5 Tempat Toko Oleh-oleh khas Majalengka Jawa Barat plus rute dan nomor telepon WA

Masdinko.com-Bagi yang berkunjung ke Majalengka pertama kali, dan ingin membawakan Oleh-oleh khas Kota Majalengka, mungkin akan berpikir apa oleh-oleh khas kota Majalengka dan dimana membeli oleh-oleh khas Majalengka.

Nama Majalengka sebelumnya memang belum banyak dikenal secara nasional, namun setelah dibangunnya bandara Internasional di Kabupaten Majalengka tepatnya di Kecamatan Kertajati, nama Majalengka menjadi populer terutama bagi para wisatawan yang menggunakan transportasi udara.

Majalengka bagian kota memang terletak agak jauh dari Bandara Internasional Kertajati , sehingga tidak semua wisatawan yang menggunakan pesawat terbang mengetahui kota Majalengka, terkecuali bagi mereka yang meneruskan perjalanan melalui jalur kota Majalengka ataupun yang memang ingin mampir ke Majalengka.

Tempat wisata di Majalengka sudah banyak tersedia, baik yang bernuansa alam maupun buatan. Namun apabila dilihat, tempat wisata Majalengka didominasi oleh wisata alam, dan memang wisata alam lebih menarik minat para wisatawan.

Beberapa tempat wisata di Majalengka yang sudah go nasional dan go internasional yaitu wisata terasering Panyaweuyan, Curug Muara Jaya Argapura, wisata Paralayang di Sidamukti, Arum Jeram di Cikadongdong Rajagaluh dan lainnya.

Selain wisata alam, para wisatawan biasanya mencari juga wisata kuliner dan oleh-oleh khas kota Majalengka. Wisata kuliner bisa berbentuk tempat makan dimana disajikan makanan khas Majalengka, dan oleh-oleh khas Majalengka bisa berupa makanan, minuman atau produk lainnya yang memiliki ciri khas tertentu dari kota Majalengka.

Para wisatawan yang berkunjung ke Kota Majalengka, tentunya penasaran apa saja sih oleh-oleh khas Majalengka yang bisa mereka beli dan bawakan pulang ke rumahnya, dan dimana membeli oleh-oleh khas Majalengka tersebut.

Untuk memberikan informasi yang akurat tentang oleh-oleh khas Majalengka, maka Masdinko tuliskan artikel mengenai apa oleh-oleh khas Majalengka dan dimana membeli oleh-oleh khas Majalengka. Berikut informasinya.

1.  Toko Oleh Oleh Majalengka Ibu Popon


Alamat: Jl. Abdul Kadir No 221, Kel, Cijati, Kec. Majalengka, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45417
Jam buka: 07.30-21.00
Telepon: (0233) 282373

Toko oleh-oleh Majalengka Ibu Popon sudah berdiri sejak lama dan sudah dikenal sejak lama sebagai pusat oleh-oleh khas Majalengka, baik oleh warga Majalengka sendiri maupun pengunjung luar daerah lainnya.

Toko oleh-oleh Majalengka Ibu Popon berdiri di atas tanah yang lumayan luas, sehingga parkir kendaraan juga nyaman. Namun untuk kendaraan besar seperti bus jalan aksesnya kurang lebar, bisa masuk namun bisa menimbulkan kemacetan, sehingga pada umumnya pembeli yang datang membawa kendaraan sendiri.

Seperti umumnya toko pusat oleh-oleh, Toko oleh-oleh Majalengka Ibu Popon menyediakan berbagai produk makanan khas Majalengka. Selain itu produk khas daerah lainnya juga ada ditawarkan disini seperti dodol namun diproduksi sendiri dengan ciri khas Ibu Popon.

Produk khas Majalengka yang bisa ditemui di toko oleh-oleh Majalengka Ibu Popon diantaranya kecap khas Majalengka dengan kemasan botol, produk oncom, berbagai kudapan ringan (snack) baik yang rasa asin, manis dan pedas. Terdapat juga area untuk pengunjung yang ingin makan di tempat.

Secara umum toko oleh-oleh Majalengka Ibu Popon sudah baik, namun satu kekurangannya, yaitu lokasi toko tidak berada di pinggir jalan utama, yang dilewati semua jenis kendaraan.

Kalau kita lihat pada umumnya toko oleh-oleh di kota lain memiliki akses masuk semua jenis kendaraan termasuk bus. Karena salah satu target marketing dari toko oleh-oleh yaitu pengunjung yang menggunakan bus untuk berwisata. Salah satu solusi yang bisa dipertimbangkan yaitu dengan membuka cabang di pinggir jalan raya Majalengka.

Rute menuju alamat Toko Oleh-oleh Majalengka Ibu Popon Cijati
     

2. MajalengkaMart


Alamat 1 : Jalan Raya Laswi, Tonjong, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka
Alamat 2 : Jl. K.H.Abdul Halim No.77, Majalengka Kulon, Kec. Majalengka, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45418
Jam buka: 07.00-17.00
Telepon: 0813-1907-8532

MajalengkaMart merupakan toko pusat oleh-oleh Majalengka yang berkonsep minimarket modern. MajalengkaMart menyediakan berbagai produk UMKM dari Majalengka yang sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh dan souvenir setelah berkunjung ke Majalengka.

Majalengkart beralamat di Jalan Raya Laswi, Tonjong, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka. Berlokasi dekat dengan Terminal Angkutan Umum Cigasong, MajalengkaMart membidik target market dari para pendatang baik lokal maupun dari luar Majalengka.

Berkat respon yang positif dari pengunjung, MajalengkaMart membuka cabang lagi dengan posisi yang lebih strategis yaitu di disamping Hotel Fitra Majalengka, tepatnya di Jl. K.H.Abdul Halim No.77, Majalengka Kulon, Kec. Majalengka, Kabupaten Majalengka.

Di lokasi pusat kota Majalengka ini, MajalengkaMart lebih dikenal karena posisi yang strategis yang dilewati semua angkutan umum yang masuk ke kota Majalengka. Nilai plus lainnya yaitu berdekatan dengan Bunderan Munjul yang populer dengan bola dunia Majalengka dan Taman Dirgantara yang setiap waktu ramai dikunjungi.

Produk-produk yang ditawarkan di MajalengkaMart sangat beragam, aneka makanan ringan seperti rangginang, keripik, seroja, dan lainnya yang khas dibuat oleh UMKM di Majalengka. Makanan dari daerah lain juga tersedia disini seperti ketan dalam kemasan ember dan lainnya.

Kelebihan MajalengkaMart yaitu berkonsep minimarket modern dengan penataan display yang rapih dan menarik. Selain itu letaknya yang strategis dan tersedianya lahan parkir yang cukup untuk berbagai kendaraan.

Secara pribadi Masdinko mengetahui Koordinator dari MajalengkaMart karena sama-sama alumni SMA Negeri 1 Majalengka, yaitu Bapak Asep Rahmat Effendi. Kepedulian dan concernnya yang tinggi dalam mengembangkan UMKM agar berkembang dan dikenal para pengunjung terutama dari luar daerah.

Untuk lebih mudah mengunjungi lokasi MajalengkaMart silahkan klik link di bawah ini :
Rute menuju Alamat MajalengkaMart 2


3. Kecap Maja Menjangan Majalengka


Kecap Maja Menjangan Majalengka merupakan produsen kecap Majalengka legendaris di Kabupaten Majalengka. Didirikan sejak tahun 1940 oleh H. Saad Wangsadidjaja, kecap Maja Menjangan Majalengka merupakan legenda dalam dunia perkecapan di Majalengka.

Kecap Maja Menjangan Majalengka sampai saat ini masih berproduksi dengan tetap menggunakan peralatan produksi tradisional dan proses pembuatan kecap dilakukan juga secara tradisional, tanpa mempergunakan bantuan mesin.

Kecap Maja Menjangan Majalengka hanya memproduksi kecap yang rasa manis saja, untuk rasa asin tidak diproduksi. Meskipun hanya 1 varian produk saja namun peminat kecap Maja Menjangan tetap tinggi.

Untuk mengunjungi pabrik kecap Maja Menjangan dan juga membeli kecap Maja Menjangan Majalengka, anda dapat datang ke alamatnya di Jalan Suha No.209, Majalengka Wetan, Kec. Majalengka, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Apabila dari Jalan Raya K.H. Abdul Halim, patokannya dari lampu merah atau SMPN 1 Majalengka. Apabila dari arah Timur Majalengka, setelah melewati lampu merah terdapat perempatan Pujasera/SPBU, ambil belokan ke kiri kemudian lurus terus. Di bagian kanan jalan terdapat plang papan nama Maja Menjangan dan Maja Menjangan Transport.

Untuk lebih mudahnya silahkan klik tombol rute di bawah ini

Rute menuju alamat Kecap Maja Menjangan Majalengka

4. Kecap Segitiga Majalengka


Kecap Segitiga Majalengka merupakan brand populer di kalangan masyarakat Majalengka sebagai produsen kecap asli Majalengka. Kecap Segiga Majalengka didirikan sejak tahun 1958 oleh 3 orang yaitu H. Lukman, Endek, dan Aman, sehingga dinamai Kecap Cap Segitiga karena didirikan oleh 3 orang.

Kecap Segitiga Majalengka merupakan salah satu kecap legendaris di Majalengka. Ciri khas dari rasa kecap Segitiga Majalengka yaitu rasa kedelai yang kental terasa dan juga tidak mengandung bahan kimia pengawet dan perasa tambahan, jadi kecap yang dihasilkan benar-benar murni dan asli.

Selain itu, proses pengolahan kedelai menjadi kecap masih dilakukan secara tradisional. Untuk mengeringkan kedelai mengandalkan sinar matahari saja, untuk bahan bakar kompor/tungku tetap menggunakan kayu bakar dan peralatan produksi juga masih tradisional tidak menggunakan mesin, yaitu menggunakan bahan kayu jati yang dibentuk seperti ember untuk wadah bahan kecap.

Meskipun dibuat tanpa bahan pengawet namun kecap segitiga Majalengka dapat bertahan lama dikonsumsi yaitu sampai 2 tahun. Hal ini disebabkan pada saat proses fermentasi menggunakan garam yang banyak sebagai pengawet alami nya.

Untuk dapat menikmati oleh-oleh Majalengka yaitu kecap segitiga Majalengka, pengunjung dapat membelinya di Outlet resmi yang beralamat di Jalan Raya Tonjong No. 12  (Jalan Laswi) yang berdekatan dengan pabrik kecap segitiga Majalengka.

Produk Kecap Segitiga Majalengka dikemas dalam berbagai macam, ada yang kemasan botol, plastik, dan juga jerigen. Namun untuk bentul refill tidak diproduksi. Variasi kemasan kecap segitiga Majalengka memberikan pilihan bagi pembeli untuk dijadikan oleh-oleh khas Majalengka.

Varian produk dari Kecap Segitiga Majalengka yaitu kecap rasa asin, kecap rasa manis, dan kecap rasa manis sedang. Adanya pilihan rasa yang beragam, menjadikan kecap segitiga Majalengka disukai peminatnya.   

Untuk mengunjungi Toko Kecap Segitiga Majalengka, silahkan klik link di bawah ini :

Rute menuju Alamat Kecap Segitiga Majalengka

5. Kecap Ban Bersayap Majalengka


Kecap Ban Bersayap Majalengka mulai eksis di bisnis kecap sejak tahun 1963. Kecap home industri yang didirikan oleh H. Suntama berlokasi di Tonjong Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka.

Kecap ban bersayap Majalengka terbuat dari bahan alami kedelai hitam, gula aren, gula kelapa dan garam, tanpa bahan pengawet kimia. Rasanya sangat gurih dan enak untuk dinikmati bersama makanan lain seperti baso, kupat, sate dan lainnya.

Kecap Ban Bersayap masih menggunakan alat tradisional dan manual untuk memproduksi kecap ban bersayap. Memiliki varian rasa manis sedang yang sangat lezat di lidah penikmat kecap.

Untuk mendapatkan kecap ban bersayap Majalengka bisa didapatkan di toko oleh-oleh Majalengka, atau bisa datang langsung ke pabrik dan toko resmi kecap ban bersayap di Tonjong Majalengka.

Silahkan klik link di bawah ini untuk rute menuju pabrik kecap ban bersayap Majalengka

Rute menuju alamat Kecap Ban Bersayap Majalengka


Demikian 5 tempat toko oleh-oleh khas Majalengka Jawa Barat yang dapat anda kunjungi saat berkunjung atau melewati kota Majalengka. Semoga informasi ini bermanfaat. Keep learning and sharing.

Post a Comment for "5 Tempat Toko Oleh-oleh khas Majalengka Jawa Barat plus rute dan nomor telepon WA"