Tutorial Cara Saya Mengirim Barang Ke Luar Negeri Buat Jualan Retail Di Ebay

Masdinko.com-Berjualan ke pasar luar negeri semakin mudah untuk dilakukan. Dahulu ketika berbicara berjualan ke luar negeri atau bisnis ekspor, bayangan kita pasti akan tertuju pada rumitnya proses untuk melakukan ekspor dan juga besarnya modal yang harus dimiliki untuk mengirim barang ke luar negeri.

Namun bayangan seperti itu tidak berlaku lagi untuk saat ini. Berkembang pesatnya internet serta semakin canggihnya smartphone, menjadikan berjualan ke luar negeri semakin mudah. Ditambah lagi dengan banyaknya jasa ekspedisi yang membuka layanan pengiriman barang ke luar negeri dengan layanan express maupun reguler.

Menjual produk ke luar negeri hampir sama dengan seperti kita berjualan di market lokal seperti tokopedia, shopee dan lainnya. Produk yang dikirim tidak harus berjumlah besar seperti eksportir yang kontainer-an, produk yang kecil dengan berat yang ringan juga dapat kita jual dan kirimkan ke pembeli di luar negeri.

Lalu apakah calon buyer ada yang mau membeli produk dari Indonesia ? jangan salah ya, produk-produk Indonesia terutama handmade sudah banyak dikenal oleh para bule di luar negeri. Akibat pandemi Covid-19 mereka mungkin tidak bisa datang berwisata ke Indonesia, namun mereka tetap dapat membeli produk Indonesia secara Online.


Para pembeli bule bisa membeli produk dari Indonesia melalui marketplace Ebay, Etsy, Bonanza, eCrater dan lainnya. Selain itu bisa juga membeli melalui marketplace Facebook, media sosial (FB, Instagram, Whatsapp, Tiktok dll). Alat pembayaran juga semakin mudah digunakan. Bisa menggunakan debit Visa, Paypal, Payoneer, Western Union, dan lainnya. Dengan semua dukungan tadi maka peluang berjualan ke luar negeri semakin terbuka lebar.

Lalu bagaimana cara saya mengirim pesanan pembeli luar negeri ? saya sudah lama berjualan ke luar negeri (sekitar 10 tahun), semua pesanan dari pembeli bule berasal dari toko saya di Ebay. Mengapa saya berjualan di ebay ? karena menurut saya Ebay memiliki layanan untuk proteksi terhadap seller dan juga proteksi terhadap pembeli. Apabila muncul masalah maka Ebay akan menengahi dan menentukan keputusan yang diambil agar penjual dan pembeli mendapat keputusan yang adil.

Lalu bagaimana memproses pesanan dan sekaligus mengirimkannya menurut versi saya ? Saat ini saya hanya menggunakan 2 shipper yaitu Pos Indonesia (negara tertentu) dan DNDKirim.

Cara mengirim paket ke luar negeri pakai Pos Indonesia terbaru 2022


Sebelum menentukan kurir, sebelumnya lihat dahulu paket akan dikirim ke negara mana, untuk orderan kali ini saya akan mengirim ke pembeli di India. Untuk pengiriman ke luar negeri Pos Indonesia bekerjasama dengan DHL untuk layanan Pos Ekspor. Pos Indonesia memiliki beberapa layanan seperti RLN (Registered Mail), ePacket, Pos Ekspor dan Pos Cepat Luar Negeri. Tidak semua negara tersedia layanan tadi, untuk mengeceknya bisa cek langsung ke website pos Indonesia.

Setelah produk yang akan dikirim sudah siap dan sudah dipacking rapih, saya cek dahulu biaya kirim ke negara India. Masuk ke website pos Indonesia, dan pilih menu cek tarif. Kita akan diminta mengisi asal pengirim, daerah/negara tujuan, berat barang, nilai barang kemudian klik Cek tarif. Nanti akan keluar nama layanan dan tarif yang dikenakan.

Setelah berhitung dan cocok, sebelum kita datang ke kantor pos, kita harus mengisi dan mencetak CDS (Custom Declaration System). CDS yang sudah tercetak ditempelkan pada paket barang tersebut. Untuk mengisi dan mencetak CDS bisa masuk ke link berikut :

https://booking.posindonesia.co.id/

Berikut data yang harus anda siapkan dalam mengisi CDS Pos Indonesia
1. No Telepon / No. HP Pengirim
2. Jenis Identitas (NPWP, KTP, SIM & Paspor untuk WNA) serta nomor Identitas
3. Nama Pengirim
4. Email Pengirim
5. Alamat Pengirim

Kemudian setelah itu dibawa ke halaman selanjutnya dan mengisi data berikut :
1. No. Telepon/No. HP Penerima
2. Nama Penerima
3. Alamat Penerima (Nama jalan, kota, provinsi, negara)
4. Email Penerima


Kemudian klik Next dan selanjutnya harus mengisi Uraian Isi Kiriman, kita harus mengisi tujuan pengiriman barang, dan detail barang yang dikirim
1. Jenis barang (pilih salah satu)
2. Isi Kiriman (dengan memilih HS Code), bisa dicari di Google untuk mencari kode barangnya.
3. Isikan nama barang
4. Jumlah Barang (Kuantitas)
5. Nilai barang dalam rupiah


Kemudian selanjutnya ada menu Konfirmasi dan kemudian Submit. Kemudian CDS tadi dicetak atau diprint dan ditempelkan di atas paket. Jadi di atas paket ada 2 tempelan yaitu CDS dan juga label pengiriman (berisi data penerima dan pengirim).
 Selanjutnya tinggal bawa paket tersebut ke kantor pos dan Bayar. Setelah melakukan pembayaran anda diberi Nomor Resi atau tracking dan bisa dicek di website pos Indonesia. Lamanya pengiriman menggunakan layanan Pos Ekspor sekitar 10 hari.

