Tips Cara Membuat Akun Seller Ebay Dari NOL sampai bisa jualan

Masdinko.com-Pada zaman milenial ini banyak cara atau usaha yang dilakukan secara online, bermodal gadget/laptop/komputer yang bisa menghasilkan pendapatan yang melebihi gaji pegawai di kantoran dan bisa dilakukan dimana saja baik di rumah, maupun di tempat lain sepanjang terdapat koneksi internet.

Tren ini semakin meningkat dengan semakin mudahnya masyarakat mengakses internet, munculnya alat pembayaran digital (e-money), yang semakin memudahkan masyarakat untuk membeli kebutuhannya secara online. Di lingkup dalam negeri (lokal), telinga kita sudah tidak asing lagi dengan namanya Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, Blibli dan lainnya. Mereka adalah perusahaan yang mendirikan marketplace sebagai wadah atau tempat beinteraksinya penjual dan pembeli secara online.

Berbagai fitur dan kemudahan mereka sediakan sehingga kebiasaan masyarakat sedikit bergeser dari yang biasanya membeli ke pasar atau ke toko, menjadi membeli ke marketplace. Ditunjang lagi dengan lahirnya ojek online yang pada daerah tertentu bisa mengirimkan pesanan dari pembeli di marketplace tersebut, sehingga pembeli dapat menerima pesanannya secara cepat.

Hal yang sama mirip terjadi pada perusahaan marketplace global seperti alibaba, aliexpress, ebay, amazon dan lain-lain. Meskipun memang terdapat beberapa perbedaan dibanding marketplace lokal, namun secara umum seperti mudahnya akses internet, tersedianya alat pembayaran, banyaknya perusahaan ekspedisi ke luar negeri yang menerima paket/barang secara retail, semakin maraknya penggunaan sosial media dan lainnya.


Pengguna internet yang jeli melihat peluang usaha, akhirnya mencoba untuk melakukan penjualan barang ke luar negeri, dengan pertimbangannya pasar luar negeri lebih luas, daya beli pembeli lebih tinggi, sehingga harga jual produk akan lebih tinggi dan otomatis profit yang didapatkan akan lebih besar.

Salah satu marketplace yang bisa digunakan untuk mencapai tujuan tersebut salah satunya yaitu market place ebay. Pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) bisa memanfaatkan fitur di marketplace Ebay untuk mencoba pasar baru yang dari sisi ekonomisnya memberikan revenue yang lebih besar.

Dengan segala aspek yang telah mudah seperti koneksi internet yang mudah dan murah, gadget untuk capture kualitas baik sudah banyak tersedia, ekspedisi ke luar negeri bertambah banyak (dulu hanya Pos Indonesia saja), Alat pembayaran sudah tersedia (Payoneer) bisa mencairkan dana dalam 1 hari, debit card sudah bisa dipakai untuk syarat pendaftaran (Jenius dan Bank Jago) dan lainnya.

Momentum ini, harus dilihat oleh pelaku usaha maupun perorangan yang ingin mendapatkan penghasilan yang lebih baik dengan cara berjualan di Ebay. Yang harus dilakukan yaitu ACTION. Lakukan pendaftaran secepatnya agar tidak ketinggalan dengan yang lain.

Mendaftar atau Membuat Akun Seller Ebay


Persyaratan yang dibutuhkan Ebay

  1. Data-data pribadi yang valid sesuai dengan ID Card (KTP/SIM)
  2. Credit Card atau Debit Card, bisa menggunakan Jenius dan Bank Jago, dengan cara membuka rekening secara online. Apabila tidak Credit Card atau Debit Card yang support, bisa menggunakan Virtual Credit Card (VCC). Hubungi saya di menu Kontak, apabila anda membutuhkannya.
  3. Email yang valid untuk verifikasi dan pengiriman One Time Passcode (OTP)
  4. Nomor handphone yang valid untuk verifikasi dan pengiriman One Time Passcode (OTP)


Persyaratan yang dibutuhkan Payoneer

  1. Data-data pribadi yang valid sesuai dengan ID Card (KTP/SIM)
  2. Credit Card atau Debit Card, bisa menggunakan Jenius dan Bank Jago, dengan cara membuka rekening secara online. Apabila tidak Credit Card atau Debit Card yang support, bisa menggunakan Virtual Credit Card (VCC). Hubungi saya di menu Kontak, apabila anda membutuhkannya.
  3. Email yang valid untuk verifikasi dan pengiriman One Time Passcode (OTP)
  4. Nomor handphone yang valid untuk verifikasi dan pengiriman One Time Passcode (OTP)
  5. Upload dokumen untuk verifikasi Payoneer, bisa pilih salah satu : Utility Bill (tagihan telepon/listrik/air), Bank Document (buku tabungan), Rental Agreement (sejenis kontrak sewa).

