabung dalam grup dengan tema dan tujuan tertentu. Adanya grup WA memudahkan pengguna untuk berinteraksi dengan pengguna lainnya yang masuk dalam grup yang sama. Pengguna lainnya yang tidak ikut dalam grup tersebut tidak akan bisa untuk mengakses isi percakapan atau informasi yang ada di grup tersebut.


Salah satu grup yang biasa dibuat misalnya grup keluarga. Grup keluarga diisi hanya oleh orang-orang pengguna WA yang masih ada hubungan keluarga. Orang lain yang tidak diinvite atau menjadi anggota grup tersebut maka tidak akan bisa mengakses informasi yang ada di grup keluarga tersebut.

Beberapa manfaat grup WA dapat kita rasakan diantaranya :
  1. Lebih mempererat silaturahmi diantara anggota grup.
  2. Mempermudah dalam menyampaikan informasi kepada anggota grup seperti undangan nikah, undangan reuni, informasi yang sakit, dan lainnya.
  3. Informasi dapat lebih terjaga karena hanya anggota grup saja yang mengetahui informasi yang ada di grup.
  4. Mendekatkan anggota grup yang jauh. Bagi yang berada di tempat yang jauh seperti di luar negeri, adanya grup akan merasa lebih dekat, seakan-akan tidak ada sekat ruang dan waktu karena informasi dapat diterima secara cepat.
Namun semakin banyak teman atau relasi yang dimiliki, semakin banyak juga yang mengajak anda untuk bergabung dengan grup yang teman atau relasi anda buat. Ada yang grup jualan, grup profesi yang sama, alumni sekolah yang sama, dari mulai alumni SD sampai perguruan tinggi.

Seringkali karena merasa tidak enak untuk menolak saat ada teman dekat atau teman sesama alumni mengundang untuk bergabung dalam grupnya, anda akan menerimanya, sehingga aplikasi WA akan berisi banyak grup dengan komunikasi yang intensif setiap detik dan menit dari anggotanya. Yang terjadi adalah banyaknya notifikasi WA yang terus muncul, banyaknya kiriman foto/video yang tersimpan ke handphone, yang pada akhirnya akan membuat memori internal handphone anda penuh.

Apabila memori internal handphone penuh biasanya akses internet/data akan dihentikan oleh sistem android dan anda diharuskan membuang file-file yang tidak digunakan agar kapasitas memori handphone tidak penuh. Dan akhirnya akan menyita waktu anda untuk memilah dan memilih file-file yang tidak penting untuk dihapus. Terkecuali anda memiliki handphone yang memiliki memori internal yang besar, mungkin tidak terlalu merepotkan.

Pada akhirnya, terlintas di pikiran anda untuk keluar dari grup WA yang telah anda ikuti, namun anda tidak ingin anggota grup tadi mengetahui anda telah keluar dari grup WA. Seringkali karena kita keluar dari grup lalu muncul pertanyaan dari anggota lain kenapa kita keluar dari grup.

Untuk keluar dari grup WA tanpa diketahui anggota grup lainnya ada beberapa cara diantaranya sebagai berikut :

1. Pakai fitur Exit Group dari Whatsapp


  • Buka aplikasi WA di smartphone anda
  • Lalu buka grup yang ingin anda tinggalkan
  • Kemudian tekan atau tap nama grup (di bagian atas)
  • Cari ke bawah pilihan Exit Group
  • Lalu muncul "Notifikasi mengenai konfirmasi untuk keluar group"
  • Pilih Exit
  • Hapus grup yang anda tinggalkan.

2. Keluar Grup dengan Clear Data aplikasi WA


Apabila cara pertama tidak berhasil bisa coba dengan cara kedua yaitu dengan menghapus data WA (Clear Data WA). Dengan menghapus data WA, semua Data WA akan dihapus, namun aplikasi WA tidak hilang, tetap ada namun kalau mendaftarkan nomor kartu yang sama dengan sebelumnya, maka otomatis bergabung lagi dengan grup yang ingin kita tinggalkan.

Cara menghapus data WA :
  1. Masuk ke menu pengaturan/setting handphone anda
  2. Kemudian klik Aplikasi/aplk/application manager
  3. Cari aplikasi whatsapp
  4. Kemudian tekan hapus data dan hapus memori/cache







Efek dilakukannya menghapus data WA yaitu Akun WA akan hilang dari handphone namun akun tersebut masih aktif dan muncul di grup namun sudah tidak dapat menerima pesan lagi.

3. Ganti nomor WA dengan nomor sementara kemudian ganti lagi dengan nomor lama


Cara ketiga ini termasuk cara yang ampuh untuk keluar dari grup WA namun tetap ingin meng gunakan nomor yang lama.  Agar cara ini berhasil, maka diperlukan nomor baru sebagai pengganti nomor lama untuk sementara.

Tahap 1 : Mengganti Nomor WA
  1. Persiapkan nomor yang baru untuk pengganti sementara nomor lama
  2. Kerjakan penggantian nomor WA dengan cara masuk ke menu Setelan >> Akun >> Ganti Nomor dan ikuti petunjuk yang ada sampai selesai.

  3. Setelah sukses mengganti nomor WA maka secara otomatis pada grup WA yang ingin kita tinggalkan, nomornya sudah berganti menjadi nomor yang baru namun kita belum keluar dari grup
Tahap 2 : Menghapus Nomor Whatsapp
  1. Clear Data WA dengan masuk ke menu Pengaturan >>Aplikasi/aplk/application Manager
  2. Pilih aplikasi Whatsapp
  3. Kemudian klik hapus data dan hapus memori/cache

Efek dari dihapusnya data WA yaitu aplikasi WA akan bersih dan fresh seperti baru didownload. Status akun WA sebelumnya sebetulnya masih aktif namun sudah tidak ada di handphone.

Tahap 3 : Mendaftar WA dengan Nomor lama
Note : Untuk mendaftarkan WA dengan nomor lama, sebaiknya tunggu 5-15  menit sejak kita menghapus data WA, khawatirnya nanti kode verifikasi tidak masuk atau tidak diterima terus.
Apabila kita ingin keluar dari grup lama dan menggunakan kembali nomor lama sebagai akun whatsapp, maka perlu untuk didaftarkan kembali dengan cara sebagai berikut :
  1. Buka aplikasi whatsapp
  2. Pilih Setuju dan Lanjutkan
  3. Masukan Nomor HP lama dan lakukan verifikasi. Normalnya verifikasi akan langsung diterima. Namun apabila belum diterima, tunggu 5-15 menitan untuk mengirim kembali verifikasi atau gunakan metode verifikasi lainnya via telepon.
  4. Apabila proses verifikasi selesai, lanjutkan dengan proses pendaftaran. Apabila muncul pilihan untuk Restore, maka dilewat saja, namun resikonya history chat akan hilang.
Memang cara keluar dari grup wa tanpa diketahui member lain di atas berlaku dan berdampak pada semua grup. Artinya semua grup anda tinggalkan. Untuk saat ini belum diketahui adakah cara untuk keluar dari 1 grup saja tanpa diketahui member lainnya. Jadi pertimbangkanlah secara matang untuk menggunakan cara di atas.

Demikian cara keluar dari grup WA tanpa diketahui anggota grup lainnya. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments