Cara Membuat Email di Yahoo Mail TERBARU TERLENGKAP

Cara Membuat Email di Yahoo Mail TERBARU TERLENGKAP

Cara Membuat Email di Yahoo Mail TERBARU TERLENGKAP


Di jaman serba digital seperti sekarang ini, email menjadi hal yang tidak asing di semua kalangan. Dari mulai anak kecil usia SD sampai orang dewasa, pasti pernah berhubungan dengan yang namanya email. Mereka mengenal email pada saat akan mendaftarkan aplikasi Blackbery Mesengger (BBM) maupun saat mendaftar akun Facebook karena memang diwajibkan untuk memiliki email. Untuk orang dewasa peranan email juga sangat penting, email digunakan dalam berbagai kepentingan yang berkaitan dengan pekerjaan, misal untuk berkomunikasi dengan rekan kerja, mengisi lowongan kerja, pertukaran data dan informasi, memverifikasi akun dan aplikasi, dan lain-lain. Tak heran sebagian besar masyarakat membutuhkan email.

Baca Juga : Inilah Langkah Cepat Mendaftar Akun Email Gmail

Email atau dalam istilah bahasa Indonesia disebut Surel (Surat Elektronik) sangat mudah dimiliki. Yang diperlukan dalam pembuatan email juga sangat sederhana, yang diperlukan hanyalah akses internet, nomor ponsel untuk verifikasi dan pengisian data pribadi . Ya saat ini di Indonesia ada 2 penyedia layanan email gratis yang populer yaitu Gmail (Google) dan Yahoo. Dengan menggunakan akses internet, nomor ponsel serta mengisi pendaftaran di websitenya, kita dengan mudah membuat email.

Baca Juga : 3 tips mudah menulis artikel di Blog

Untuk artikel ini kita akan membahas membahas cara membuat email di Yahoo dulu, untuk tutorial membuat email di google akan dibahas di artikel selanjutnya.
Email Yahoo telah ada sejak lama, setelah menempuh perjalanan puluhan tahun, dibandingkan dulu, saat ini terdapat beberapa perbedaan dalam membuat email yahoo. Saat ini membuat email di yahoo lebih cepat, simple, namun diperlukan verifikasi melalui Telepon atau handphone. Jadi persiapkan dulu akses internet, nomor ponsel dan data anda sebelum membuat email di yahoo.
Setelah semuanya siap, anda dapat langsung menuju websitenya : www.yahoo.com
Tampilannya seperti di bawah ini :




* Lihat ke sebelah kanan atas ada Sign In dan Email.

Kita klik Sign In apabila kita telah memiliki email di yahoo. Jadi Sign in sebagai pintu masuk akun email kita.
Untuk pengguna baru atau yang akan membuat email, klik ke Menu Email. Muncul tampilan seperti di bawah ini.




Ada menu Sign In untuk yang sudah memiliki akun email yahoo. Pada bagian Kanan bawah ada tulisan "Tidak Punya Akun? Daftar"
Klik menu Daftar untuk mulai membuat email.
Kemudian muncul form isian data pribadi seperti di bawah ini :


Nama Depan : Isi dengan Nama depan anda
Nama Belakang : Isi dengan Nama belakang/kepanjangan anda
Alamat email : alamat email bisa buat sendiri atau disarankan oleh Yahoo sesuai dengan nama depan dan belakang.
contoh seperti di bawah ini. Nama Depan Hasna, nama belakang Astrida, maka disarankan oleh Yahoo nama email yang dapat dipilih yaitu :
hasnaastrida
astridahasna
hasna.astrida
dan lain-lain.    



Kata Sandi : setelah memilih alamat email, kemudian masukan kata Sandi atau password untuk email anda. Supaya tidak mudah diketahui oleh orang lain, buatlah password unik, misal ada huruf kapitalnya, ada angka dan agak panjang, kalau ggak salah minimal 8 karakter (huruf/angka)

Nomor Ponsel : pilih negara Indonesia kode +62 dan masukan no handphone/teleponnya. +62 merupakan pengganti dari angka 0 nomor telepon, misal nomor teleponnya 089664966510 maka yang ditulis cukup nomor 89664966510 saja. karena nolnya sudah pakai +62



Bulan Lahir, Hari, Tahun, Jenis Kelamin, silahkan anda isi sendiri.

Kemudian setelah data lengkap, klik tombol Lanjutkan

Muncul tampilan "Verifikasi Nomor Telepon anda"
 




dan terlihat juga nomor telepon yang tadi dimasukan. Klik tombol "Kirimi saya kunci akun via SMS" dan Yahoo mengirimkan kode untuk memverifikasi ke nomor telepon kita. Verifikasi berjumlah 5 angka.





Apabila berhasil diverifikasi, maka akun email yahoo anda sudah dapat dipergunakan. SELAMAT !

Sekarang kita telah berada di beranda Yahoo Mail. Disebelah kiri terdapat beberapa menu yaitu :



Compose : menu untuk menulis email baru

Inbox : Kotak masuk atau tempat menyimpan email-email yang dikirim ke akun email kita.

Drafts : Tempat konsep email, atau email yang kita tulis namun belum kita kirim, jadi disimpan dulu sebagai konsep

Archive : Arsip email

Spam : Email-email yang masuk ke email namun dideteksi sebagai spam.

Trash : Email yang pernah dihapus, disimpan disini

Pada bagian kanan atas terdapat menu Home, Profil pemilik akun email dan Seting/pengaturan. Untuk menu seting bisa anda dalami sendiri, kaitannya dengan pengaturan dalam mengirim email dan menerima email. Didalamnya terdapat pengaturan yang dapat dimodifikasi sendiri.


Bagaimanakah Cara mengirim email ?
Setelah memiliki akun email, kita dapat menggunakannya untuk mengirim dan menerima email. Untuk menerima email sangatlah mudah, anda informasikan akun email anda ke teman, saudara, partner, atau pada saat mendaftar suatu aplikasi misal facebook, akan diminta alamat email, dan saat facebook meminta suatu konfirmasi atau verifikasi, akan mengirim ke akun email anda. Anda hanya perlu login/masuk ke akun email anda.
Untuk mengirim atau menulis email, anda harus tahu alamat email yang akan dikirimi email. Pengiriman email ini bisa lintas provider email, jadi pemilik akun email Yahoo dapat mengirim email ke pemilik akun email Google dan sebaliknya. Begitu juga dengan menerima email.

Cara menulis email, pada menu email yahoo klik menu Compose,
kemudian muncul form :




To : isi dengan alamat email penerima misal john@gmail.com
Subject : Judul dari Email, isian ini dapat dikosongkan ataupun dapat diisi, misal Berkas Lamaran Kerja
Ruang menulis email : di bawah isian subject terdapat ruang kosong, silahkan ketik isi dari email anda.
Apabila yang dikirimkan berupa file/data yang sudah jadi, misal file document word atau excel, maka anda tidak perlu mengetik lagi di ruang kosong tadi, cukup klik Menu Attachment, yang berada disamping tombol Send.
Muncul tampilan seperti di bawah ini :


Pilih Attach files from computer, jika file yang akan dikirim berada di hardisk atau flashdisk komputer. Ikuti petunjuknya sampai selesai.
Setelah file dilampirkan, untuk mengirimnya anda klik tombol Send. Dan Email anda Terkirim !.

Demikian tutorial Cara Membuat email di Yahoo Mail Terbaru Terlengkap, semoga dapat bermanfaat. Keep learning and sharing. 
 
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments