Tema Slogan Logo HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-75 Tahun 2020 Terbaru

Masdinko.com-Tentara Nasional Indonesia (TNI) memperingati hari jadi atau hari ulang tahun (HUT) setiap tanggal 5 Oktober. Setiap tahun, TNI merilis tema slogan logo HUT TNI terbaru. Pada tahun 2020 ini, TNI juga merilis tema slogan logo HUT TNI ke 75 tahun 2020 terbaru.

Namun sebelum mengetahui tema slogan logo HUT TNI tahun 2020 terbaru, kita ketahui dulu sejarah HUT TNI dan juga perjalanan panjang transformasi organisasi TNI dari sejak dahulu sampai saat ini.

Sejarah panjang TNI tidak terlepas dari hadirnya militer Hindia-Belanda di Indonesia yang disebut KNIL. KNIL merupakan pasukan khusus Belanda yang eksis pada tahun 1826-1830 ketika perang Diponegoro berlangsung.

Tentara KNIL didominasi oleh orang pribumi Indonesia yang dibayar dan digaji oleh pemerintah Hindia-Belanda. Sebagian lainnya tentaranya berasal dari Belanda dan negara Eropa lainnya.

Ketika Belanda kalah melawan Jepang, KNIL dibubarkan oleh Jepang, dan kemudian resmi dibubarkan oleh Belanda melalui surat pengumuman pembubaran yang dibuat oleh Ratu Juliana.

Mantan tentara KNIL yang mayoritas orang pribumi Indonesia kemudian diijinkan untuk memperkuat TNI. Mantan KNIL yang memperkuat TNI diantaranya AH Nasution dan Soeharto, mantan Presiden Republik Indonesia.

Jepang berhasil mengalahkan Belanda dan kemudian membentuk organisasi Pembela Tanah Air (PETA) pada tanggal 03 Oktober 1942. Latar belakang pembentukan PETA yaitu terhimpitnya Jepang akibat perang Asia Timur dan perang Pasifik, dan membentuk PETA untuk mengambil keuntungan dari negara jajahannya yang memihak.

Sejak awal para pemimpin dan anggota PETA hanya menggunakan PETA sebagai alat untuk memerdekakan Indonesia, sehingga setelah Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, pada tanggal 19 Agustus 1945, PETA membubarkan diri secara baik-baik. Presiden Soekarno menyetujui pembubaran PETA dan menunjukan kepada dunia bahwa Indonesia merdeka atas perjuangannya sendiri.

Kemudian setelah Indonesia merdeka melalui Proklamasi Kemerdekaan, dibentuklah Badan Keamanan Rakyat (BKR) di bawah Komite Nasional Indonesia (KNI). Status BKR memang bukan institusi militer resmi Indonesia. Kemudian BKR membentuk BKR Darat, BKR Laut dan BKR Udara.

Tema Slogan Logo HUT TNI RI ke 75 Tahun 2020 Terbaru

Pada tanggal 5 Oktober 1945, pemerintah Indonesia mengubah BKR menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR), dan memasukan para mantan KNIL dan PETA. Sempat diubah menjadi Tentara Keselamatan Rakyat pada tahun 1946, namun kemudian berganti nama menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI) pada tahun 1946.

Presiden Soekarno pada tanggal 3 Juni 1947, mengubah kembali nama institusi militer ini menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan sebagai pimpinannya ditunjuklah Jenderal Soedirman menjadi Panglima pertama TNI.

Hari Ulang Tahun (HUT) TNI tanggal 5 Oktober berawal dari mulai berdirinya TKR, dan diperingati sampai sekarang. Inilah sejarah ringkas perjalanan institusi militer TNI sejak awal sampai saat ini.

Setelah mengetahui sejarah perjalanan TNI dari masa ke masa, kita juga tentu ingin mengetahui mengenai tema slogan logo HUT TNI RI ke 75 Tahun 2020. Tema slogan logo HUT TNI dirilis oleh Puspen Markas Besar Tentara Nasional Indonesia setiap tahunnya melalui website resminya.

Tema HUT TNI RI Ke 75 Tahun 2020 yaitu SINERGI UNTUK NEGERI. Sinergi adalah Membangun dan memastikan hubungan kerjasama internal yang produktif serta kemitraan yang harmonis dengan para pemangku kepentingan untuk menghasilkan karya yang bermanfaat dan berkualitas. Sinergi juga dapat diartikan sebagai kegiatan atau operasi gabungan.

Salah satu makna dari tema HUT RI ke 75 tahun 2020 Sinergi Untuk Negeri, yaitu TNI sebagai sebagai institusi militer Indonesia terus meningkatkan kerjasama internal antar berbagai angkatan dan juga kerjasama eksternal dengan lembaga lainnya untuk terus memperkuat NKRI.

Logo HUT TNI RI Ke 75 Tahun 2020 terbaru telah dirilis oleh Pusat Penerangan TNI. Logo HUT TNI RI Ke 75 Tahun 2020 berbentuk logo perisai TNI dengan slogan Tri Dharma Eka Karma, terdapat angka 75 sebagai simbol dirgahayu TNI ke-75 dan terdapat 3 logo angkatan yang ada di TNI yaitu Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara.

