SKNET Internet termurah Tanpa FUP di Majalengka Jawa Barat

Masdinko.com-Koneksi internet yang murah, cepat dan stabil sudah menjadi kebutuhan pokok bagi pengguna smartphone. Pengguna smartphone saat ini lebih memilih berkomunikasi melalui aplikasi media sosial seperti whatsapp, instagram, facebook dan twitter dibanding melalui sambungan telepon biasa.

Berkomunikasi bisa dilakukan tidak hanya melalui suara saja namun sudah berkembang ke teknologi berbasis video, seperti video call dan video conference dengan menggunakan aplikasi berbasis android, ios, windows dan lainnya. Namun untuk mendapatkan kualitas komunikasi yang optimal dibutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil.

Sambungan internet yang kita dapatkan saat ini umumnya bersumber dari operator seluler seperti Telkomsel, Tri, Indosat, XL Axiata, Smartfren dan lainnya. Untuk mendapatkan akses internetnya cukup mudah, bisa dengan membeli paket kuota internet menggunakan pulsa atau alat pembayaran lainnya, atau bisa membeli voucher kuota data kemudian mengisikan kodenya melalui handphone kita.

Banyak paket kuota yang bisa dipilih dan masing-masing operator menawarkan paket kuota yang menarik dengan harga kompetitif. Namun apabila kita ingin mendapatkan akses  internet yang tidak terbatas (unlimited), yang tidak dibatasi waktu, dan jumlah data yang digunakan, sejauh ini saya belum menemukan ada operator seluler yang benar-benar menawarkan akses internet Unlimited

SKNET Internet termurah Tanpa FUP di Majalengka Jawa Barat

Untuk mendapatkan akses internet yang betul-betul unlimited full 24 jam, kita bisa memilih layanan lainnnya dari perusahaan Internet Service Provider (ISP). Beberapa perusahaan yang menyediakan jasa internet unlimited dengan berlangganan tiap bulan diantaranya Indihome, Biznet dan  lainnnya. Untuk mendapatkan layanannya tergantung area dimana kita tinggal.

Khusus untuk daerah Majalengka, tempat saya tinggal, sudah lama saya mencari layanan internet yang cepat tapi dengan harga terjangkau. Karena penggunaan internet saat ini sangat dibutuhkan terutama bagi anak-anak pelajar yang melakukan pembelajaran online (daring)serta bagi pegawai yang bekerja di rumah (work from home  atau WFH).

Pada satu waktu saya melihat salah satu akun facebook memposting mengenai penawaran jasa internet berlangganan dari SKNET Majalengka dengan harga yang murah mulai dari 175rb per bulan dengan bandwidth 20 mbps (belum sewa modem per bulan dan PPN), dan Tanpa FUP (Fair Usage Policy). FUP merupakan kebijakan yang diterapkan provider internet untuk membatasi pemakaian internet. Batas pemakaian yang  diterapkan antar provider internet tidak sama tergantung dengan kebijakan perusahaan.

Apabila dibandingkan dengan penyedia layanan internet yang sudah ada di Majalengka yaitu Indihome memang terlihat perbedaan harga yang lumayan. Dengan bandwidth yang sama  Indihome dalam websitenya menawarkan harga 275 rb per bulan (belum sewa  modem dan PPN), dengan tambahan fitur berupa sambungan telepon. Selisihnya sekitar 100 ribuan, dan  untuk kalangan rumah tangga adanya selisih sebesar itu bisa menjadi faktor yang menentukan dalam memilih ISP.

Selain faktor harga, yang paling utama yaitu dari kualitas layanan internetnya sendiri.. Apalah artinya harga yang lebih murah namun kualitas koneksi internet tidak sesuai dengan yang ditawarkan, kecepatannya lambat, sering terjadi disconnect dan lainnya.

Pada awalnya saya agak ragu dalam memilih layanan internet bulanan, apakah memilih indihome atau memilih SKNet Majalengka. SKNET memang baru beroperasi dalam menyediakan layanan internet berbasis fiber optic ke masyarakat. SKNET merupakan brand ISP dari Perusahaaan Daerah Sindangkasih Multi Usaha (PD. SMU) perusahaan milik pemerintah daerah Kabupaten Majalengka yang bekerja sama dengaan PT. Arkananta Global Media.

