Tema Slogan Logo HUT Pramuka Ke 60 Tahun 2021

Masdinko.com-Tema dan slogan Logo HUT Pramuka ke-60 Tahun 2021 biasanya dirilis setiap tahun sebelum tanggal 14 Agustus, yang merupakan hari lahirnya Pramuka (Praja Muda Karana). Dirgahayu Pramuka Tahun 2021 merupakan ulang tahun Pramuka ke-60. Tema Slogan dan logo resmi HUT Pramuka tahun 2021 dirilis oleh Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka dan disosialisasikan kepada publik.

Tema slogan dan logo HUT Pramuka 2021 berbeda setiap tahunnya. Tema HUT Pramuka 2021 akan berbeda dengan tahun sebelumnya, begitupun dengan logo HUT Pramuka 2021 akan berbeda dengan logo tahun sebelumnya. Tema yang diusung biasanya menyesuaikan dengan kondisi terkini bangsa Indonesia khususnya yang berkaitan dengan Gerakan Pramuka.

Tema HUT Pramuka terdiri dari rangkaian kata atau beberapa kata yang menggambarkan visi dari HUT Pramuka tahun 2021. Dilengkapi dengan logo terbaru HUT Pramuka 2021 yang biasanya didominasi dengan warna merah dan putih. Selain warna terdapat juga desain Angka 60 yang menggambarkan usia gerakan Pramuka. Tema dan logo ini akan dirilis bersamaan, sehingga para penyelenggara HUT Pramuka dapat menggunakan pada saatnya nanti.

foto : okezone


Pada awal Maret 2021 telah dirilis logo terbaru HUT Pramuka ke-60 tahun 2021 dari Kwarnas Gerakan Pramuka, dan sebaiknya kita juga mengetahui mengenal sejarah terbentuknya Gerakan Pramuka di Indonesia. Berikut merupakan sejarah ringkas terbentuknya gerakan Pramuka di Indonesia.

Momentum bersejarah Gerakan Pramuka yaitu sebagai berikut :

  • Pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 Tahun 1961 tanggal 20 Mei 1961 tentang Gerakan Pramuka, menetapkan bahwa Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya organisasi kepanduan yang ditugaskan menyelenggarakan pendidikan kepanduan bagi anak-anak dan pemuda Indonesia. Momen ini dikenal dengan Hari Permulaan Tahun Kerja.

  • Pelantikan Mapinas, Kwarnas dan Kwarnari di Istana Negara, serta Penganugerahan Panji-panji Gerakan Pramuka tanggal 14 Agustus 1961.

Pada tanggal 14 Agustus 1961, setelah pelantikan Kwarnas dan Kwarnari, dilangsungkan defile Pramuka yang bertujuan untuk memperkenalkan secara resmi Gerakan Pramuka Indonesia kepada masyarakat, sehingga hari ulang tahun Pramuka diperingati setiap tanggal 14 Agustus.

Kehadiran pramuka di tengah masyarakat Indonesia memiliki dampak positif. Banyak kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan Pramuka yang berupa Bakti Sosial dan kerja nyata membantu masyarakat.

Kegiatan Pramuka mengakar kuat, karena sejak Sekolah Dasar, anak-anak Indonesia sudah mengenal kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan Gerakan Pramuka. Selain itu mereka juga memperoleh ilmu dan keterampilan baru dalam gerakan kepanduan ini yang bermanfaat diaplikasikan di kehidupan masyarakat.

Tingkatan pramuka terdiri dari beberapa tingkatan diantaranya Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak, dan Pramuka Pandega. Selain itu dikenal juga komponen Pembina Pramuka, Andalan Pramuka, Korps Pelatih Pramuka, Pamong Saka Pramuka, Staf Kwartir dan Majelis Pembimbing.

Dengan komponen di atas tersebut, gerakan Pramuka bertekad menjadi energi positif bagi generasi muda Indonesia untuk terus membangun Indonesia dan memperkuat NKRI secara utuh melalui berbagai kegiatan positif dan bakti sosialnya.

Pada tahun 2021, Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka merilis tema HUT Pramuka 2021 terbaru dan logo HUT Pramuka Tahun 2021 terbaru. Tema dan logo HUT Pramuka 2021 terbaru merupakan wujud semangat yang ingin dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka.

Logo HUT Pramuka ke 60 Tahun 2021

Tema Slogan Logo HUT Pramuka Ke 60 Tahun 2021
Varian 1

Tema Slogan Logo HUT Pramuka Ke 60 Tahun 2021
Varian 2

Tema Slogan Logo HUT Pramuka Ke 60 Tahun 2021
Varian 3


Melalui SK Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 27 Tahun 2021 tentang Logo 60 Tahun Gerakan Pramuka dijelaskan pula rincian makna dari logo HUT Pramuka ke 60 tahun 2021.

Makna Logo 60 Tahun Gerakan Pramuka

  • Warna Menah berarti berani dan kesatria, sedangkan putih berarti rela dan tulus dalam berbakti.

  • Angka 60 melambangkan tahun keenampuluh hadirnya Gerakan Pramuka, dengan angka “6” yang tangkainya bekombinasi daun nyiur yang meenunjukkan kecintaan Pramuka pada tanah air.

  • Lambang WOSM di tengah angka “0” menunjukkan Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya organisasi kepanduan di lndonesia dan satu-satunya yang diakui oleh organisasi kepanduan dunia.

Slogan Logo HUT Pramuka ke 60 Tahun 2021

Tertera pula slogan “Berbakti Tanpa Henti,” yang tentunya bermakna bahwa seluruh anggota Gerakan Pramuka selalu siap sedia untuk berbakti sampai kapanpun.


Tema HUT Pramuka Tahun 2021 atau tema HUT Pramuka ke-60 terbaru yaitu :   
 

Berbakti Tanpa Henti menjadi tema atau slogan yang dipilih untuk peringatan HUT ke 60 Gerakan Pramuka. Tema ini memiliki makna niat yang kuat dari seluruh anggota Gerakan Pramuka untuk selalu siap dan sedia berbakti kepada negeri tercinta Indonesia kapanpun dan dimanapun berada.  

Ucapan selamat ulang tahun HUT Pramuka ke-60 terbaru tahun 2021 selalu mengiringi saat memperingati HUT Pramuka tahun 2021 terbaru. Hal ini merupakan bukti nyata bahwa masyarakat dan komponen yang berada di Gerakan Pramuka, peduli dan menilai positif atas kehadiran Gerakan Pramuka.

Semoga dengan peringatan Hari Ulang Tahun Pramuka ke-60 atau HUT Pramuka tahun 2021 menjadi momen positif bagi Pramuka untuk meningkatkan peran dan kiprahnya baik di sekolah maupun di kehidupan masyarakat. Berikut lirik Hymne Pramuka agar para Pramuka lebih bersemangat dan puisi pramuka Indonesia.

Demikian artikel tema slogan logo HUT Pramuka ke-60 Tahun 2021, Dirgahayu Gerakan Pramuka, semoga selalu berjaya. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing. 

Post a Comment for "Tema Slogan Logo HUT Pramuka Ke 60 Tahun 2021"