Cara mendaftar menjadi seller di ebay

  1. Buka website ebay.com
  2. Cari menu Register
  3. Masukan data pribadi sesuai formulir sampai selesai
  4. Buka email untuk melihat security code dari ebay dan masukan di kolom di ebay
  5. Akun Ebay anda sudah jadi. Namun akun ini belum bisa dipakai belanja ataupun berjualan. Anda harus mengisikan dahulu alat pembayarannya, seperti credit card/debit card (VCC juga bisa dipakai).
  6. Saran saya, diamkan dahulu akun ebay anda beberapa minggu agar tidak kena suspend, atau kalau bisa gunakan dulu untuk belanja barang-barang yang murah dulu.

Berdasarkan pengalaman, Ebay sering men-suspend akun-akun baru ebay, karena sesaat setelah daftar mereka langsung mendaftar sebagai penjual Ebay. Hal ini membuat Ebay men-suspend akun tersebut, jadi lebih baik pelan-pelan, setelah agak lama baru ajukan sebagai penjual di ebay. Suspend bisa saja dilepaskan dengan menghubungi Ebay dan mengirimkan dokumen yang mereka minta.

Apabila sudah dirasa cukup lama kemudian mendaftar sebagai seller ebay sekaligus juga mendaftar akun payoneer yang baru. Dimulai dari menu My Ebay >> Selling.
Kemudian klik Payment, pilih credit/debit card, masukan data-datanya (nomor kartu,expire date, cvc code, Nama dan alamat.

Apabila tidak memiliki CC atau debit CC, bisa membeli VCC dahulu kemudian masukan no vcc, expire date, cvc code, nama pendaftar dan lainnya. Apabila membutuhkan bisa menghubungi Masdinko untuk pembelian VCC.

Setelah proses menambahkan payment selesai, kita coba membuat listing baru di ebay, yang kemudian akan diteruskan dengan membuat akun payoneer. Setelah membuat listing selesai, selanjutnya mengkoneksikan ebay dengan akun payoneer. Apabila sudah memiliki akun payoneer anda bisa langsung sign in, apabila belum maka kita pilih Create.

Data yang sudah ada di Ebay akan disinkronisasi sehingga datanya sama dengan Payoneer. Isikan data-data yang dibutuhkan, dan aktifkan handphone untuk menerima kode dari payoneer untuk verifikasi. Kemudian buka akun payoneer yang telah berhasil dibuat. Biasanya akan muncul permintaan untuk melakukan verifikasi Alamat menggunakan dokumen rekening bank/tagihan/perjanjian sewa atau kontrak.

Dokumen yang diupload akan diverifikasi oleh Payoneer, lamanya proses biasanya kurang dari 1 minggu. Apabila ditolak maka masukan lagi dokumen lainnya yang tertulis nama dan alamat dari pendaftar akun payoneer.

Setelah verifikasi Payoneer selesai maka listingan anda di Ebay akan aktif, dan apabila laku maka uang akan ditransfer ke Payoneer dan kemudian bisa dicairkan ke Bank yang telah kita pilih sebelumnya.

Untuk lebih lengkapnya silahkan tonton video tutorial membuat akun seller ebay terbaru di bawah ini :
https://youtu.be/xKeJvfLHrAo

Demikian tips cara membuat akun seller Ebay dan akun payoneer terbaru. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.  

1 comment for "Tips Cara Membuat Akun Seller Ebay Dari NOL sampai bisa jualan"

  1. Saya daftar reseller di aplikasi asia ebuy dan berhasil, kemudian ada pesanan masuk, namun saya bingung cara pembayaran nha

    ReplyDelete

Post a Comment