Berikut Logo HUT TNI RI Ke 75 Tahun 2020 terbaru :

Logo HUT TNI ke-75 Tahun 2020 Terbaru

Selain Logo HUT TNI RI Ke 75 Tahun 2020 terbaru, Pusat Penerangan TNI juga merilis Spanduk HUT TNI (2,5 x 5 M), Spanduk HUT TNI (Portrait), Spanduk HUT TNI, Banner HUT TNI,  ST Panglima TNI tentang pemasangan Spanduk HUT TNI, Umbul-Umbul HUT TNI  dan Umbul-Umbul HUT TNI (PNG).

Berikut spanduk resmi HUT TNI ke 75 dan umbul-umbul resmi HUT TNI RI ke 75 Tahun 2020 terbaru :

spanduk resmi HUT TNI RI ke 75 Tahun 2020 terbaru

Spanduk HUT TNI Ke 75 (Portrait)

Tema Slogan Logo HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-75 Tahun 2020 Terbaru

Hal ini dilakukan untuk memudahkan satuan TNI dalam pemasangan spanduk, umbul-umbul dan media lainnya dalam rangka memperingati HUT TNI RI Ke 75 Tahun 2020. Atribut spanduk, baligo dan umbul-umbul tersebut dipasang oleh tiap satuan TNI di tempatnya masing-masing.

Selain kegiatan pemasangan spanduk dan baligo di setiap kantor kesatuan TNI, juga diadakan upacara peringatan HUT TNI RI dan atraksi keterampilan dari prajurit TNI di kota tertentu. Selayaknya hari ulang tahun, anda dapat mengirimkan ucapan selamat ulang tahun HUT TNI RI ke 75 Tahun 2020. Selain upacara menyanyikan lagu Mars TNI dan Hymne TNI juga biasa dilakukan.

Sudahkah anda mengetahui lagu Mars TNI dan Hymne TNI ? berikut teks lagu mars TNI dan Hymne TNI

Hymne TNI
Cipt : Addie MS

Bersatu Prajurit TNI
Satria Merah Putih
Luhur Mengabdikan Diri
Bela Ibu Pertiwi

Teguh Pada Sumpah Setia
Takwa Kepada Tuhan
Rela Berkorban
Jiwa Raga
Demi Indonesia

Mars TNI Angkatan Darat

 Derap maju melangkah pasti
Angkatan Darat putra pertiwi
Di bawah panji Garuda Sakti
Kartika Eka Paksi

Sapta Marga sumpah prajurit
Pedoman luhur janji nan suci
Rela Berkorban jiwa dan raga
Bhayangkari Negara

Insan Pancasila, teguh dalam iman
Merah Putih jiwa raganya
Semangat membara
Manunggal dengan rakyat
Membangun nusa bangsa

Angkatan Darat Benteng negara
Setia mengemban amanah bangsa
Satya perkasa gagah perwira
Jayalah Angkatan Darat

Insan Pancasila, teguh dalam iman
Merah putih jiwa raganya
Semangat membara
Manunggal dengan rakyat
Membangun nusa dan bangsa

Mars TNI Angkatan Laut

 Angkatan Laut Indonesia
Pengawal samudera raya
Berjuang bela bumi persada
Demi kejayaan nusantara

Prajurit laut putra samudera
Bernafsakan Tri Sila
Gagah berani pantang menyerah
Bersemangatlah Pancasila

Terjang walau badai menghadang
Hancurkan rintangan teguh pada tujuan
Terus kobarkan semangatmu
Kibarkan bendera kewajiban
Jalasveva Jayamahe

Angkatan Laut Indonesia
Pengawal samudera raya
Berjuang bela bumi perasada
Demi kejayaan nusantara

Prajurit laut putra samudera
Bernafaskan Tri sila
Gagah berani patang menyerah
Bersemangatlah Pancasila

Terjang walau badai menghadang
Hancurkan rintangan teguh pada tujuan
Terus kobarkan semangatmu
Kibarkan bendera kewajiban
Jalasveva Jamahe

Mars TNI Angkatan Udara

 Mars Swabuana Paksa

Dengar Gemuruh Angkatan Udara
Gegap Gempita Jaya Perkasa
Tak Gentar Menentang Angkara Murka
Menembus Angkasa Menjaga Persada
Rakyat Bangga Padamu
Berikan Darma Bhaktimu
Dengan Semboyan Swabuana Paksa
Teruskan Tugas Suci
Menuju Kejayaan Indonesia

Demikian informasi tentang tema slogan logo HUT TNI RI ke 75 tahun 2020 terbaru, semoga dengan peringatan HUT TNI ke 75 tahun 2020 ini, TNI dapat lebih maju dan lebih modern serta dapat meraih cita-citanya, Sinergi Untuk Negeri. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.    

2 comments for " Tema Slogan Logo HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-75 Tahun 2020 Terbaru"

  1. maaf gan..bisa sy minta link download banner hut tni ke 75 nya? makasih

    ReplyDelete
  2. banner yg mana ? kalo gambar yang ada di blog ini tinggal klik kanan save image as aja,

    ReplyDelete

Post a Comment