Namun paket internet bulanan yang ditawarkan memang bisa dikatakan termurah  semajalengka sehingga menghapuskan keraguan saya. Kenapa tidak dicoba saja dulu, apabila ada trouble juga apa iya tidak dilayanani sih, dan saya hitung juga apabila dikalkukasi biaya internet per hari hanya sekitar Rp.7.300 (sudah termasuk sewa modem dan PPN).

Apabila dibandingkan dengan paketan kuota dari operator seluler, dalam sehari bisa habis kuota sekitar 2-3 GB unttuk Zoom dari pagi sampai siang, yang apabila di hitung pulsa senilai 10 rb rupiah dengan harga pulsa 10 ribu yaitu sekitar 12 ribu rupiah, dan itu kuota habis sebelum 24 jam.

Akhirnya saya kontak CS SKNET dan menanyakan apakah area saya bisa memasang layanan internet SKNet dan alhamdulillah bisa, karena sudah ada ODP yang terpasang di  Dinas Pertanian Majalengka dengan jarak sekitar 160 meter.

Selanjutnya mengajukan registrasi melalui CS SKNET dengan syaratnya hanya berupa foto e-KTP saja. Apabila e-KTP dengan alamat sekarang berbeda, bisa juga mendaftar dengan  menuliskkan alamat domisili yang akan dipasang layanan internet.

Untuk biaya pemasangan internet SKNET pada bulan pertama rinciannya yaitu biaya pemasangaan (dibayar sekali saja), ditambah dengan biaya langganan bulanan yang kita pilih.

Price list harga internet berlangganan bulanan di SKNET

SKNET Internet termurah Tanpa FUP di Majalengka

Untuk biaya pemasangan komponennya terdiri dari jasa dan biaya kabel. Besarannya biaya kabel akan dipengaruhi dengan jarak dari ODP terdekat karena ini berkaitan  dengan panjangnya kabel yang dibutuhkan. untuk hitungan biaya kabelnya yaitu Rp.1.000/meter. Singkatnya setelah selesai pemasangan dan aktivasi koneksi internet biaya yang harus saya bayarkan pada bulan pertama yaitu Rp. 430.000

Biaya pemasangan =210.000
Langganan bulan pertama paket 20 mbps (termasuk sewa modem dan PPN) =220.000
Total pembayaraan bulan pertama =430.000

Untuk bulan selanjutnya kita membayar bulanan sebesar Rp. 220.000 kecuali jika anda upgrade ke bandwidth lebih tinggi maka akan disesuaikan biaya bulanannya.

Sejak internet aktif sampai saat artikel ini ditulis, Alhamdulillah tidak ada kendala apapun. Secara umum bandwidth stabil, ada beberapa waktu saat busy hour seperti siang hari dimana trafik padat bandwith mengalami penurunan namun koneksi tetap tersambung. Biasanya bandwith akan kembali stabil di kisaran 17 mbps sampai 20 mbps pada malam hari dimana trafik sudah tidak padat seperti siang hari.

Adanya layanan internet bulanan murah dari SKNET sangat membantu saya, anak-anak  dan  istri yang kegiatan belajar serta bekerja tidak lepas dari internet, karena sekolah masih belajar secara  online. Untuk  kegiatan usaha pribadi dalam berjualan di ebay, marketplace lokal, jualan herbal, ngeblog, dan untuk komunikasi menggunakan WA bisa berjalan dengan lancar.

Harapan buat SKNET ke depannya yaitu dapat berkembang lebih baik dan menawarkan layanan internet yang cepat, stabil, dengan harga terjangkau. Pangsa pasar untuk layanan internet masih besar di Majalengka karena pemainnya cuma yang  itu-itu saja, sedangkan target marketnya luas dari mulai organisasi pemerintah daerah, sekolah, kalangan wirausaha (UKM), dan juga konsumen rumahan juga membutuhkan layanan internet yang murah dan  cepat. 

Demikian review dan testimoni pribadi saya yang baru memasang layanan internet termurah di Majalengka dari ISP SKNET Majalengka. Testimoni dibuat seadanya sesuai faktanya karena saya juga bukan influencer atau endoser yang dibayar oleh pemilik produk hehehee, saya hanya senang menulis apa yang saya alami saja. Kalaupun ada layanan yang tidak optimal silahkan untuk konsultasi ke helpdesk SKNET, jangan ke saya. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing

Post a Comment for "SKNET Internet termurah Tanpa FUP di Majalengka Jawa Barat"