Cara menyimpan gambar dan video dari status whatsapp teman tanpa aplikasi

Cara menyimpan gambar dan video dari status whatsapp teman tanpa aplikasi

Cara menyimpan gambar dan video dari status whatsapp teman tanpa aplikasi

Penggunaan aplikasi Whatsapp semakin familiar di masyarakat Indonesia. Hal ini terlihat dari banyaknya pengguna smartphone yang mendownload dan menggunakan secara aktif aplikasi whatsapp.

Fitur whatsapp yang lengkap salah satu alasan mengapa masyarakat Indonesia lebih menggunakan Whatsapp dibanding aplikasi perpesan atau media sosial lainnya seperti Blackbery Messenger (BBM), Telegram, Facebook Messenger, Line dan lainnya. Fitur aplikasi whatsapp yang sering digunakan diantaranya fitur chatting, voice call, video call, voice message, fitur grup, share file (gambar,foto,video, file data), fitur web, fitur status/story dan lainnya.
Salah satu fitur yang banyak dinikmati pengguna whatsapp saat ini yaitu fitur status atau story WA. Fitur ini sama seperti fitur yang dimiliki oleh facebook yaitu update status atau apa yang anda pikirkan atau story/cerita. Adanya fitur status/story ini membantu pengguna whatsapp dalam menginformasikan apa yang ada dalam pikirannya, kegiatan yang dijalankan saat ini, atau menginformasikan hal lainnya.

Fitur status/story pada whatspp dapat diisi dengan text, emoticon, foto, animasi, video (dibatasi durasinya) dan lainnya. Sehingga pengguna whatsapp yang telah menjadi kontak kita, dapat melihat status/story yang kita buat. Fitur status/story whatsapp sangat dirasakan manfaatnya terutama yang jualan melalui whatsapp. Kita dapat menawarkan produk barang atau jasa melalui status/story whatsapp ini.

Apalagi dengan berbagai media yang didukung seperti text, emoticon, foto, video mempermudah dalam menjual produk atau jasa. Selain digunakan untuk berbisnis, status/story whatsapp juga berguna untuk mengupdate informasi sekitar kita seperti even pernikahan, kelahiran bayi, informasi yang meninggal dan informasi lainnya seperti halnya kita menulis di status facebook.

Namun pada whatsapp status/story ini tayangannya akan muncul hanya selama 24 jam, sehingga untuk menayangkannya kembali anda harus mempostingnya lagi pada esok harinya (24 jam kemudian). Jadi apabila anda tidak ingin kehilangan foto atau video yang teman anda posting di status/storynya, anda harus secepatnya menyimpannya. Bisakah menyimpan status atau story orang lain pada smartphone anda? tentu saja bisa.

Ada dua cara untuk menyimpan status whatsapp teman kontak anda. Cara pertama menyimpan status whatsapp teman adalah menggunakan aplikasi lain di luar whatsapp. Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan silahkan cari di playstore dengan keyword save status whatsapp.

Cara kedua, khususnya bagi pengguna WA yang smartphone dengan memori terbatas, sehingga tidak bisa menginstal aplikasi penyimpan status WA, bisa menggunakan cara ini yaitu menyimpan status WA teman tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Cara menyimpan dan download foto/video dari status whatsapp teman


Perlu diketahui, foto maupun video yang terlihat di status/story teman itu tersimpan di media penyimpanan smartphone kita. Untuk membukanya membutuhkan cara tertentu, karena file tersebut tersimpan namun disembunyikan oleh sistem android. Sehingga tidak terlihat saat kita membuka galery atau membuka berkas file.

Berikut tutorial untuk membuka dan menyimpan foto dan video status teman
  1. Buka dan lihat status/story teman yang ingin anda download foto atau videonya, dengan cara mengklik status dan nama teman anda.

  2. Kemudian keluar dari aplikasi whatsapp dan buka manager file di smartphone anda.

  3. Pilih menu seting/setelan/pengaturan

  4. Aktifkan opsi "Tampilkan file tersembunyi" sehingga semua file dengan status hidden dapat terlihat. Ciri berkas yang dihidden memiliki nama diawali dengan titik seperti ".chache."

  5. Kemudian mencari folder/berkas dengan nama Whatsapp. Didalam berkas ini berisi semua foto, video,voice note, dokumen dan musik yang diunduh dari chat pribadi maupun grup. Dalam berkas whatsapp ini juga tersimpan foto dan video yang bersumber dari status/story.


  6. Kemudian pilih Media >> .Statuses. Didalam folder statuses ini, kita akan mendapati beberapa foto dan video yang berasal dari status/story WA. Baru kita cari foto/video yang ingin kita simpan.

  7. Langkah berikutnya yaitu menyalin atau menyimpan foto/video yang berasal dari status/story WA ke folder yang kita inginkan, seperti ke Galery atau Download atau bisa membuat folder sendiri. 


  8. Ganti nama file status karena nama file aslinya cukup panjang dan terdiri dari angka dan huruf yang panjang. Dengan merename atau mengganti nama filenya anda tidak perlu susah untuk mencarinya.

  9. Selesai sudah anda menyimpan foto atau video dari status/story whatsapp teman kontak anda.
Bagi saya pribadi, adanya cara menyimpan gambar dan video status WA ini mempermudah dalam melakukan bisnis, yaitu memudahkan untuk mensave gambar produk atau video produk dari suplier produk yang saya jual.

Demikian cara praktis menyimpan gambar dan video dari status whatsapp kontak kita tanpa instal aplikasi lainnya. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments