Serabi Oncom Majalengka khas Ibu Epon Kawunggirang Maja Majalengka

Serabi Oncom Majalengka khas Ibu Epon Kawunggirang Maja Majalengka

Serabi Oncom Majalengka khas Ibu Epon Kawunggirang Maja Majalengka

Profil bisnis kali ini akan mereview profil bisnis serabi oncom Majalengka khas Ibu Epon dari Kawunggirang Kec. Maja Kabupaten Majalengka. Serabi atau sorabi terkadang orang menyebutnya, merupakan salah satu makanan yang terbuat dari tepung beras/tepung terigu yang sudah populer di masyarakat Indonesia.

Makanan yang awalnya tradisional karena dibuat dengan cetakan dari tanah, saat ini sudah banyak ragamnya, baik dilihat dari alat untuk membuatnya maupun dari rasa serabinya. Selain itu daerah yang membuatnya juga beragam dan tiap daerah/kota memiliki ciri khas tersendiri.

Contoh serabi bandung, serabi bandung terkenal karena toping yang beragam, tidak hanya toping yang original, namun sudah divariasikan dengan toping lainnya yang sedang tren seperti coklat, keju, dan lainnya.


Pada artikel profil bisnis kali ini, masdinko akan mereview usaha UKM yang menjual serabi atau sorabi oncom Majalengka khas buatan Ibu Epon. Ibu Epon membuka warung serabinya di desa Kawunggirang Kec. Maja Kabupaten Majalengka. Tepatnya di pinggir jalan raya Majalengka-Maja, 100 meter setelah POM Bensin Kawunggirang, sebelah kiri jalan.

Masdinko memang menyukai makanan serabi yang tradisional dan original dengan toping oncom, gorengan tempe dan telur. Di daerah majalengka juga sudah mencoba beberapa serabi dari beberapa penjual seperti di depan Alfamart munjul, Mak Cacih di jalan pahlawan, dan lainnya.

Awal mencoba serabi oncom Ibu Epon Maja yaitu saat perjalanan pulang dari Talaga menuju Majalengka. Sebelumnya memang sering terlihat ramai warung serabi itu karena jam bukanya dari siang sampai malam, jadi kalau mau ke Talaga pasti terlewati.

Saat pulang dari Talaga waktu itu, perut terasa lapar sehingga saat melintas warung serabi Bu Epon, langsung kami berhenti dan membeli serabi dengan toping oncom dan beberapa gorengan bakwan/bala-bala. Kesan pertama waktu menyantap serabi rasanya enak sekali, waktu dibelah serabi nya terlihat bentuknya seperti jaring atau dalam bahasa sundanya "ngajaring". Ini menandakan bahannya dan membuat serabinya sudah tepat.

Kemudian bagian bawah kulit serabi, teksturnya pas, tidak lembek. Terkadang ada serabi yang bagian kulit bawahnya itu lembek, dan kami memang suka dengan serabi yang agak "tutung" atau over cook karena lebih sedap. Dari rasanya juga sudah pas, tidak terlalu asin namun tidak juga kurang asin, pas lah kalau menurut lidah saya.

Setelah kesan pertama tadi, setiap kami berangkat ke Talaga pada sore hari, sering kami berhenti dulu di warung serabi Ibu Epon untuk mengganjal perut selama di perjalanan. Harga serabinya sendiri terhitung murah yaitu Rp. 2000 per serabi, dengan ukuran serabi yang besar di banding dengan penjual serabi lainnya. Untuk toping telur akan ditambah dengan harga telurnya. Toping serabi dapat anda pilih sendiri, ada toping oncom, telur, atau gorengan.

Selain serabi oncom khas Majalengka ada juga berbagai macam gorengan, minuman panas, dingin, dan juga sate kambing/ayam. Pokoknya lengkap deh. Apalagi kalau malam hari enak sekali buat kumpul bersama teman dengan menyantap serabi, gorengan, teh hangat, kopi panas dan lainnya. Mantap pokoknya.

Jadi buat anda yang sedang melakukan perjalanan dari Majalengka ke Maja atau Cikijing dan ingin merasakan serabi oncom majalengka yang enak, bisa mampir dulu di warung Ibu Epon untuk sekedar mengganjal perut yang kosong dengan serabi hangat oncom Majalengka khas Ibu Epon. Jam bukanya dari siang sampai malam hari. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments