13 Cara Alami Atasi Uban pada Anak muda agar tidak tambah banyak

Masdinko.com-Rambut beruban identik dengan orang yang sudah berusia lanjut, namun faktanya saat ini, seringkali dijumpai orang yang masih muda umurnya sudah beruban baik pria maupun wanita.

Tentunya ada perasaan tidak nyaman dan cenderung mengurangi kepercayaan diri, karena mengganggu penampilan. Beberapa cara alami untuk menghilangkan uban saat usia muda masih dapat dilakukan, dengan menjaga asupan makanan, minuman, dan melakukan gaya hidup sehat.

Namun sebelum mengetahui cara menghilangkan uban saat usia masih muda, sebaiknya ketahui dahulu beberapa penyebab munculnya rambut uban pada orang muda. Dengan mengetahui penyebab munculnya rambut uban, maka lebih mudah solusi untuk mengatasi uban pada orang muda.

Penyebab Rambut beruban pada anak muda


1. Faktor genetis/keturunan


Faktor genetis tentunya berkaitan dengan faktor keturunan keluarga, dan munculnya uban menurut salah satu penelitian Doris Day, dapat dipicu akibat faktor genetis atau keturunan.

Faktor genetis memang tidak bisa diubah karena berkaitan dengan bawaan dari orang tua atau keluarga, hal yang bisa dilakukan yaitu dengan memodifikasi rambut saja, bisa dengan mewarnai rambut dengan bahan alami ataupun lainnya.

2. Akibat Stres


Kehidupan yang modern membuat persaingan hidup semakin kompetitif terutama dalam dunia kerja, permasalahan hidup juga semakin beragam, baik di dunia kerja maupun dalam kehidupan sehari-hari. Apabila tidak dimanage dengan baik, akan mengakibatkan Stres.

Stres berdampak pada kesehatan tubuh, salah satunya stres berakibat pada munculnya rambut uban. Meski stres sebagai pemicu uban masih diperdebatkan kevalidannya, namun orang muda yang mengalami stres berat lebih mudah muncul uban di kepalanya.

3. Kurang asupan vitamin B12


Asupan vitamin B12 sangat diperlukan tubuh untuk kelancaran pasokan oksigen ke seluruh tubuh termasuk bagian rambut. Kekurangan vitamin B12 pada anak muda akan berdampak pada cepat munculnya uban di kepala.

4. Adanya perubahan hormon


Perubahan hormon progesteron, estrogen, dan kortisol juga bisa berdampak pada munculnya uban pada orang muda.

5. Adanya gangguan autoimun


Gangguan Autoimun berkaitan dengan sistem imunitas pada seseorang yang terganggu. Gangguan autoimun dapat berdampak pada cepatnya pertumbuhan uban pada anak muda.

Setelah mengetahui beberapa penyebab munculnya uban pada usia muda, langkah selanjutnya yaitu mencari cara/solusi agar uban tidak bertambah banyak. Solusi terbaik mengatasi uban yaitu dengan menggunakan bahan alami dari tanaman atau sayuran dan herbal.

Herbal diyakini lebih aman dan tidak memiliki efek samping samping terhadap rambut maupun kulit kepala, dibanding dengan menggunakan cat rambut atau obat-obatan kimia lainnya.

13 Rekomendasi Alami untuk mengatasi rambut uban pada orang muda


1. Mengatasi uban dengan Kentang


Selain sebagai makanan dan bahan masakan, kentang ternyata memiliki khasiat lain yang belum banyak diketahui orang yaitu kentang dapat mengatasi munculnya rambut uban pada orang muda.

Bagian kentang yang dimanfaatkan mengatasi uban yaitu bagian kulit. Bagian kulit kentang yang telah dikupas kemudian di rebus dan air rebusannya dijadikan spray.

2. Mencukupi kebutuhan Vitamin B12


Salah satu penyebab munculnya uban pada anak muda yaitu kurangnya asupan vitamin B12. Agar uban tidak bertambah banyak dan hilang maka kebutuhan vitamin B12 harus terpenuhi.

Sumber Vitamin B12 banyak ditemukan pada ikan, kerang, daging, susu dan lainnya. Dengan cukupnya kebutuhan vitamin B12 akan melancarkan pasokan oksigen ke seluruh tubuh termasuk pada kepala dan rambut.

3. Menggunakan susu cair, merica hitam dan lemon


Cara lainnya menghilangkan rambut uban pada orang muda yaitu membuat campuran susu cair, ditambah merica hitam dan air lemon.

Cara membuat ramuan menghilangkan uban ini mudah, kumpulkan 3 bahan tadi, kemudian campurkan susu cair dengan merica hitam. selanjutnya tambahkan 1 sendok teh air lemon. Aduk hingga merata.

Cara menggunakannya mudah, cukup oleskan pada kulit kepala sampai merata, lakukan setiap hari supaya hasilnya memuaskan.

4. Stop merokok


Ya bila anda memiliki kebiasaan merokok dan masih berusia muda, saatnya berhenti merokok. Kebiasaan merokok tidak baik untuk kesehatan tubuh termasuk juga dapat memunculkan uban pada usia muda.

Berdasarkan penelitian orang dengan kebiasaan merokok memiliki resiko 2,5 kali memiliki uban pada usia muda, dibanding dengan yang bukan perokok. Rokok mengandung banyak radikal bebas yang menyebabkan stress oksidatif pada melanosit.

Melanosit merupakan sel yang memproduksi melanin yang memberikan warna gelap pada rambut. Apabila melanosit stress akibat kandungan rokok, membuat melanosit berhenti memproduksi melamin, sehingga rambut akan berangsur menjadi warna kelabu, keperakan hingga akhirnya putih, karena melanin berhenti diproduksi.

5. Menggunakan bawang bombay


Bawang bombay memiliki kandungan katalase yaitu enzi antioksidan yang berguna untuk mengembalikan warna alami rambut.

Cara menggunakan bawang bombay agar uban tidak bertambah banyak yaitu dengan mencuci bersih bawang bombay, kemudian mengupasnya, lalu haluskan dengan menggunakan blender.

Hasil setelah diblender tadi dapat dijadikan sebagai masker bawang bombay, diaplikasikan ke kulit kepala dan rambut sesering mungkin, minimal dua kali dalam seminggu.

6. Mengurangi stress


Salah satu penyebab munculnya uban di usia muda yaitu stres. Penyebab stres bisa bermacam-macam, faktor ekonomi, lingkungan kerja, lingkungan tepat tinggal, hubungan pribadi, dan lainnya.

Berdasarkan penelitian menyebutkan semakin akut stres seseorang akan mempermudah uban untuk muncul termasuk pada golongan anak muda. Hindarkan dari stres semaksimal mungkin meskipun memang tidak mudah untuk terbebas dari stres.

Jalani hidup dengan optimis dan realistis dan yang terpenting lebih dekat dengan Tuhan Yang Maha Kuasa akan menolong kita supaya terhindar dari stres.

7. Menggunakan Minyak Kemiri


Minyak kemiri dikenal memiliki khasiat sebagai penumbuh rambut. Karena khasiatnya tersebut minyak kemiri dapat juga digunakan untuk mengatasi uban pada orang muda.

Produk yang mengandung minyak kemiri banyak dijumpai di pasaran, cara pakainya juga mudah, cukup oleskan saja minyak kemiri pada kulit kepala disertai dengan pijatan ringan seperti kita menggunakan shampo. Lakukan sesering mungkin minimal 3 kali dalam sehari.

8. Olahraga secara rutin


Olahraga secara rutin membuat tubuh lebih sehat, sirkulasi darah menjadi lebih lancar dan pasokan oksigen dan nutrisi yang dibawa darah akan tersalurkan secara lancar ke seluruh bagian tubuh, termasuk ke bagian kulit kepala dan rambut.

Dengan tercukupinya nutrisi pada rambut dan kulit kepala, abut akan tumbuh sehat dan uban pun tidak akan muncul.

9. Minyak kelapa dan jeruk nipis


Ramuan minyak kelapa dan jeruk nipis dapat juga menghilangkan uban pada orang muda. Cara menggunakan ramuan minyak kelapa dan jeruk nipis yaitu dengan mencampurkan minyak kelapa dan jeruk nipis pada telapak tangan, kemudian langsung terapkan ke seluruh bagian rambut secara merata.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, diamkan selama 30 menit, agar ramuan dapat meresap ke kulit kepala, setelah itu baru dibilas/dibersihkan.

10. Banyak konsumsi makanan omega-3


Makanan yang mengandung omega-3 diyakini berkhasiat mengontrol kondisi otak ketika menghadapi stres. Selain itu khasiat lainnya yaitu merangsang pertumbuhan rambut lebih sehat dan kuat.

Sumber Omega-3 banyak dijumpai pada ikan laut dan makanan laut, seperti ikan maka rel, kembung, ikan salmon, ikan tuna, ikan teri, ikan sarden, dan belut. Selain itu kacang kedelai, edamame, tahu dan produk hasil fermentasi seperti tempe juga mengandung omega-3.

11. Menggunakan minyak wijen dan labu


Seperti halnya minya kelapa, minyak wijen juga berkhasiat untuk mengatasi uban sekalipun uban sudah tumbuh banyak. Minyak wijen kaya antioksidan dan vitamin E sehingga dipercaya efektif dalam mengatasi tumbuhnya uban pada usia muda.   

Cara menggunakannya sederhana, oleskan minyak wijen dan labu pada kulit kepala dan rambut, lakukan secara rutin satu kali dalam seminggu.

12. Menggunakan daun teh dan garam


Rebusan daun teh yang dicampur dengan garam diyakini bermanfaat untuk mengatasi uban dan juga menghitamkan bagian rambut lainnya.

Cara membuat ramuan ini cukup mudah, rebus beberapa daun teh dan masukan garam pada rebusannya. Kemudian air rebusan tersebut digunakan untuk membilas rambut. Lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.               

13. Masker biji pepaya


Biji pepaya ternyata memiliki khasiat menghilangkan uban pada orang muda. Biji pepaya memiliki kandungan alkaloid, tanin dan streid yang banyak.

Membuat masker biji pepaya cukup mudah, langkah awal yaitu mengeringkan biji pepaya, kemudian dimasak dengan cara disangrai menggunakan air kecil saja. Kemudian ditumbuk secara halus, dapat juga dicampurkan dengan ampas teh serta minyak kelapa.

Kemudian oleskan ramuan tadi ke seluruh kulit kepala secara merata.

Demikian 13 cara alami mengatasi uban pada orang muda secara tuntas agar tidak bertambah banyak. Semoga bermanfaat.     

Post a Comment for "13 Cara Alami Atasi Uban pada Anak muda agar tidak tambah banyak "