Cara mengirim paket ke luar negeri pakai DNDKirim terbaru 2022


Perusahaan DNDKirim merupakan perusahaan swasta yang membuka jasa layanan pengiriman barang ke luar negeri baik dalam kuantitas kecil maupun besar. DNDKirim memiliki 2 layanan utama yaitu Layanan Standard dan Layanan Express. Perbedaannya yaitu pada lamanya pengiriman. Layanan Standard rata-rata terkirim dalam 14 hari dan layanan Express kurang dari 10 hari sudah sampai.

Saya menggunakan jasa DNDKIRIM sejak awal tahun 2021 sampai saat ini. Tujuan pengiriman paling banyak ke Amerika Serikat (USA). Pengiriman ke USA, DNDKIRIM berpartner dengan USPS. Mereka memiliki warehouse di USA, pengiriman dari Indonesia ke USA menggunakan kargo.

Namun jangan khawatir untuk Tracking Number atau Resi, akan langsung kita dapatkan setelah paket diterima pihak DNDKIRIM di Jakarta, dan langsung terdeteksi di sistem USPS. Sehingga lebih nyaman buat seller karena biasanya pembeli ingin cepat-cepat mendapatkan nomor resi atau tracking number.

Untuk pengiriman selain USA, DNDKirim berpartner dengan Asendia yang berpartner dengan Laposte Perancis dan Swiss Post. Hampir semua negara bisa dilayani terkecuali kalau negara tersebut diblokir karena terjadinya wabah penyakit atau perang.

Alhamdulillah selama saya menggunakan jasa DNDKIRIM, 100% kiriman paket saya terkirim (Delivered) dan diterima oleh pembeli di toko saya di Ebay. Apalagi yang USA, seringkali dalam 10 hari sudah terkirim. Faktor layanan perusahaan pengiriman (ekspedisi) ke luar negeri sangat penting bagi saya sebagai seller di Ebay karena barang yang dikirim bisa dikatakan tidak murah dan ongkos kirimnya juga lebih besar dari ongkos kirim domestik (dalam negeri).

Jadi apabila ada paket yang tidak diterima oleh pembeli ataupun terlambat yang bisa membuat pembeli melakukan request untuk Refund, itu akan menjadi kerugian ganda bagi seorang seller. Sudah barang dan ongkos kirimnya hilang, harus juga mengganti (refund) uangnya pembeli, akhirnya merugi. Jadi memilih perusahaan pengiriman ini sangat penting bagi seorang seller yang berjualan ke luar negeri.

Lalu bagaimana cara mengirim melalui DND Kirim ? Caranya mudah sekali, saya biasa berkomunikasi dengan CS DNDKirim melalui Whatsapp. Caranya sebagai berikut :

1. Kirim chat WA ke CS DNDKirim 0813-8262-9689 untuk konfirmasi mau kirim paket
2. Packing dulu barang dengan baik, kemudian buat label seperti berikut :

FROM :
Nama Pengirim
Alamat Lengkap Pengirim   
Email Pengirim :
No. Telepon Pengirim :
Content :  (Isi Paket)
Value : (Harga Paket/dalam USD)
Weight : Perkiraan Berat paket
Dimension :       cm x     cm x   cm (panjang x lebar x tinggi)

TO :

Nama Penerima
Alamat Lengkap Penerima : Nama jalan, nama kota, nama provinsi, Kode pos, nama Negara
No. Telepon Penerima :
Email Penerima :

3. Setelah paket diberi label, kemudian paket dibungkus lagi, dengan label yang berbeda, untuk dikirim ke kantor DNDKIRIM melalui kurir lokal seperti JNE, JNT, dan lainnya.
Contohnya seperti ini :
 
PENGIRIM :

Nama Pengirim
Alamat Lengkap Pengirima
No. Telepon Pengirim :
Isi Paket :

KEPADA :
DIDI (DND SHIPPING)
KOMPLEK MALAKA COUNTRY
BLOK A3
Jl. Raya R.S Soekanto No. 52
Pondok Kopi, Jakarta Timur 13460
HP. 0813-8262-9689

4. Kirim melalui kurir lokal, setelah paket sampai di DNDKIRIM, akan terbit invoice dari DND yang berisi ongkos kirim yang harus dibayar. Ongkos kirim akan diperhitungkan dari berat Volume dan berat Aktual, mana yang lebih besar itu yang digunakan sebagai ongkos kirim. Setelah melakukan pembayaran, CS DNDKirim akan mengirimkan nomor resi atau tracking number kepada Pengirim.

Semua komunikasi dengan CS DNDKIRIM menggunakan WA dikarenakan lebih mudah dan praktis.   

Demikian cara saya mengirim paket ke luar negeri dengan mudah, sebagai seorang seller di Ebay. Menjadi seller untuk pasar luar negeri tidak sesulit dulu, dengan media sosial yang ada sekarang ini anda dapat dengan mudah berjualan ke luar negeri. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.                

Post a Comment for "Tutorial Cara Saya Mengirim Barang Ke Luar Negeri Buat Jualan Retail Di Ebay "