Dijamin 100% Lulus UNBK Menjalankan 8 Tips UNBK Ini

Dijamin 100% Lulus UNBK Menjalankan 8 Tips UNBK Ini

Dijamin 100% Lulus UNBK Menjalankan 8 Tips UNBK Ini

UNBK atau Ujian Nasional Berbasis Komputer merupakan salah satu tahapan ujian yang harus dilaksanakan oleh siswa di tahun terakhir menjelang selesainya jenjang pendidikan baik di tingkat SD,SMP maupun SMA/SMK. UNBK 2019 tidak lama lagi akan diselenggarakan, dan sebaiknya para siswa yang akan menjalaninya, melakukan persiapan agar lulus UNBK 2019.

Untuk mendapat nilai UNBK 2019 maksimal, bisa dimulai dengan menjalankan tips lulus UNBK di bawah ini, agar dapat lulus UNBK 2019 dengan nilai maksimal. Tips lulus UNBK ini disusun dari mulai persiapan sampai mengerjakan soal-soal UNBK 2019. Persiapan mental dan teknis harus sudah dipersiapkan sebelumnya. Berikut ulasan cara lulus UNBK 2019 dengan nilai maksimal :

1. Mempersiapkan Mental


Seperti halnya seorang atlet olahraga yang akan bertanding, mental dan kepercayaan diri harus dipersiapkan dahulu. Yakinkan diri kita bisa meraih nilai terbaik. Rasa khawatir dan gugup biasanya terjadi saat akan dilaksanakan UNBK, apabila tidak bisa dikendalikan atau tidak bisa menenangkan diri, sia-sia saja berbagai try out yang pernah diikuti, karena seringkali rasa khawatir dan gugup ini membuyarkan konsentrasi dan fokus kita terhadap soal-soal dalam UNBK 2019.

Solusi agar dapat menenangkan diri dapat dilakukan dengan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar diberikan kelancaran dan diberikan ketenangan dalam mengerjakan soal UNBK, mengatur pernafasan agar diri kita tenang, dan tetap percaya diri bahwa kita bisa melalui UNBK 2019 dengan baik.

2. Menjaga Kondisi Tubuh


Setelah memantapkan mental sebelum UNBK, hal lainnya yang tidak kalah penting yaitu menjaga kesehatan badan/tubuh. Apabila saat pelaksanaan UNBK 2019 badan kita tidak sehat atau sakit, pasti akan mengganggu konsentrasi dalam mengerjakan soal UNBK 2019 dan bahkan mengganggu orang lain dalam satu ruangan yang sama. Apalagi kalau sampai berhalangan tidak hadir pada hari pelaksanaan UNBK, prosedur untuk ujian susulannya mungkin lebih rumit dibanding ketika menggunakan soal berbentuk kertas.
                    
Cara menjaga kondisi tubuh agar sehat yaitu dengan rutin menggerakan badan (olahraga ringan) serta mengatur pola makan yang sehat, hindari makanan yang tidak higienis dan tidak sehat.   
                 

3. Pahami Dahulu Petunjuk Pengisian Soal UNBK 2019


Ujian dilaksanakan menggunakan alat bantu komputer atau berbasis komputer sehingga siswa peserta UNBK harus memahami penggunaan perangkat komputer dengan baik serta petunjuk cara mengisi jawaban pada software UNBK 2019. Apabila belum pernah menggunakan software UNBK coba cari di internet atau kalau kita ada dana bisa membeli buku soal UNBK dan contoh softwarenya di market place lokal (Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lainnya)                               

4. Mempelajari kisi-kisi soal UNBK


Kisi-kisi soal UNBK 2019 merupakan petunjuk atau pointer tentang materi-materi yang kemungkinan akan keluar pada UNBK 2019. Kisi-kisi UNBK 2019 ini bersifat umum, meskipun umum namun lumayan banyak membantu dalam menentukan materi apa saja yang dipelajari, karena untuk mempelajari semua bahasan mungkin tidak semua dikuasai, adanya kisi-kisi menjadikan belajar lebih efektif.      

5. Berlatih soal-soal UNBK Sebelumnya


Berlatih mengerjakan soal-soal UNBK tahun sebelumnya akan membuat siswa terbiasa menghadapi model-model soal UNBK. Biasanya soal UNBK tahun sebelumnya ada beberapa kemiripan dengan tahun sekarang. Dengan berlatih soal UNBK sebelumnya siswa setidaknya akan mendapat gambaran/bayangan materi apa saja yang keluar di soal UNBK nanti.  

6. Ikut Bimbingan Belajar dan simulasi UNBK


Bagi yang mampu dan ingin lebih meningkatkan kemampuan dalam belajarnya bisa dengan mengikuti bimbingan belajar (bimbel) yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan swasta. Lembaga bimbel biasanya memiliki formula/cara khusus agar siswa peserta bimbel banyak yang lulus dengan nilai maksimal. Lembaga bimbel juga biasanya sering mengadakan simulasi atau try out untuk melihat kemampuan peserta try out. 

7. Relaksasi Otak


Keinginan mencapai prestasi maksimal dalam UNBK 2019 pasti yang diharapkan oleh para siswa peserta UNBK. Keinginan tersebut membuat waktu belajar lebih ketat dan lebih banyak sehingga akan memacu otak untuk bekerja lebih keras. Namun otak juga memiliki keterbatasan, secara umum otak akan fokus dan konsentrasi 100% dalam belajar pada saat 20 menit pertama saja. Selebihnya konsentrasi mulai hilang dan tidak fokus. Untuk merefresh otak, sesekali cobalah bersantai dengan berjalan di taman, melihat pemandangan alam yang segar, ke pantai dan lainnya. 
   

8.Tenang dan Teliti Mengerjakan soal UNBK 2019


Setelah tahapan persiapan, tips lulus UNBK selanjutnya yaitu pada saat pelaksanaan UNBK 2019. Pada saat tes suasana di ruangan tes seringkali menciptakan ketegangan dan kegugupan. Gugup dan perasaan gelisah seringkali membuat konsentrasi buyar.

Coba untuk mengatur pernafasan, dan berdoa dengan tenang, memohon kepada Tuhan, agar diberikan kelancaran. Setelah merasa tenang, kerjakan soal-soal dengan penuh ketelitian. Karena seringkali muncul soal-soal yang jawabannya mirip ataupun sebenarnya soal-soal tersebut sudah pernah kita temui, cuma dibolak-balik saja pertanyaannya. Jadi tenang dan telitilah dalam mengerjakan soal UNBK 2019.
   
Demikian beberapa tips untuk lulus UNBK 2019 dengan nilai maksimal dan 100% dijamin lulus UNBK. Semoga tulisan ini bermanfaat, keep learning and sharing. 
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments