Cara Mencetak pas foto dengan mudah di adobe photoshop untuk pemula

Cara Mencetak pas foto dengan mudah di adobe photoshop untuk pemula

Cara Mencetak pas foto dengan mudah di adobe photoshop untuk pemula

Mencetak Pas Foto untuk keperluan administrasi suatu dokumen seperti surat lamaran maupun surat keterangan masih dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat, meskipun saat ini sebenarnya sudah banyak juga yang menggunakan perangkat elektronik online untuk berbagai keperluan dokumen tadi. Bagi yang memiliki perangkat komputer/laptop serta printer berwarna serta media kertas khusus foto, mencetak pas foto secara mudah dapat dilakukan sendiri tanpa anda harus pergi ke jasa cetak foto atau studio foto.
Untuk mencetak pas foto sebetulnya tidak membutuhkan software khusus, menggunakan software pengolah dokumen seperti Office Word juga bisa, namun posting kali ini saya akan membahas secara khusus cara mudah mencetak pas foto dengan software photoshop. Photosop yang saya gunakan versi CS3, namun intinya dapat diterapkan pada photoshop versi lainnya. 

baca juga : Font Pilihan Adobe Photoshop cocok buat Desain Grafis

Photoshop sudah dikenal sejak dulu untuk pengolahan foto dan image, dari efek yang sederhana sampai dengan yang rumit, semua fitur lengkap tersedia. Untuk mencetak pas foto bisa dari berbagai ukuran 2x3, 3x4 dan 4x6. Ukuran pas foto tersebut memang lazim digunakan untuk dokumen lamaran kerja, surat keterangan, dan dokumen lainnya. Ukuran pas foto tersebut dirubah dahulu ke dalam satuan cm (centimeter) atau milimeter (mm) atau inchi. Tergantung kita mau menggunakan yang mana. Kalau saya lebih mudah menggunakan ukuran centimeter. Berikut konversi ukuran pas foto ke berbagai satuan ukuran.


Setelah kita mengetahui ukuran pas foto standar, baru kita mulai menjalankan tahapan-tahapan mencetak pas foto dengan photoshop.

1. Buat Dokumen/file Baru



Kita akan membuat dokumen/file baru untuk menentukan ukuran kertas yang akan menjadi tempat menaruh pas foto yang akan dicetak. Caranya :
a. Klik File >> New atau Ctrl + N
b. Muncul Jendela dengan isian sebagai berikut :

# Name : Nama file
# Preset : International Paper
# Size : A4
# Width : Otomatis terisi
# Height : Otomatis terisi
# Resolusi : 300 / Pixels/Inch
# Color Mode : RGB Color / 8 Bit
# Background Content : White

2. Membuka foto yang akan dicetak


a. Klik File >> Open atau Ctrl + O
b. Muncul jendela baru seperti gambar di bawah
c. Cari file fotonya di drive dan foldernya, kemudian klik Open

3. Drag/copy kan foto dengan cara tekan Ctrl + Tombol Mouse Kiri, arahkan ke file kertas A4


4.Perkecil foto dengan menekan CTRL+T, Kemudian Klik Gambar icon Rantai di atas, dan tarik dari sudur foto. Kemudian tekan icon Rectangular Marquee Tool (M)




5. Pilih area foto, usahakan simetris agar terlihat lebih bagus. Akhiri dengan klik kanan dan pilih Layer via Cut.



6. Hapus Layer 1 dengan cara klik kanan dan pilih Delete Layer


7. Akhirnya sudah jadi untuk 1 foto. Apabila ingin mencetak sekaligus banyak, gandakan foto dengan cara Tekan CTRL+ALT dan geser ke kiri/kanan atau ke atas ke bawah secara bersamaan, tergantung keinginan kita.


8. Klik File + Print atau Ctrl+P dan muncul tampilan seperti di bawah, kemudian pilih Print.

9. Lalu muncul menu Print dari printer lalu klik Print. Apabila ingin menseting pengaturan jenis kertas dan mode pencetakan, klik saja tombol Properties lalu pilih menu berkaitan dengan pengaturan kertas. Untuk kertas foto biasanya menggunakan Glossy Photo Paper

10. Untuk pemotongan kertas pas foto bisa menggunakan gunting atau alat pemotong kertas.      
    
Demikian tahapan cara mencetak pas foto dengan mudah di Adobe Photoshop untuk Pemula. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.    
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments