Jadwal Imsyak dan Sholat Tahun 1440 H / Tahun 2019 Secara Online

Jadwal Imsyak dan Sholat Tahun 1440 H / Tahun 2019 Secara Online

Jadwal Imsyak dan Sholat Tahun 1440 H / Tahun 2019 Secara Online

Alhamdulillah, Allah SWT masih memberikan kesempatan dan umur sehingga insyaa Allah kita sebentar lagi akan memasuki bulan suci Ramadhan Tahun 1440 H. Bulan Ramadhan dimana kita sebagai muslim yang telah memenuhi syarat, diwajibkan untuk berpuasa, yaitu menahan diri dari makan dan minum dimulai dari terbit fajar (adzan subuh) dan diakhiri pada saat terbenam matahari (adzan maghrib). Beberapa persiapan dapat dilakukan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, dimulai dari persiapan mental, fisik dan keimanan, agar puasa pada Ramadhan tahun ini dapat diterima oleh Allah Subhanallahuwata'ala, serta dapat memaksimalkan ibadah pada bulan Suci Ramadhan.Karena dalam bulan suci Ramadhan ini banyak keberkahan, kemuliaan dan ampunan dari Allah, jadi sebaiknya maksimalkan semua ibadah dan amal kebaikan pada bulan suci Ramadhan ini.

Untuk mendukung maksimalnya ibadah puasa di bulan Ramadhan ini, salah satunya yaitu dengan adanya Jadwal Imsyak dan jadwal Puasa. Memang untuk jadwal buka puasa ini dapat mudah kita ketahui dari berkumandangnya adzan di mesjid-mesjid. Namun untuk jadwal imsyak, dimana saat sahur seringkali kita lupa ataupun khilap untuk berhenti bersantap sahur. Adanya jadwal imsyak akan membantu kita dalam bersiap-siap dimulainya berpuasa atau bersiap-siap untuk berhenti bersantap sahur.

Waktu imsyak dan berbuka puasa tiap kota
terutama yang berbeda wilayah pastinya waktunya akan berbeda pula, ada yang berbeda hitungan menit ada pula yang berbeda hitungan jam, tergantung dimana lokasinya. Lalu bagaimana caranya kita mendapatkan jadwal imsyak dan buka puasa yang sesuai dengan tempat kita tinggal ? Alhamdulillah saat ini pihak Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam telah menyediakan link website yang dapat membuat atau menggenerate jadwal imsyak puasa dengan daerah atau tempat kita berada. Untuk mendapatkan Jadwal Imsyak Puasa bulan Ramadhan ini dapat mengunjungi link berikut ini :

https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsyakiyah

Dari tampilan websitenya, Pilih Provinsi, Kabupaten/kota, dan Tahun yang diinginkan. Kemudian klik proses data yang berikon kaca pembesar (sebelah kiri) atau klik Export Excel (sebelah kanan).
File yang dihasilkan apabila mengklik icon kaca pembesar yaitu informasi jadwal langsung muncul pada halaman website dengan memanjang ke bawah, sedangkan apabila memilih Export Excel maka berbentuk worksheet atau excel (.xls). Dari hasil file Excel ini bisa juga dipercantik dengan dibuatkan semacam brosur dengan menggunakan software design, misal Coreldraw ataupun Photoshop. Berikut tampilan menu jadwal imsyak dan sholat.




Agar tampilan lebih menarik bisa dengan menambahkan gambar latar atau wallpaper sehingga tampak lebih bagus. Bisa dimodifikasi sesuai selerea. Gambar di bawah  merupakan pembuatan Jadwal Imsyak menggunakan software Photoshop dengan cara yang sederhana.


Gambar di atas merupakan hasil dari mengklik ikon kaca pembesar (sebelah kiri), untuk export ke file excel silahkan anda dapat mencobanya sendiri.

Demikian cara mudah untuk mendapatkan jadwal imsyak puasa Ramadhan Tahun 1440 H untuk seluruh Kabupaten/kota di Indonesia, semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments